10 Tips dan Cara Agar Wajah Bebas dari Jerawat

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Tips dan Cara Agar Wajah Bebas dari Jerawat, Tentu setiap orang ingin memiliki wajah yang bersih dan bebas dari berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, komedo dan masalah pada kulit wajah lainnya. Apabila tidak dilakukan langkah pencegahan bisa saja jerawat timbul dari faktor aktivitas, stress dan konsumsi makanan yang dilakukan sehari-hari sehingga memicu munculnya jerawat yang dapat merusak penampilan wajah Anda. Tak hanya merusak penampilan wajah, jerawat juga menghilangkan rasa percaya diri seseorang. Sehingga merawat kulit wajah agar terhindari dari jerawat adalah cara yang harus Anda lakukan.

10 Tips dan Cara Agar Wajah Bebas dari Jerawat

Tips dan Cara Agar Muka Bebas Jerawat

Gambar Ilustrasi

Kulit wajah perlu perawatan yang baik dan hati-hati agar tidak timbul jerawat. Salahsatu cara untuk menghindari dari resiko munculnya jerawat yaitu dengan cara menghindari makanan-makanan berminyak. Selain itu masih banyak tips dan cara lainnya yang bisa Anda lakukan agar kulit wajah Anda bisa terhindari dari jerawat. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal maka pencegahan ataupun pengobatan jerawat yaitu dengan melakukan perawatan dari luar dan dalam, seperti yang akan diuraikan dalam poin-poin dibawah ini!

1.) Gaya Hidup Sehat
Agar terbebas dari jerawat tentu saja gaya hidup sehat harus diterapkan. Rutin mencuci wajah merupakan hal yang sangat direkomendasikan agar kotoran, debu, dan minyak dapat dibersihkan sehingga kotoran dapat diminimalisir dan tidak menimbulkan munculnya jerawat pada kulit wajah Anda.

2.) Jangan Membiarkan Rambut Menempel Pada Kulit Wajah
Sebisa mungkin agar membuat rambut Anda tidak menempel pada wajah, karena rambut biasanya mengandung minyak. Minyak yang ada pada rambut bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah Anda.

3.) Hindari Sering Menyentuh Wajah
Sebaiknya hindari sering menyentuh bagian wajah dengan tangan, karena bisa mengakibatkan kondisi kulit menjadi kurang baik. Selain daripada itu, Anda juga mungkin sering lupa apakah sudah mencuci tangan atau belum. Apabila tangan dalam kondisi tidak bersih, tangan bisa menyalurkan bakteri dan berbagai kuman pada bagian kulit wajah Anda.

4.) Kompres Es
Anda bisa menggunakan es sebagai media untuk menyegarkan kulit wajah dan dalam mengatasi masalah jerawat. Caranya dengan menggosokan es batu pada bagian kulit wajah Anda sehingga berbagai kotoran dan minyak yang menempel dan terjebak dalam pori-pori kulit dapat hilang.

5.) Air lemon
Penggunaan air lemon juga bermanfaat dalam membersihkan wajah. Manfaat dari air lemon ini diantaranya dapat mennghilangkan minyak pada bagian wajah, selain itu bakteri pada wajah, peradangan yang terjadi pada wajah dan bekas-bekas luka akibat jerawat dapat hilang.

6.) Diet Seimbang
Melakukan diet seimbang merupakan salahsatu cara agar wajah terbebas dari jerawat. Caranya dengan mengkonsumsi berbagai makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran dan berbagai makanan bergizi lainnya. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, kulit dapat terhindari dari bebragai penyakit termasuk jerawat.

7.) Madu
Madu memiliki banyak khasiat, salahsatunya dapat menghilangkan jerawat. Selain itu madu dapat menjaga kulit Anda agar tetap halus dan bercahaya. Anda bisa menjaga kulit wajah dengan cara mengoleskan madu pada kulit wajah anda dan diamkan untuk beberapa saat lalu Anda bisa membilasnya dengan air dingin. (Baca juga: Manfaat Madu)

8.) Mentimun
Mentimun bisa digunakan untuk mencegah munculnya jerawat dan juga komedo. Selain itu mentimun bisa membantu kulit sehingga terjadi revitalisasi. Anda bisa menggunakan mentimun yang dihaluskan kemudia gunakan pada seluruh bagian wajah Anda.

9.) Olesan Masker Kunyit
Salahsatu perawatan kulit menggunakan bahan tradisional adalah dengan menggunakan kunyit. Anda bisa membuat pasta yang terbuat dari kunyit yang kemudian bisa Anda gunakan untuk kulit wajah Anda untuk beberapa saat. Jangan lupa untuk membilas masker kunyit yang telah digunakan tadi dengan air. (Baca juga: Manfaat Kunyit)

10.) Lidah Buaya
Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai masker yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Seringkali lidah buaya ditemukan dalam komposisi berbagai macam produk perawatan kulit. Penggunaan masker lidah buaya mampu mengobati jerawat, ini dikarenakan lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu dalam mengembalikan kesehatan sel-sel yang meradang. (baca juga: Manfaat Lidah Buaya)

Diatas merupakan uraian tentang Tips dan Cara Agar Wajah Bebas dari Jerawat. Berbagai permasalahan kulit bisa disembuhkan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti yang telah dijelaskan dalam poin-poin diatas. Namun, cara penggunaanya harus diperhatikan agar bisa maksimal dalam menyehatkan kulit dan tubuh Anda sehingga Anda terbebas dari jerawat bahkan permasalah kulit lainnya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Dengan menggunakan cara agar bebas dari jerawat seperti yang telah diuraikan diatas diharapkan kulit wajah tetap terjaga kesehatan dan kecerahnnya selain itu terhindari dari masalah jerawat. Sering-seringlah membersihkan muka dan hindari pemakaian make up yang tebal. Memberishkan muka dengan rutin sangat penting untuk menjaga kulit wajah anda agar terhindar dari berbagai macam bakteri dan kuman penyebab timbulnya jerawat. Selain itu memenuhi kebutuhan vitamin harian dan olahraga menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan kulit dan tubuh, sehingga seluruh organ tubuh bisa bekerja dengan baik.

Terimakasih telah membaca artikel yang berjudul Tips dan Cara Agar Wajah Bebas dari Jerawat, Anda bisa membaca berbagai macam artikel kesehatan lainnya si situs harianSehat.Com. Jaga selalu kesehatan Anda, dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :