Sebagian Besar Antioksidan Buah Hilang Bila Masuk Kulkas

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Sebagian Besar Antioksidan Buah Hilang Bila Masuk Kulkas, Seperti yang telah diketahui banyak sekali manfaat dari buah-buahan karena kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Namun jangan salah, ketika Anda menyimpan buah-buahan. Jika salah menempatkan buah-buahan yang akan Anda konsumsi maka sebaian besar nutrisi yang ada dalam buah-buahan tersebut dapat hilang. Sehingga buah-buahan akan kurang maksimal ketika dikonsumsi karena mengalami penurunn kadar nutrisi.

Sebagian Besar Antioksidan Buah Hilang Bila Masuk Kulkas

Gambar Ilustrasi

Sebagian Besar Antioksidan Buah Hilang Bila Masuk Kulkas

Bahkan seperti yang dilansir dari daily health post penelitian menunjukan bahwa buah-buahan yang didinginkan dan dimasukan pada lemari es bisa menjadikan kadar antioksidan dalam buah-buahan tersebut menurun. Penurunan kadar antioksidan dalam buah tersebut bisa mencapai 80%.

Namun, berbeda halnya apabila menyimpan buah-buahan dengan cara di freeze-drying atau dengan cara pengeringan beku. Dengan menggunakan cara ini, buah-buahan tidak akan banyak kehilangan nutrisi yang ada pada buah-buahan tersebut. Apabila menggunakan cara pengeringan beku maka kadar antikosidan dan juga vitamin dalam buah-buahan tersebut dapat terjaga sampai 92%.

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa buah-buahan yang disimpan dalam kulkas atau lemari es akan kehilangan antioksidannya? Menurut peneliti hal ini bisa terjadi pada saat buah-buahan mengalami perubahan suhu dari suhu awalnya, maka kemungkinan antioksidan dalam buah-buahan tersebut akan terpengaruh. Bahkan peneliti di Sheffield Hallan University telah mencoba untuk mengukur antioksidan dan juga kandungan vitamin C pada jenis stroberi segar dan dibandingkan dengan stoberi yang sudah mengalami pendinginan.

Selain itu, penelitian lain yang hampir sama juga dilakukan oleh peneliti dari Ohio State University yang melakukan pengamatan pada raspberry hitam, mereka meneliti tingkat kandungan vitamin dan antioksidan didalamnya dengan membandingakn raspberry hitam yang didinginkan dengan yang menggunakan cara freeze-drying. Dan dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa 82% TPC berkurang pada buah yang didinginkan pada lemari es dan vitamin C mengalami pengurangan hingga 19%, dan kadar TAC berkurang hingga 23%. TCP ini menunjukan kadar dari polypenol, yang merupakan salahsatu antioksidan dan dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat ditemukan dengan mudah pada jenis buah-buahan dan sayuran.

Maka dari itu, Anda sebaiknya lebih berhati-hati menggunakan kulkas untuk menyimpan buah-buahan, jika memungkinkan buah-buahan segar lebih baik untuk dikonsumsi secara langsung karena kandungan nutrisi yang didapatkan dari buah segar tentu lebih maksimal jika dibandingkan dengan buah-buahan yang telah disimpan di kulkas atau lemari es Anda.

Baca juga : Tips dan Cara Tepat Menyimpan Makanan di Kulkas

Semoga informasi Harian Sehat yang berjudul tentang “Sebagian Besar Antioksidan Buah Hilang Bila Masuk Kulkas” bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat setiap harinya agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar sehingga bisa menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari dengan baik. Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :