Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Pantangan Makanan Penderita Asam Urat, Asam urat atau gout adalah sebuah produk limbah yang ada di dalam tubuh. Apabila asam urat ini mengalami penumpukan, maka beberapa bagian tubuh, seperti sendi akan mengalami pembengkakan, bahkan dapat berakibat nyeri kronis. Asam urat sendiri adalah salah satu dari banyak jenis arthritis dan muncul akibat belebihannya bahan kimia bernama purin, yang biasa berada pada beberapa jenis makanan.

Bagian tubuh yang memiliki kemungkinan besar merasakan rasa nyeri yang disebabkan asam urat diantaranya, bagian jari-jari kaki, bagian lutut, bagian pergelangan kaki dan pergelangan tangan, jari dan juga siku.

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Asam urat tidak hanya menjangkit orang tua saja, usia yang masih muda memiliki resiko terkena asam urat juga, jika tidak mempertahankan gaya hidup sehat. Asam urat usia muda akan semakin beresiko apabila orangtua memiliki riwayat penyakit tersebut maka dari itu langkah pencegahan haruslah dilakukan sedini mungkin agar dapat terhindar dari asam urat.

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Gambar Ilustrasi

Jika Anda adalah salah satu pasien yang terserang penyakit ini, ada banyak pantangan makanan penderita asam urat yang harus diketahui dan beberapa diantaranya bisa Anda ketahui pada pembahasan berikut ini.

1.) Kerang
Makanan hewani dari laut ini diteliti memiliki kandungan purin yang sangat banyak, dimana nantinya akan terurai oleh tubuh Anda menjadi asam urat. Sebenarnya Anda masih bisa mengkonsumsi makanan ini, terlebih jika asam urat Anda rendah. Namun begitu, perhatikan katarannya. Jangan konsumsi lebih dari 6 ons setiap hari.

2.) Ikan laut
Selain kerang, Anda juga sudah semestinanya menjaga tubuh dari ikan haring, lobster, udang, teri, sarden, tuna dan ikan asin. Namun begitu, dalam beberapa penelitian lainnya, ikan udang, lobster, kepiting dan belut masih relatif aman untuk penderita asam urat. Hal tersebut juga disebutkan oleh salah seorang profesor klinis kedokteran di UT Southwestern, yaitu Scott Zashin, MD. Tapi jangan lupa untuk mengurangi kadarnya, sekitar kurang dari 4 hingga 6 ons saja setiap hari.

3.) Daging merah
Kita tidak dapat dengan mudah memilah daging mana yang lebih tinggi tingkat purinnya. Namun begitu, dalam banyak penelitian disebutkan bahwa daging putih umumnya lebih aman dan baik dibandingkan daging merah. Namun mengkonsumsi daging merah tentunya tidak masalah jika tidak terlalu sering. Selain itu, untuk mengatasi masalah daging ini, sebaiknya Anda melakukan variasi saat mengkonsumsinya, misalnya hari ini mengkonsumsi daging domba, minggu selanjutnya memilih daging sapi atau kalkun.

4.) Angsa dan turki
Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa hewan turki dan angsa memiliki kadar purin yang lebih tinggi dibandingkan jenis makanan lainnya. Oleh sebab itu, jika Anda adalah penderita asam urat, dua jenis hewan ini menjadi pantangan yang benar-benar harus Anda perhatikan kadar konsumsinya. Sebagai gantinya, Anda dapat mengkonsumsi daging bebek dan ayam.

6.) Minuman manis
Pantangan makanan penderita asam urat lainnya adalah berbagai macam minuman manis. Biasanya, minuman seperti sirup, soda dan minuman olahan lainnya mengandung kadar fruktosa yang tinggi. Kadar pemanis inilah yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam urat lebih besar lagi. Hal tersebut juga dibuktikan oleh sebuah studi, dimana pria yang mengkonsumsi banyak zat fruktosa memiliki risiko terkena asam urat lebih tinggi.

7.) Asparagus, jamur dan bayam
Ada berbagai macam sayuran yang memiliki kadar purin yang tinggi. Diantara yang sudah diteliti adalah kembang kol, bayam, asparagus dan jamur. Namun begitu, jika Anda memang menyukai makanan-makanan tersebut, tidak ada salahnya untuk tidak meghindar, karena nutrisi baiknya lebih besar dibandingkan dampak buruknya.

8.) Hati
Berbagai jenis jeroan pada hewan, seperti ginjal dan hati memiliki kadar purin yang tinggi. Selain itu, sweetbreads, pate, babat dan lidah juga diteliti memiliki kadar purin yang harus dihindari para penderita asam urat.

9.) Kacang-kacangan
Berbagai macam jenis kacang, seperti buncis, polong dan kacang-kacang lainnya adalah sumber yang baik bagi tubuh untuk mendapatkan purin, namun secara bersamaan menjadi sumber makanan yang kurang baik untuk penderita asam urat.

10.) Oats
Oats, oatmeal atau gandum diteliti memiliki kandungan purin yang dapat mempengaruhi para penderita asam urat. Namun begitu, kadarnya masih diperdebatkan oleh para ahli. Tetapi, para dokter kebanyakan tetap menyarankan untuk mengurangi kadar asupan oatmeal dan makanan dari olahan gandum lainnya ketika menderita asam urat.

Diatas merupakan Pantangan Makanan Penderita Asam Urat, jika Anda menderita asam urat sebaiknya hindari makanan-makanan yang telah disebutkan diatas karena akan berdampak kurang baik pada tubuh Anda.

Salahsatu cara agar asam urat dapat terkendali adalah dengan mengkonsumsi air putih secara cukup setiap harinya, selain itu konsumsi makanan yang bergizi juga sangat penting. Air putih bisa mengendalikan asam urat, hal ini dikarenakan ketika mengkonsumsi air putih, asam urat pada tubuh akan disiram dari ginjal yang kemudian dikeluarkan melalui urine. Maka dari itu, minumlah air putih dengan teratur dan cukup agar asam urat dapat terkendali.

Baca juga : Gejala penyakit Asam Urat

Selain itu Asupan vitamin juga penting, khususnya vitamin C karena vitamin C dapat mengeluarkan asam urat yang berlebihan pada tubuh melalui urine. Kira-kira vitamin C yang harus dikonsumsi setiap harinya sekitar 500mg. Dan jangan lupa untuk menghindari makanan pantangan penderita asam urat. Jaga selelu kesehatan Anda dan Salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :