Kebutuhan Jam Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Kebutuhan Jam Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia, Setiap hari tubuh melakukan berbagai aktivitas. Tentu saja setelah melakukan berbagai aktivitas harian, tubuh memerlukan istirahat karena tidur merupakan salahsatu kebutuhan dasar setiap manusia sepeti halnya makan.

Kebutuhan tidur yang cukup tak hanya dipuerlukan untuk anak-anak namun semua umur. Bedanya pada anak kebutuhan ditidur diharapkan bisa mendorong pertumbuhan anak dan bisa menjaga konsentrasinya ketika sedang belajar di sekolah, sedangkan pada orang dewasa tidur yang cukup bisa bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh dan memperbaiki kembali sel-sel yang rusak setelah melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu tidur dengan cukup sesuai usia sangat diperlukan bagi setiap orang.

Jam Tidur Ideal Berdasarkan Umur

Kebutuhan Jam Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia

Gambar Ilustrasi

Kebutuhan tidur menunjukan pada kebutuhan dasar tubuh untuk beristirahat, dengan tidur yang cukup setiap malam maka kebutuhan tubuh untuk beristirahat akan terpenuhi dan dapat dipastikan bahwa orang tersebut bisa beristirahat dengan baik.

Kebutuhan Tidur Sesuai Usia

Durasi kisaran waktu tidur agak sedikit berbeda pada setiap kelompok usia karena hal ini disesuaikan dengan kondisi tubuh seseorang. Nah, dibawah ini merupakan rekomndasi terbaru waktu tidur untuk kelompok usia anak-anak dimulai dari bayi yang masih berusia 4 bulan hingga 17 tahun. Sedangkan untuk orang yang sudah dewasa dimuali dari usia 18 tahun hinggga 65 tahun. Berikut ini merupakan rekomndasi tidur sesuai kelompok usia :

1. Bayi baru lahir usia 0-3 bulan :  durasi tidur 14 – 17 jam per harinya.
2. Bayi usia 4 – 11 bulan : durasi tidur ditambah menjadi 12 – 15 jam setiap harinya.
3. Batita usia 1 – 2 tahun : durasi tidur 11 – 14 jam per hari.
4. Balita usia 3 – 5 tahun : durasi tidur 10 – 13 jam per hari.
5. Anak-anak usia 6 – 13 tahun : durasi tidur 9 – 11 jam
6. Remaja usia 14 – 17 tahun : durasi tidur 8 – 10 jam per hari.
7. Remaja menuju dewasa usia 18 – 25 tahun : durasi tidur 7 – 9 jam per hari.
8. Orang Dewasa usia 26 – 64 tahun : durasi tidur 7 – 9 jam.
9. Orang lanjut Usia, umur 65 tahun lebih : durasi tidur 7 – 8  jam per hari.

Lainnya :

Durasi tidur yang dilakukan setiap harinya sangat penting dan berpengaruh pada kesehatan karena ketika tubuh kurang tidur meskipun hanya satu malam, maka hormon dalam tubuh akan terganggu diantaranya hormon yang mengatur fungsi nafsu makan yang akan terganggu. Selain itu, efek negatif kurang tidur juga salahsatunya bisa membut seseorang menjadi lebih gemuk.

Penelitian yang dilakukan di European Heart Journal pada tahun 2011 juga menunjukan bahwa orang yang kurang tidurnya memiliki resiko sekitar 48% terserang penyakit jantung koroner dalam rentang waktu 7 sampai 25 tahun. Selain itu, 15% resiko  serangan troke dalam rentang waktu yang sama.

Meskipun begitu, tak hanya kurang tidur yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan namun penelitian tersebut juga menunjukan terlalu banyak tidur juga beresiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner dan 65% lebih tinggi terkena serangan stroke.

Oleh karena itulah panduan dasar waktu tidur denga durasi ideal ini dikeluarkan oleh National Sleep Foundation (NSF) Amerika, panduan ini dibuat dan dikaji oleh berbagai lintas bidang ilmu diantaranya dari ahli anatomi, neurologi, dokter anak, dokter kandunga, psikiatri hingga dokter ahli lansia.

Kisaran jam tidur ini digunakan untuk memperkirakan kebutuhan dasar tidur atau basal sleep needs masing-masing umur. Jika kebutuhan tidur malam Anda kurang dari kisaran tersebut maka Anda memiliki utang tidur. Namun, meskipun utang tidur bisa dibayar pada malam-malam berikutnya namun efek dari kurangnya tidur ini tidak dapat diperbaiki.

Bahkan menurut spesialis kesehatan tidur dari University of Arkansas for Medial Sciences, Raghu Reddy mengungkapkan bahwa utang tidur bisa dibayar namun utang untuk melakukam perbaikan yang disebabkan kurang tidur tidaklah sama. Utang tidur dalam durasi yang sedikit mungkin bisa diperbaiki namun jika telalu banyak maka tidak bisa dipulihkan dengan maksimal.

Baca juga : Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Maka dari itu, Anda harus menjaga dan mencukupi waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Dengan mencukupi waktu tidur seetiap harinya Anda bisa mendapatkan banyak manfaat tidur termasuk manfaat tidur malam dan bisa meningkatkan kualitas kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk peara pembaca semua. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :