Manfaat Flossing untuk Kesehatan Gigi Anda

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Melakukan Flossing untuk Kesehatan Gigi, Memiliki gigi yang putih, kuat dan sehat tentu menjadi keinginan setiap orang, namun untuk menjaga agar gigi tetap sehat tentu saja gigi harus dirawat dengan rutin. Salahsatu perawatan gigi yang penting adalah menggosok gigi, namun selain menggosok gigi perawatan gigi lainnya juga cukup diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi.

Diantaranya adalah berkumur dengan menggunakan mouthwash dan juga melakukan flossing sehingga berbagai masalah terkait mulut dan gigi bisa dicegah sebelum terjadi. Maka dari itu penting untuk Anda menggosok gigi, mencuci mulut dan juga melakukan flossing agar gigi dan mulut terjaga kebersihannya.

Manfaat Melakukan Flossing untuk Kesehatan Gigi

Apa itu Flossing? Mungkin ada yang belum begitu mengenal dengan istilah ini. Jadi Flossing adalah sebuah cara yang dilakukan untuk membersihkan bagian sela-sela gigi dengan menggunakan benang dental floss. Sebenarnya banyak orang yang mengetahui tentang membersihkan gigi dengan cara seperti ini namun sangat jarang orang yang melakukan perawatan ini. Banyak yang beranggapan bahwa melakukan flossing merupakan hal yang hanya buang-buang waktu saja.

Manfaat Flossing Gigi

Gambar Ilustrasi

Namun, sebagai salahsatu perawatan gigi agar tetap sehat maka sudah tentu flossing menjadi perawatan yang cukup penting. Dengan melakukan flossing salahsatunya dapat mencegah dari penumpukan bakteri dan juga plak yang tak terjangkau dengan sikat gigi. Apabila didiamkan begitu saja akan membuat bakteri dan juga plak yang bisa menimbulkan gigi berlubang.

Manfaat Flossing Gigi

Selain itu dibawah ini merupakan manfaat besar melakukan flossing bagi kesehatan gigi Anda. Simak uraian lengkapnya!

1.) Mencegah Bau Mulut
Pada saat setelah mengkonsumsi makanan biasa ada makanan yang tersisa pada daerah sekitar gigi, jika dibiarkan makanan akan mengalami pembusukan dan bisa menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Hal ini merupakan salahsatu alasan seseorang yang memiliki bau napas yang beraroma kurang sedap. Dengan melakukan flossing akan membantu dalam membersihkan pada daerah sela-sela gigi dari sisa makanan yang dapat menyebabkan aroma bau mulut.

Lainnya :

2.) Mencegah Gigi Berlubang
Salahsatu mengapa gigi bisa berlubang adalah makanan yang menempel pada daerah gigi atau diantara gigi. Apabila melakukan flossing maka makanan yang menempel tersebut dapat terbersihkan dan bisa membantu dalam mencegah sisa makanan yang menempel pada gigi sekaligus mencegah terjadinya gigi berlubang.

3.) Mencegah Plak Gigi atau Tartar
Dengan semakin menumpuknya sisa makanan yang menempel ketika tidak dibersihkan maka bisa menyebabkan munculnya plak. Namun, apabila plak tersebut tidak segera dihilangkan dari daerah gigi maka plak semakin lama akan menjadi semakin menumpuk bahkan menjadi keras atau menjadi tartar. Apabila tartar sudah terbentuk maka untuk menghilangkannya menjadi agak sulit karena sifatnya yang keras dikarenakan waktu penumpukan yang lama. Selain itu, adanya tartar ini bisa menggangu mulut karena sering menjadi penyebab gusi mengalami masalah misalnya gingivitis. Dan melakukan perawatan gigi dengan flossing adalah salahsatu cara yang bisa membersihkan dari sisa-sisa makanan yang bisa menimbulkan plak dan mencegah dari terbentuknya tartar yang biasanya terlewat ketika menggosok gigi.

4.) Mencegah Penyakit Lain
Meskipun masalah yang terjadi hanya pada bagian gigi, pada kenyataanya masalah kesehatan lainnya juga bisa terganggu secara keceluruhan. hal ini dikarenakan bakteri yang ada pada mulut apabila tidak terbiasa dibersihkan maka bakteri tersebut bisa menyebar pada bagian-bagian tubuh lain dan bisa menyebabkan timbulnya penyakit diabetes, penyakit jantung, penyakit pernapasan dan jenis penyakit-penyakit lainnya. Dan menurut CDC atau Centres for Disease Control and Prevention memberikan saran bahwa semua orang agar bisa tetap menjaga kesehatan gigi dan mulutnya untuk mencegah penyakit lain timbul pada organ tubuh lainnya.

Diatas merupakan informasi tentang Manfaat Flossing untuk Kesehatan Gigi, tentu saja flossing merupakan salahsatu hal yang dianjurkan apabila Anda memiliki keinginan untuk terus menjaga kesehatan gigi Anda.

Dengan memiliki gigi yang bersih maka gigi dan mulut Anda bisa lebih sehat dan terhindar dari masalah-masalah yang umumnya menyerang kesehatan gigi seperti sakit gigi karena berlubang dan bau mulut yang biasanya timbul akibat mulut dan gigi tidak terawat.

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi secara Alami

Jangan lupa untuk berkumur juga untuk memastikan mulut Anda bersih dari sisa-sisa makanan setelah melakukan flossing dan sikat gigi. Semoga artikel berjudul “Manfaat Flossing untuk Kesehatan Gigi” bisa menambah pengetahuan Anda tentang kesehatan gigi. Jaga Selalu kesehatan gigi dan tubuh Anda. Salam sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :