Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki untuk Kesehatan, Penggunaan alas kaki seperti sandal ataupun sepatu memang menjadi salahsatu hal yang penting untuk digunakan karena dapat melindungi kaki dari berbagai hal yang bisa membahayakan kaki Anda. Seperti benda yang dapat melukai kaki, kuman, bakteri, dan berbagai kotoran yang bisa saja menempel pada kaki ketika Anda berjalan.

Meskipun penggunaan alas kaki bermanfaat untuk melindungi kaki Anda dari berbagai hal yang membahayakan, namun Anda tentu tidak harus selalu mengenakan alas kaki ketika berjalan. Sekali-kali Anda bisa berjalan-jalan tanpa menggunakan alas kaki karena berjalan tanpa menggunakan alas kaki juga bisa memberikan efek kesehatan untuk tubuh Anda.

Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki untuk Kesehatan

Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki untuk Kesehatan

Gambar Ilustrasi

Telapak kaki merupakan organ tubuh yang memiliki banyak titik syaraf sehingga berjalan tanpa menggunakan alas kaki akan membuat syaraf seolah-olah mendapatkan pij atan secara langsung. Jika syaraf yang ada pada tubuh sehat, tentu saja tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Dengan berjalan tanpa menggunakan alas kaki dapat membantu tubuh dalam menyerap energi yang ada dalam bumi yang berbentuk elektron. Elektron bisa membuat tubuh menyerap energi positif dan juga dapat melepaskan energi negatif yang ada dalam tubuh.

Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki bagi Kesehatan

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika seseorang berjalan tanpa menggunakan alas kaki, simak uraian lengkapnya !

1.) Mengurangi Stress
Stress bisa saja dialami setiap hari oleh tubuh, dan akan berdampak pada kesehatan. Seperti yang telah diketahui bahwa stress bisa mengakibatkan hormon koristol meningkat dan dapat memicu munculnya penyakit jantung. Namun, dengan berjalan tanpa menggunakan alas kaki dapat membantu dalam mengurangi stress dialami tubuh Anda.

2.) Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Apabila tubuh terhindar dari stress maka akan berdampak pada meningkatnya sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang.

3.) Meningkatkan Kualitas Tidur
Dengan berkurangnya stress maka tubuh akan memiliki energi positif dan dapat memperbaiki kualitas tidur Anda hingga kualitas tidur menjadi lebih baik.

4.) Meningkatkan Kesehatan jantung
Apabila stress dapat dikurangi, maka hormon koristol tidak mengalami peningkatan sehingga tidak memicu munculnya penyakit jantung.

5.) Menurunkan Sakit dan Nyeri
Dengan melakukan jalan kaki tanpa menggunakan alas kaki maka syaraf akan menjadi rileks dan tubuh akan mendapatkan energi positif sehingga perasaan sakit dan nyeri dapat diminimalisir.

Lainnya :

6.) Memperbaiki Sirkulasi Darah
Mungkin belum banyak yang tahu bahwa berjalan tanpa alas kaki memiliki manfaat untuk kesehatan sirkulasi darah, seperti menghindari terjadinya penggumpalan darah dan dapat meningkatkan sel darah merah yang ada pada tubuh. Sehingga berjalan tanpa menggunakan alas kaki dapat mengaktifkan otot-otot pada bagian kaki yang bisa membantu dalam memompa darah kembali ke bagian jantung.

7.) Mencegah Deformitas
Manfaat lainnya yaitu dapat membantu dalam meluruskan jari-jari kaki, dan mencegah terjadinya perubahan bentuk pada kaki (deformitas), selain itu dapat mencegah masalah pada kaki datar dan dapat meningkatkan kekuatan fleksor kaki.

Diatas merupakan beberapa Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki untuk Kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Meskipun berjalan tanpa alas kaki memiliki banyak manfaat, namun Anda tidak harus terus-menerus berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Anda bisa sesekali saja berjalan tanpa alas kaki baik didalam rumah atau di taman atau kebun yang memiliki rerumputan. Anda bisa melakukannya setidaknya sekitar satu jam setiap hari nya.

Meskipun ada banyak manfaat kesehatan, namun tentu saja Anda harus tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas yang tergolong sederhana ini. Anda disarankan teliti dan hati-hati agar tetap aman sehingga tidak memicu terjadinya masalah seperti cedera. Anda bisa melakukan beberapa tips dibawah ini agar tetap aman ketika berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

  1. Usahakan untuk selalu memperhatikan jalan yang Anda pijak.
  2. Jauhi / Hindari jalan yang dapat memicu terjadinya kecelakaan, seperti misalnya jalan yang memiliki banyak ranting, jalan yang ada pecahan kaca, pa-ku dan jalan-jalan yang memiliki resiko bahaya bagi kaki Anda.
  3. Setelah selesai dan pulang kerumah, Anda langsung cuci kaki dengan menggunakan sabun dan bersihkan dengan air yang mengalir sehingga kaki Anda bersih dari berbagai macam kotoran yang menempel pada kaki Anda.

Perhatian !! Bagi penyandang diabetes sangat tidak dianjurkan untuk berjalan tanpa menggunakan alas kaki apalagi berjalan di aspal panas. Karena penyandang diabetes tidak akan terlalu merasakan panas dan bisa mengakibatkan telapak kaki melepuh secara tiba-tiba. Penyandang penyakit diabetes harus memperhatikan dengan benar alas kaki yang digunakannya agar terlindung dari berbagai benda berbahaya dan alas kaki harus bisa mencegah terjadinya luka akibat tekanan dari kakinya sendiri. Bagi penyandang diabetes luka pada bagian kaki akan sulit disembuhkan apalagi jika terlambat ditangani.

Baca Juga : Olahraga Sebaiknya dilakukan Waktu Pagi Hari, ini Alasannya

Dengan banyaknya manfaat berjalan tanpa alas kaki seperti yang telah diuraikan diatas, tentu Anda bisa mencobanya. Meskipun tergolong pada aktivitas yang sederhana, namun tubuh Anda bisa menjadi lebih sehat dan bugar meski hanya dengan menggunakan cara alami seperti diatas.

Semoga artikel diatas bermanfaat, tetap jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :