Ketahui Penyebab Badan Kurus dan Susah Gemuk

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Penyebab Badan Kurus dan Susah Gemuk, Meskipun setiap orang memiliki porsi makan yang sama belum tentu akan memiliki bentuk tubuh yang sama pada sertiap orang. Ada diantaranya orang yang sudah makan dengan porsi banyak namun tetap kurus. Dan sebaliknya, ada juga orang yang makan dengan porsi yang normal namun badannya memiliki kecenderungan cepat gemuk. Sebenarnya apa faktor yang bisa menjadi pemicunya?

Penyebab Badan Kurus dan Susah Gemuk

Menurut pakar diet Phaidon L Toruan menyebutkan bahwa faktor keturunan atau genetika memiliki peran yang sangat menentukan bentuk tubuh seseorang selain daripada kebiasaan makan. Sifat genetik tersebut mempegaruhi bentuk tubuh dari seseorang. Diantara sifat genetik tersebut dibedakan menjadi tiga, diantaranya ectomorf, endomorf, dan mesomorf.

Penyebab Badan Kurus dan Susah Gemuk

Gambar Ilustrasi

1. Ectomorf.
Apa itu Ectomorf? Ectomorf yaitu seseorang yang lahir dengan memiliki faktor genetika kurus. Dari mulai kecil hingga dewasa tubuhnya tetap kurus. Hingga pada usia dewasa badan masih tetap kurus meskipun sudah mengkonsumsi makanan dengan porsi yang cukup banyak.

Bisa saja seseorang yang selalu makan banyak tetapi tidak juga gemuk masuk kedalam sifat ecomorf ini. Seseorang yang mempunyai sifat ecomorf ini membutuhkan lebih banyak kalori dengan dibarengi konsumsi makanan bergizi seimbang, dan mengkonsumsi cukup asupan protein tinggi agar otot tubuh dapat terbentuk.

2. Endomorf.
Apa itu endmorf? endomorf adalah orang yang dilahirkan dengan memiliki faktor genetika gemuk. Seseorang yang memiliki sifat endomorf sejak kecil sudah memiliki bentuk badan yang cukup besar meskipun asupan makannya hampir sama dengan teman-teman sebayanga. Dan semakin umurnya bertambak orang tersebut mudah untuk bertambah gemuk.

3. Mesomorf.
Apa itu mesomorf? Mesomorf yaitu seseorang yang lahir kemudian mempunyai faktor genetika dengan ciri bertubuh kekar. Sedari kecil orang tersebut sudah tampak memiliki otot. Dan ketika umurnya dewasa, meskipun jarang latihan pembentukan otot, tubuhnya seperti atlet.

Grace Judio Kahl yang merupakan akhli fisiologi menuturkan bahwa ada beberapa faktor yang dapat memperngaruhi berat badan seseorag tetap rendah meskipun sudah makan banyak. Hal pertama yaitu faktor psikologis, dimana orang yang dalam keadaan stres yang cukup tinggi atau kelelahan akan membuat orang tersebut agak susah mengkonsumsi makanan-makanan bergizi.

Selain itu gaya hidup sehat atau faktor kesehatan seseorang, misalnya faktor penyakit kronis atau infeksi juga berpengaruh pada tubuh seseorang. Pada keadaan tersebut setiap kalori yang masuk pada tubuh biasanya tidak menjadi otot tetapi disalurkan pada sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit yang ada pada tubuh.

Baca juga : Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Gangguan lainnya juga bisa menjadikan metabolisme berjalan terlalu cepat misalnya ada gangguan fisiologis, kemampuan usus dalam menyerap sari-sari makanan rendah dan juga produksi enzim pencernaan dalam tubuh menjadi salahsatu faktor juga yang membuat tubuh seseorang tetap kurus meskipun sudah banyak makan.

Untuk itu, bagi yang mengalami badan kurus dan susah gemuk meskipun sudah makan banyak perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu dengan berkonsultasi diri kedokter ahli. Makan banyak saja tentu tidak baik jika makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang rendah gizi. Usahakan untuk mencukup gizi harian dari makanan-makanan yang sehat. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca semua, Jaga kesehatan Anda dan salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :