Manfaat Tidur Malam Cukup Bagi Kesehatan Tubuh

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Tidur Malam Cukup Bagi Kesehatan Tubuh, Seperti yang telah diketahui bahwa tidur merupakan salahsatu faaktor pendukung kesehatan tubuh karena tubuh membutuhkan istirahat setelah melakukan berbagai aktivitas. Manfaat dari tidur berimbas pada kehidupan sehari-hari. Ketika semakin jelas bahwa tidur berkualitas sangat bermanfaat, masih banyak orang yang tidak menyadari berapa lama tidur yang dibutuhkan tubuh dan mengapa tidur merupakan hal yang sangat penting.

Tidur dengan cukup membuat kesehatan terjaga dengan baik mengembalikan mood dan menghindarkan diri dari kantung mata hitam atau mata panda dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Tidur dengan cukup merupakan suatu hal yang penting dalam menerapkan gaya hidup sehat dan bisa bermanfaat untuk jantung Anda, berat badan, pikiran dan masih banyak lagi manfaat tidur malam dengan cukup.

Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan

Manfaat Tidur Malam Cukup Bagi Kesehatan Tubuh

Gambar ilustrasi

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat tidur pada malam hari dengan cukup. Seperti yang dilansir dari berbagai sumber. Simak uraian lengkapnya!

1.) Memperbaiki Ingatan
Apabila Anda tidur hanya sebentar maka pikiran akan terlalu sibuk untuk memikirkan banyak hal yang telah dan akan Anda serap. Seperti yang diketahui bahwa selama tubuh tidur otak akan memperkuat ingatan tentang sesuatu yang akan Anda pelajari.

Jika Anda ingin mencoba untuk mempelajari sesuatu, baik itu sesuatu yang berhubungan dengan fisik atau mental maka tentu saja mempelajarinya dengan cara mempraktekannya. Akan tetapi jika tubuh tidur dengan baik maka Anda akan mempelajari sesuatu tersebut menjadi lebih mudah. Dengan kata lain ketika ingin mempelajari sesuatu yang baru misalnya mempelajari teknik bermain tenis baru, tubuh akan memiliki performa yang lebih baik setelah tidur dengan cukup.

2.) Panjang Umur
Terlalu lama tidur atau terlalu sebentar ketika tidur berhubungan dengan umur yang lebih pendek. Meskipun belum diketahui pasti apakah merupakan penyebab atau efek dari durasi tidur tersebut karena penyakit juga mempengaruhi pola tidur. Penelitian yang telah dilakukan terhadap wanita pada usia 50 tahun sampai 79 tahun yang dilakukan pada tahun 2010 menunjukan bahwa kematian lebih banyak terjadi pada wanita yang tidur kurang dari 5 jam atau lebih sebentar setiap malamnya.

3.) Mempengaruhi Kualitas Hidup
Tidur merupakan gaya hidup yang harus dilakukan setiap harinya dengan cukup, selain itu pola tidur yang sehat juga harus diakukan setiap harinya. Mungkin diluar sana masih banyak yang menganggap enteng tentang waktu tidur, namun ternyata tidak dapat dipungkiri bahwa apabila seseorang bisa tidur dengan baik maka orang tersebut pasti merasakan hidup yang lebih baik.

4.) Mencegah Peradangan
Peradangan merupakan masalah kesehatan yang masih berkaitan dengan penyakit arthritis, diabetes, jantung, penuaan dini bahkan stroke. Penelitian menunjukan bahwa orang yang tidurnya kurang dari enam jam tiap malam maka tingkat protein inflamasi yang berada dalam darah lebih tinggi apabila dibandingkan dengan orang yang memiliki waktu tidur yang cukup. Studi yang dilakukan pada tahun 2010 juga menunjukan bahwa orang -orang yang memiliki kebiasaan tidur malam kurang dari enam jam atau lebih sedikit memiliki protein C-reaktif yang masih berhubungan dengan resiko terkena serangan jantung.

5.) Mendorong Kreatifitas
Mendapatkan waktu tidur yang cukup juga, tak hanya bisa memperkuat ingatan namun juga bisa memperbaiki ingatan sehingga menjadi lebih baik bahkan memberikan banyak kreatifitas. Menurut penelitian dari Harvard university dan Boston Collage menunjukan bahwa ketika seseorang tidur maka komponen emosional memori dapat diperkuat sehingga mendorong seseorang menjadi lebih kreatif.

6.) Lebih Bugar
Tak dapat dipungkiri bahwa orang yang memiliki kualitas tidur yang baik, akan memiliki tubuh yang tampak lebih bugar. Bahkan penelitian yang dilakukan oleh Stanford University menunjukan bawa pemain sepak bola yang bertempat disebuh perguruan tinggi bisa mingkatkan waktu lari sprint mereka setelah mencoba tidur setidaknya 10 jam setiap malam selama 7 sampai 8 minggu. Selain itu, tidak merasakan lelah ketika siang hari dan memiliki lebih banyak stamina untuk melakukan berbagai aktivitas.

7.) Meningkatkan Nilai Akademis
Kebanyakan anak-anak hingga remaja yang memiliki masalah gangguan pada tidur misalnya insomnia, mendengkur dan jenis gangguan tidur lainnya akan lebih cenderung memiliki masalah ketika mereka belajar. Bahka mahasiswa yang kurang tidur dengan waktu yang cukup memiliki nilai yang kurang baik jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup. Biasanya sebagian anak-anak atau remaja rela mengambil waktu tidur mereka untuk memenuhi target belajar namun yang pasti kurang tidur juga jelas akan mengganggu ketika proses belajar belangsung.

8.) Memiliki Berat Badan yang Sehat
Apabila Anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal atau sedang melakukan program diet jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas tidur Anda. Menurut penelitain yang dilakukan di University of Chicago orang yang melakukan diet dan memiliki kualitas tidur yang baik bisa lebih banyak mengalami kehilangan lemak 56% dari berat badannya sedangkan bagi orang yang kurang tidur justru mengalami kehilangan masa ototnya. Penelitian ini juga menyebutkan bahwa ketika tubuh kurang tidur maka tubuh akan merasa lebih mudah lapar.

9.) Terhidar Dari Stres
Tidur dan stres merupakan dua hal yang masih berhubungan, dan keduanya bisa mempengaruhi kesehatan jantung seseorang. Dengan tidur yang cukup bisa mengurangi tingkat stres, nah apabila demikiam maka seseorang akan lebih mudah dalam mengontrol tekanan darah sehingga menjadi lebih baik. Selain itu tidur juga dipercaya masih ada kaitannya dengan tingkat kolesterol dalam tubuh.

10.) Menghindari Kecelakaan
Penelitan pada tahun 2009 The National Highway Traffic Safety Administration mengungkapkan bahwa kurang tidur menjadi penyumbang terbesar kecelakaan yang dialami mobil tunggal yang diakibatkan oleh human error, bahkan menjadi penyebab lebih tinggi jika dibandingkan dengan pengaruh alk0h0l. Banyak orang yang menganggap sepela rasa kantuk padahal bisa berbahaya apalagi sedang mengendarai kendaraan pribadi, apabila kurang tidur maka akan berpengaruh pada reaksi dan pengambilan keputusan ketika berkendara. Meskipun kurang tidur hanya satu malam, kemampuan kemudi seseorang akan terpengaruh karena kurangnya konsentrasi.

11.) Menghilangkan Depresi
Tak hanya stres, kurang tidur juga dapat menyebabkan seseorang terkena depresi. Dengan tidur malam yang berkualitas maka tingkat kecemasan dapat berkurang dan emosi akan menjadi lebih stabil sehingga Anda tidak akan mudah marah dan bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Diatas merupakan artikel tentang Manfaat Tidur Malam Cukup, semoga bisa menambah informasi pengetahuan tentang pola tidur yang sehat dan lebih baik lagi.

Tidur merupakan pola hidup yang harus dilakukan setiap harinya dengan baik dan benar agar tubuh bisa ‘mencharge‘ kembali energi agar bisa beraktivitas kembali di esok hari. Tubuh harus cukup beristirahat setiap harinya, karena tidak bisa waktu tidur yang sebelumnya dikumpulkan menjadi satu dan dilakukan di hari minggu seharian. Kesehatan perlu keseimbangan dalam berbagai faktor maka dari itu pola hidup sehat menjadi hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan termasuk pola tidur yang sehat juga tentunya.

Baca juga : Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Sebisa mungkin agar tidur Anda bisa nyenyak, Anda harus menghindari asupan kafein di sore hingga malam hari karena bisa mengganggu tidur Anda, pastikan tempat tidur yang Anda gunakan nyaman dan bersih. Dan jangan lupa untuk mematikan lampu ketika tidur.

Semoga artikel berjudul ‘Manfaat Tidur Malam Cukup Bagi Kesehatan Tubuh‘ ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda tentang berbagai manfaat tidur yang berkualitas. Anda bisa membaca banyak artikel kesehatan lainnya di situs HarianSehat.Com. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :