Cara Mudah Membuat Masker Wajah Alami di Rumah

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mudah Membuat Masker Wajah Alami di Rumah, Masker wajah adalah suatu alat bantu yang berguna untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit wajah. Namun begitu, sebenarnya masker wajah memiliki fungsi yang lebih rinci lagi, semisal untuk pembersihan, analisis kulit, pengelupasan kulit (exfloating), ekstraksi serta pemijatan. Selain itu, masker wajah juga dibedakan melalui kondisi serta jenis dari kulit. Namun untuk masker alami kebanyakan dapat digunakan oleh semua jenis, meskipun terkadang muncul efek samping alami.

Cara Mudah Membuat Masker Wajah Alami di Rumah

Ketika kulit Anda kering dan dehidrasi, maka masker alami yang digunakan adalah yang mampu melembabkan. Namun ketika kulit wajah mengalami peradangan atau kemerah-merahan, maka cobalah masker yang mampu menenangkan serta meredakan radang kulit. Berbeda halnya ketika kulit memproduksi minyak secara berlebihan, maka carilah masker yang mampu mengikis kotoran serta minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori.

Cara Mudah Membuat Masker Alami di Rumah

Gambar Ilustrasi

Biasanya masker wajah alami digunakan selama 10 hingga 30 menit ataupun semalaman dan mengandung bahan-bahan yang bernutrisi tinggi. Untuk Anda yang ingin memiliki wajah yang lebih sehat, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa macam cara membuat masker alami di rumah. Selain lebih hemat, krim masker rumahan dapat disimpan dalam jangka yang lama, sehingga lebih praktis dan kompatibel.

1.) Masker pisang
Pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Diantara yang paling populer adalah sebagai pelembab dan membuat kulit tampak lebih lembut dan kenyal. Anda dapat membuat masker pisang dengan cara memotong dan menghaluskan beberapa buah pisang hingga benar-benar lembut. Setelah itu terapkan krim masker tersebut ke seluruh area wajah dan leher. Diamkan selama 10 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Anda juga bisa mencampurkan 1/4 cangkir yogurt tanpa gula dan rasa serta 2 sdm madu dengan 1 pisang.

2.) Masker cuka
Jika Anda membutuhkan toner, namun malas pergi ke toko kecantikan, maka cuka adalah pilihan yang tepat. Kandungan yang terdapat pada air cuka dapat menjadi solusi yang efektif untuk membuat kulit wajah tampak lembut dan terhidrasi, sehingga tidak akan kering. Anda dapat mencampurkan 1 sdm cuka sari apel dengan 2 gelas air. Setelah itu terapkan ke wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Selain dapat membuat kulit terhindar dari dehidrasi, masker cuka ini juga dapat membersihkan serta mengencangkan kulit wajah.

3.) Masker susu
Sekarang Anda tidak perlu bermimpi lagi untuk bisa merasakan spa yang mewah dan mahal. Karena pasalnya Anda bisa membuat masker alami nan mewah di rumah hanya dengan bantuan susu. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu mencampurkan secangkir air dengan 1/4 cangkir susu bubuk. Aduk hingga benar-benar mengental, lalu oleskan ke seluruh muka. Diamkan hingga kering, lalu bersihkan dengan air hangat. Dengan cara ini, wajah Anda bukan hanya terbebas dari kotoran dan bakteri, namun juga lebih terasa remaja dan segar.

4.) Masker mayones
Cara membuat masker alami di rumah selanjutnya adalah dengan bantuan mayones. Dengan cara ini, kulit wajah Anda akan lebih halus dan bersih dari kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat. Anda hanya perlu mengoleskan krim mayones ke bagian-bagian wajah, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

5.) Masker yogurt
Yogurt juga ternyata tidak hanya lezat untuk dimakan, namun juga dapat dijadikan alternatif efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan, yogurt dipercaya mampu membersihkan kulit, sekaligus mengencangkan pori-porinya. Cara penggunaannya pun mudah, Anda bisa langsung menerapkan yogurt ke seluruh wajah, lalu diamkan selama 20 menit dan bilas. Anda juga bisa membuat masker revitalisasi wajah dengan mencampurkan 1 sdt yogurt bersama dengan 1/4 jeruk, pulp jeruk dan 1 sdt lidah buaya. Terapkan ramuan yang sudah dicampur tersebut keseluruh wajah, tunggu lebih dari 5 menit, lalu bilas.

6.) Masker putih telur
Putih telur dipercaya dapat menghaluskan, menghilangkan bintik-bintik hitam dan jerawat pada wajah. Anda dapat memisahkan putih dari kuning telurnya. Setelah itu oleskan cairan putih telur menggunakan koas ke seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

Baca juga : Cara Memutihkan Wajah secara Alami

Beberapa cara membuat masker wajah pada pembahasan di atas dapat Anda terapkan setiap hari selain itu mudah untuk dibuat. Usahakan menggunakannya ketika pagi hari dan malam sebelum tidur. Selain itu, bantu masker tersebut bekerja efektif dengan menghindari makanan sampah dan rokok.


Lihat Juga :
Updated :