Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Penyakit

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Penyakit, Setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berfungsi untuk menjaga tubuh agar bisa mempertahankan kesehatannya dan mempertahankan diri dari serangan berbagai penyakit. Apabila ada kuman yang masuk kedalam tubuh, maka disinilah daya tahan tubuh berperan, yaitu untuk menjaga agar tubuh tidak terjangkit kuman tersebut. Apabila seseorang memiliki daya tahan tubuh yang rendah kemungkinan tubuh seseorang tersebut akan mudah terkena penyakit, sedangkan apabila seseorang memiliki daya tahan tubuh yang tinggi maka kemungkinan untuk terkena infeksi menjadi semakin kecil. Maka dari itu, daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting dan harus terus ditingkatkan.

Daya tahan tubuh bisa ditingkatkan dengan melakukan pola hidup sehat, baik itu pada bayi, balita, anak ataupun orang dewasa. Sehingga daya tahan tubuh yang lemah bisa menjadi lebih baik apabila seseorang bisa mengubah pola hidupnya menjadi pola hidup yang lebih sehat dan seimbang.

Tips dan Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pada umumnya daya tahan tubuh setiap orang memiliki tingkat yang berbeda-beda bahkan dalam kondisi tertentu daya tahan tubuh yang tinggi pun dapat drop, ini bisa dikarenakan pola hidup yang mungkin kurang sehat dijalani ataupun karena faktor-faktor lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa memulai untuk memperbaiki daya tahan tubuh Anda dengan melakukan berbagai aktivitas rutin yang menyehatkan setiap harinya.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Gambar Ilustrasi

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Penyakit

Dibawah ini merupakan beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar daya tahan pada tubuh Anda meningkat menjadi lebih baik, dirangkum dari berbagai sumber, simak uraiannya dibawah ini!

1.) Tidur
Tidur menjadi aspek penting dalam menjaga daya tahan tubuh Anda agar tetap baik. Anda harus memiliki waktu istirahat yang cukup, sebisa mungkin untuk menghindari begadang. Setiap orang pada umumnya diharusakan tidur selama 7 jam sampai 8 jam setiap harinya.

2.) Kurangi Stress
Pikiran yang tidak karuan atau stress menjadi penyebab daya tahan tubuh menjadi lemah. Untuk memiliki hidup yang sehat dan berkualitas pikiran pun harus senantiasa positif dan relaks karena cara berfikir yang negatif juga memberikan efek negatif pada tubuh. Anda bisa meluangkan waktu bersama teman-teman Anda atau bahkan pergi menghirup udara sejuk untuk menghindarkan diri Anda dari stress.

3.) Sayur dan Buah Segar
Jenis sayuran dan buah-buahan segar bisa memberikan berbagai nutrisi pada tubuh, seperti anti-oksidan, vitamin, mineral, serat dan juga enzim yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang memiliki kulit gelap biasanya mempunyai kandungan flavonoid, polifenol dan juga antioksidan yang cukup tinggi dan baik untuk daya tahan tubuh Anda.

4.) Konsumsi Lemon
Buah kemon dapat membantu agar pH tubuh agar tetap seimbang dan agar bakteri baik didalam tubuh tetap terjaga. Selain itu, lemon akan mencegah dari munculnya bakteri dan juga virus jahat yang sewaktu-waktu bisa menyerang tubuh.

5.) Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kandungan lemak yang ada didalam minyak zaitun dapat berfungsi sebagai pelumas sel yang selanjutnya bisa meningkatkan fleksibilitas dan komunikasi yang terjadi antara sel. Sehingga membuat sistem daya tahan tubuh menjadi lebih baik dalam melawan penyakit.

6.) Makan Secukupnya
Setiap waktu makan, Anda bisa mengkonsumsi makanan secukupnya saja, dan usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Anda dianjurkan untuk mengurangi konsumsi berbagai produk olahan yang berlebihan dan memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran misalnya jeruk, paprika, stroberi dan jenis lainnya.

7.) Kurangi Kopi
Kandungan kafein dalam kopi bisa menghilangkan mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, selain itu kandungan kafein juga bisa membuat tubuh menjadi kehilangan cairan. Untuk itu, Anda harus menyediakan dua gelas air putih setiap kali Anda mengkonsumsi satu gelas kopi.

8.) Keluar Rumah
Sebagain besar orang menghabiskan waktunya berada didalam ruangan, dan menghirup udara ruangan yang kurang menyehatkan tubuh. Anda mungkin bisa lebih sering untuk keluar rumah dan menghirup udara segar dipagi hari. Dengan menghirup udara segar diluar rumah dapat meningkatkan sistem kerja jaringan tiroid dan sistem daya tahan tubuh Anda.

9.) Konsumsi Teh
Kandungan anti-oksidan dalam teh mampu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Apabila Anda bosan mengkonsumsi jenis teh hijau atau teh hitam Anda juga bisa membuat teh herbal sendiri dengan kandungan jahe, kayu manis dan kunyit didalamnya. Dan minumlah teh secukupnya saja.

10.) Kunyit dan Madu
Apabila Anda mulai merasakan gejala flu ataupun pilek, Anda bisa mencoba mengkonsumsi minuman yang terdiri dari campuran bahan madu dan kunyit. Anda bisa mencampurnya dengan air hangat kemudian mengkonsumsinya.

11.) Minyak Almond dan Wijen
Kandungan vitamin E dan antioksidan pada dua bahan ini baik untuk menjaga daya tahan tubuh, selain itu baik juga untuk kulit Anda. Dengan menggunakan minyak almond dan wijen bisa menjadi pelindung berbagai penyakit yang datang di musim hujan.

12.) Rutin Olahraga
Aspek yang penting dalam menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh yakni olahraga. Dengan berolahraga rutin seperti jalan sehat, jogging, bersepeda, pilsates ataupun yoga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Selain itu pikiran akan menjadi lebih rileks dengan berolahraga.

Diatas merupakan uraian tentang Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dari berbagai serangan penyakit. Dengan adanya point-point yang sudah diuraikan diatas semoga Anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Sebisa mungkin untuk selalu menjaga pola hidup sehat dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat harian Anda dan rutin berolahraga.

Daya tahan tubuh sewaktu-waktu atau dalam kondisi tertentu bisa melemah oleh berbagai faktor misalnya saja pola makan atapun kurang istirahat sehingga Anda diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatan Anda agar tubuh tetap sehat, bugar dan fit dalam beraktivitas setiap harinya.

Baca juga : 6 Makanan Alami untuk Kesehatan Mata Anda

Semoga artikel berjudul Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Penyakit, ini bisa memberikan informasi bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu bertahan dari berbagai serangan penyakit. Anda bisa membaca artikel kesehatan lainnya seputar gaya hidup sehat dan informasi kesehatan lainnya di situs HarianSehat.Com sebagai penyedia informasi kesehatan Anda, yang menyedikan informasi kesehatan setiap harinya. Semoga bermanfaat. Jaga Selalu Kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :