Cara Menjaga Gigi Tetap Kuat Meski Sudah Lanjut Usia

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Menjaga Gigi Agar Tetap Kuat Meski Sudah Lanjut Usia, Kesehatan gigi menjadi salahsatu hal penting yang wajib dijaga agar gigi tetap berfungsi dengan baik hingga tua nanti. Semakin usia seseorang bertambah, maka tubuh akan terjadi perubahan-perubahan yang tentunya membuat kondisi seluruh organ tubuh semakin menurun termasuk penurunan kualitas kesehatan gigi.

Cara Menjaga Gigi Tetap Kuat dan Sehat Meski Sudah Lanjut Usia

Meskipun hal tersebut tak dapat dihindari, namun apabila seseorang bisa merawat dengan rutin kesehatan giginya sedari muda, maka penurunan kualitas fungsi gigi, seperti masalah gigi keropos dan gigi berlubang dapat lebih diperlambat bahkan dihindari.

Cara Menjaga Gigi Tetap Kuat dan Sehat Meski Sudah Lanjut Usia

Gambar Ilustrasi

 

Beberapa perawatan yang wajib dilakukan agar gigi tetap kuat dan sehat diantaranya dengan menyikat gigi dengan benar secara rutin dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Selain itu, untuk memastikan gigi tetap sehat dan tidak adanya lubang seseorang dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan giginya setiap enam bulan sekali pada dokter gigi.

Lainnya :

Selain itu, menjaga gigi agar tetap kuat hingga usia lanjut juga harus dilakukan perawatan sedini mungkin, ketika masih muda usahakan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis dan memiliki kecenderungan lengket ketika dikonsumsi. Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersuhu panas ke suhu dingin secara cepat. Hal tersebut akan membuat gigi menjadi cepat rapuh.

Kebiasaan yang harus dihindari lainnya agar gigi tidak rusak dan bermasalah yaitu menghindari kebiasaan membuka kemasan plastik atau kaleng menggunakan gigi, hal ini dikarenakan plastik kemasan dan juga kaleng memiliki tekstur yang keras dan bisa menyebabkan gigi goyang. Selanjutnya, hindari kebiasaan meminum kopi terlalu berlebihan karena bisa membuat gigi menjadi berwarna kuning kecokelatan dan terakhir hindari kebiasaan merokok.

Selain langkah pencegahan, langkah perawatan lainnya juga diperlukan, misalnya saja dengan membiasakan diri membersihkan karang gigi, apabila karang gigi dibiarkan maka dalam waktu tertentu karang gigi akan mengakibatkan terjadinya peradangan dan akan menggangu kesehatan tulang gigi sehingga gigi menjadi mudah copot. Selain itu, plak dan karang gigi akan menimbulkan masalah lainnya diantaranya bau mulut tak sedap.

Nah, Bagi orang yang sudah lanjut usia dan sudah tidak memiliki gigi, bisa menggunakan gigi tiruan, dan bagi yang memiliki gigi berlubang sebaiknya jangan terlalu lama didiamkan, segera periksakan diri kepada dokter gigi untuk dilakukan langkah perawatan gigi yang tepat.

Baca juga : Cara Mengobati Sakit Gigi secara Alami

Semoga informasi kali ini yang mengulas tentang cara menjaga gigi tetap kuat dan sehat meski sudah lanjut usia bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Tetap jaga kesehatan Anda, dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :