Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih Secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebih secara Alami, Sebagian dari Kita mungkin cenderung mengkonsumsi makanan secara berlebihan.  Kebanyakan orang mengabaikan adanya perubahan tanda-tanda fisik sekaligus kejenuhan yang mengakibatkan stres dan kecemasan. Kita perlu tahu bahwa makan dalam jumlah yang berlebih bukan hanya buruk bagi kesehatan secara fisik yang biasanya timbul akibat kalori, namun juga bisa mengganggu fungsi kognitif dari otak, sehingga bermunculanlah masalah-masalah yang berkenaan dengan emosional dan psikologis.

Bagaimana cara mengurangi nafsu makan yang berlebihan secara alami?

Memiliki nafsu mengkonsumsi makanan yang besar bisa menjadi masalah yang besar pula, hal ini bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Menurut banyak penelitian, orang yang memiliki nafsu makan yang berlebih memerlukan suatu program diet, khususnya wanita agar memiliki tubuh yang ideal atau langsing sehingga tidak terlihat gemuk, yang dengannya masalah tersebut dapat diatasi. Selain itu, Kita juga perlu mengingat bahwa banyak mengkonsumsi makanan, terlebih makanan yang tidak sehat mampu memunculkan berbagai macam penyakit kronis, seperti hipertirodisme dan diabetes.

Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih Secara Alami

Gambar Ilustrasi

Dengan melihat begitu besarnya dampak dari nafsu makan yang berlebih. Sudah sepantasnya untuk Kita mulai mencari cara mengurangi nafsu makan, sehingga badan dan pikiran Kita dapat terjaga kesehatannya. Beberapa cara tersebut Anda bisa dapatkan pada daftar ulasan berikut ini yang mungkin ampuh untuk Anda terapkan :

1.) Sarapan
Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting untuk menjaga tubuh mendapatkan nutrisi serta energi sepanjang hari. Selain itu, sarapan juga dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi, baik Anda sedang di rumah, sekolah maupun tempat kerja. Sarapan juga diteliti sangat penting untuk menjaga berat badan tetap sehat, sekaligus menjaga Kita dari mengkonsumsi makanan-makanan ringan yang tinggi gula dan lemak.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada orang dewasa pada tahun 2013, disebutkan bahwa orang-orang yang melewati hari tanpa sarapan memiliki beran badan yang berlebih, termasuk kecenderungan memiliki penyakit-penyakit umum, seperti resistensi insulin, konsentrasi lipid yang tinggi hingga obesitas dan hipertensi. Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa orang-orang yang tidak sarapan akan lebih banyak makan sepanjang hari.

2.) Sikat gigi
Anda dapat menyikat gigi (baca : cara menyikat gigi yang benar) ataupun menggunakan obat kumur untuk mengurangi nafsu makan. Dengan cara ini, makanan yang ada di meja makan terasa tidak lezat lagi, bahkan terlihat buruk.

3.) Olahraga
Ada beberapa jenis olahraga yang dapat menekan nafsu makan serta mempengaruhi hormon yang menciptakan nafsu makan itu sendiri. Beberapa diantaranya mungkin sudah Anda ketahui, seperti latihan angkat beban dan aerobik. Namun begitu, setelah latihan mungkin Anda memerlukan sedikit makanan untuk mengganti energi yang terbuang.

4.) Konsumsi teh atau kopi
Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kafein mampu menekan nafsu makan seseorang. Selain itu, teh pun juga dapat berfungsi sama dengan kopi. Namun tetap ingat untuk tidak mengkonsumsi kopi ataupun teh yang didalamnya ditambahkan gula, terlebih jika Anda memang berniat untuk menurunkan berat badan.

5.) Sibukkan diri Anda
Cara mengurangi nafsu makan pada poin kelima ini mungkin lebih kepada faktor psikologis. Ketika Anda melakukan berbagai macam kegiatan, setidaknya 20 hingga 30 menit, maka pikiran Kita akan terfokus pada kegiatan tersebut. Secara tidak langsung Kita tidak akan memikirkan mengenai dapur, makanan dan Anda bisa mengurangi nafsu makan tanpa rasa laparan lagi.

6.) Makan secara perlahan
Anda mungkin perlu mencoba makan menggunakan sendok kecil atau mengunyah makanan dengan jumlah bilangan lebih dari 20 kali kunyah. Dengan cara ini, konten akan mengirimkan sinyal ke otak dengan waktu yang lebih lama, sehingga Anda akan merasa seperti telah mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak.

7.) Warna biru
Menurut banyak penelitian yang berhubungan dengan psikologi, disebutkan bahwa warna biru dapat mengurangi nafsu makan. Anda bisa menyimpan berbagai macam atribut berwarna biru di tempat-tempat penyimpanan makanan, seperti di piring dan lemari es. Selain itu, Anda juga harus menghindari warna merah dan orange yang ternyata dapat berfungsi sebaliknya.

8.) Tips lain
Masih ada banyak tips yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengurangi nafsu makan, bahkan diantaranya sangat mudah dilakukan. Misalnya saja selalu minum air ketika merasa lapar, menggunakan piring dengan ukuran yang lebih kecil, mengurangi porsi makan dan mengunyah permen karet bebas gula.

Kesimpulan, Beberapa cara alami mengurangi nafsu makan di atas tentunya terlihat mudah. Namun begitu, perlu diingat bahwa nafsu makan pun sangat penting bagi kehidupan Anda. Mengkonsumsi makanan adalah sebuah kebutuhan, sehingga alangkah baiknya jika Kita lebih bijak dalam mempersoalkan masalah ini. Mungkin Anda dapat tetap memiliki nafsu makan yang tinggi, namun rubahlah pola makannya menjadi lebih sehat.

Dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat diharapkan tubuh Anda akan menjadi lebih sehat pula dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang sewaktu-waktu bisa saja menyerang tubuh. Sebenarnya tips dan cara mengurangi nafsu makan secara alami diatas bertujuan agar Anda bisa mengontrol nafsu makan yang terlalu tinggi, apalagi jika Anda sedang menjalankan diet maka kontrol asupan kalori makanan sangat dibutuhkan.

Biasanya kebiasaan nyemil atau konsumsi makanan berlebihan seringkali datang dimalam hari maka dari itu Anda dianjurkan untuk bisa mengendalikan keinginan makan berlebihan ini karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tentu masukan kalori semakin banyak sehingga beresiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Anda bisa mengaplikasikan cara praktis diatas karena merupakan cara yang alami karena tidak membutuhkan obat-obatan tertentu.


Lihat Juga :
Updated :