11 Makanan Sehat Pencegah Osteoporosis

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – 11 Makanan Sehat Pencegah Osteoporosis, Salahsatu penyakit yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang adalah osteoporosis. Penyakit ini seringkali dianggap sebagai penyakit biasa yang menyerang tulang. Kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan penyakit osteoporosis dikarenakan penyakit ini tidak menular dan biasanya menyerang lansia. Namun ternyata osteoporosis juga bisa menyerang orang yang masih muda karena gaya hidup yang berubah dan akibat dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Penyakit osteoporosis termasuk kedalam penyakit tidak menular namun berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu tidak hanya penyakit menular saja yang harus diobati, tetepi kesadaran untuk mengobati penyakit tidak menular juga harus ada salahsatunya adalah penyakit osteoporosis.

Makanan Sehat Pencegah Osteoporosis

Makanan Sehat Pencegah Osteoporosis

Gambar Ilustrasi

Meskipun pengobatan penting, namun bagi Anda yang masih berusia muda atau belum terkena osteoporosis, Anda harus melakukan pencegahan sedini mungkin agar ketika usia lanjut tulang yang Anda miliki tetap sehat dan kuat.

Salahsatu pencegahan yang dilakukan untuk mencegah osteoporosis yaitu dapat dilakukan dengan cara bergerak. Setiap orang harus mempunyai kesadaran untuk bergerak, baik melakukan aktivitas rumah, ataupun olahraga teratur. Maka dari itu, sangat penting untuk setiap orang bergerak setiap harinya.

Selain harus sering bergerak seperti melakukan olahraga, asupan minuman dan juga makanan sehat juga menjadi salahsatu faktor yang menjadi pencegah terjadinya osteoporosis di kemudian hari.

Makanan dan Minuman Pencegah Osteoporosis

Dibawah ini merupakan beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi dan dapat melawan osteoporosis, simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1.) Susu
Bagi Anda yang tidak ingin mengalami osteoporosis konsumsi susu menjadi hal yang wajib dilakukan sebagai pencegahan dini. Selain itu, produk susu lainnya juga bisa yang baik dikonsumsi diantaranya keju, susu krim dan yoghurt. Susu baik dikonsumsi sebagai makanan untuk memenuhi kebutuhan harian kalsium dan protein yang dapat memperkuat dan menyehatkan tulang Anda.

2.) Kacang
Makanan pencegah osteoporosis selanjutnya adalah kacang. Kandungan kacang yang tinggi dengan kalsium, magnesium, mangan dan fosfor mampu memberikan nutrisi bagi tubuh. Jenis kacang yang baik dikonsumsi diantaranya kacang almond, pistachio, kedua kacang ini memiliki kandungan kalsium yang baik bagi tubuh.

3.) Sayuran
Sayuran merupakan sebagai sumber makanan sehat bagi tubuh ternyata bisa bermanfaat untuk menguatkan tulang. Diantara sayuran tersebut, misalnya, brokoli, bit ataupun kembang kol. Anda bisa mengkonsumsi sayuran setiap harinya untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari sayuran ini.

4.) Kurma
Kurma merupakan salahsatu makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Kurma dipercaya merupakan sumber kalsium dan juga magnesium yang bisa berguna untuk menguatkan tulang Anda.

Lainnya :

5.) Buah-buahan
Mengkonsumsi buah-buahan tak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga bisa memperkuat tulang Anda. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan sehat, misalnya jeruk jambu, stroberi ataupun jenis buah-buahan lainnya.

6.) Sayuran Hijau Gelap
Salahsatu jenis makanan yang dapat mencegah osteoporosis adalah jenis sayuran hijau gelap. Namun, untuk bayam sebaiknya Anda mengkonsumsi langsung setelah bayam matang, karena bayam jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan senyawa oxalate yang mengakibatkan penyerapan kalsium tubuh terhambat bahkan jika didiamkan terlalu lama bayam bisa beracun bagi tubuh.

7.) Telur
Telur dikenal sebagai salahsatu sumber protein, namun tak hanya kandungan protein yang ada didalamnya, telur juga memiliki kandungan vitamin D alami yang berguna bagi tubuh Anda.

8.) Omega-3
Ada banyak makanan yang mengandung omega-3, diantara makanan sehat tersebut adalah biji labu, biji rami atau Anda juga dapat menemukannya pada minyak ikan. Selain manfaat omega-3 bisa untuk mencegah osteoporosis tetapi juga bisa digunakan untuk melawan penyakit rematik dan penyakit sendi pada seseorang.

9.) Suplemen
Jika jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi, sebagai alternatif Anda bisa mengkonsumsi suplemen kalsium untuk meningkatkan struktur tulang pada tubuh Anda.

10.) Ikan
Ikan menjadi sumber kalsium dan mineral yang berguna bagi kesehatan tulang. Anda bisa mengkonsumsi ikan seperti salmon, sarden, tuna dan jenis ikan lainnya terutama yang mengandung minyak ikan (oily fish).

11.) Makanan Sumber Kalsium Lain
Selain makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi dan telah disebutkan diatas, Anda bisa menemukan berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tulang Anda. Diantaranya, jus jeruk, minuman yang terbuat dari kedelai, tahu, tempe dan makanan yang sehat untuk tulang jenis lainnya.

Diatas merupakan beberapa poin-poin beserta uraian tentang Makanan Sehat Pencegah Osteoporosis, Anda bisa mulai mengkonsumsi makanan-makanan sehat tersebut untuk mendapatkan manfaatnya yang baik untuk tulang Anda.

Dengan membiasakan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang osteoporosis dapat dicegah lebih dini, tentu saja hal ini lebih baik daripada pengobatan yang mungkin akan lebih sulit untuk diobati. Maka dari itu pola hidup sehat sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda sehingga dengan memiliki tubuh yang sehat Anda bisa berakitifitas dengan baik dan merasa bugar setiap saat.

Selagi muda, Anda diwajibkan untuk mengkonsumsi kalsium yang cukup sebagai bekal di hari tua, karena setelah usia lanjut, tubuh akan lebih sulit menyerap nutrisi seperti kalsium, jika Anda mengkonsumsi kalsium dan nutrisi lainnya cukup selagi Anda muda maka dihari tua kekuatan tulang tetap terjaga.

Baca juga :  Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita

Terimakasih telah membaca artikel berjudul “11 Makanan Sehat Pencegah Osteoporosis”, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca HarianSehat.Com. Mengetahui berbagai informasi sekarang ini sangatlah penting termasuk informasi kesehatan, maka dari itu Anda bisa mengunjungi situs Harian Sehat untuk mendapatkan berbagai informasi kesehatan setiap harinya. Tak lupa jaga selalu kesehatan Anda, keluarga dan orang-orang terdekat Anda, dengan membiasakan diri menjaga pola hidup sehat setiap harinya. Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :