Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami – Radang tenggorokan adalah sebuah penyakit dimana pada bagian tenggorokan mengalami iritasi, rasa sakit dan gatal. Selain itu, radang tenggorokan juga biasanya membuat pasien sulit untuk menelan makanan dan minuman. Gejala yang biasa timbul sebelum terjadinya radang tenggorokan adalah munculnya nyeri pada tenggorokan serta penyakit-penyakit mulut lain, seperti sariawan dan gusi bengkak. Biasanya sakit tenggorokan akan membuat penderita merasakan sakit saat menelan dan juga suara menjadi serak.

Cara Mengatasi Sakit Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat

Radang tenggorokan dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak, hingga dewasa, perokok, penderita alergi serta orang-orang yang sedang mengalami masalah kekebalan tubuh. Sakit seperti flu, batuk dan panas dalam juga bisa mengakibatkan sakit tenggorokan. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat menyebar melalui infeksi. Anda yang berdekatan dengan pasien sakit tenggorokan biasanya memiliki risiko yang besar untuk terinfeksi saluran pernapasannya.

Cara Mengobati Rasa Sakit Radang Tenggorokan Secara Alami Tradisional dengan Cepat

Gambar Ilustrasi

Penyebab radang tenggorokan lainnya yang umum terjadi adalah karena infeksi virus, sama seperti sakit flu dan pilek. Selain itu, radang tenggorokan maupun sakit tenggorokan lainnya juga bisa disebabkan oleh bakteri. Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan menerapkan beberapa cara penyembuhan yang ada pada pembahasan di bawah. Beberapa cara mengobati radang tenggorokan secara alami ini dapat Anda buat dan bahannya dapat ditemukan dengan mudah disekitar lingkungan Anda :

1.) Madu
Madu yang dicampur dengan teh sudah dipercaya sejak dahulu kala untuk dijadikan obat rumahan dalam mengatasi radang tenggorokan. Selain itu, juga ditegaskan oleh sebuah studi ilmiah, dimana 139 anak-anak yang sedang mengalami infeksi saluran pernapasan diberi konsumsi madu. Studi tersebut menegaskan bahwa madu dapat mengobati batuk serta menyembuhkan sakit tenggorokan. Studi lainnya juga menyebutkan bahwa madu dapat menyembuhkan berbagai luka secara efektif. Secara tidak langsung, berarti madu juga dapat mengobati luka pada tenggorokan.

2.) Air garam
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Student Health Service di University of Connecticut disebutkan bahwa berkumur dengan air garam dapat membantu menenangkan nyeri akibat sakit tenggorokan, sekaligus memecah sekresi. Selain itu, garam juga dikenal dapat membantu tubuh untuk membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan.

Dalam studi lainnya yang dilakukan oleh University of Puget Sound disebutkan bahwa air garam, yaitu terdiri dari 1/2 sdt garam dan segelas air hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan pada tenggorokan, sekaligus membersihkan tenggorokan dari berbagai macam bakteri.

3.) Peppermint
Jika Anda ingin membuat tenggorokan terasa nyaman dan nafas menjadi segar, maka peppermint adalah jawabannya. Menurut The American Cancer Society disebutkan bahwa semprotan minyak peppermint dapat meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, masalah ini juga telah diteliti oleh The University of Maryland Medical Center yang mengatakan bahwa peppermint mengandung senyawa mentol yang dapat mengencerkan lendir, sekaligus menenangkan tenggorokan dan meradang batuk.

Selain itu, ada studi lainnya yang dilakukan pada tahun 2011, dimana disebutkan bahwa kombinasi lima herbal dan salah satunya adalah peppermint dalam sebuah larutan semprot dapat meredakan sakit tenggorokan lebih baik dari plasebo. Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 disebutkan bahwa peppermint mengandung banyak sifat baik untuk menyembuhkan radang tenggorokan, mulai dari antibakteri hingga efek anti-inflamasi.

4.) Teh chamomile
Bunga chamomile yang dibuat menjadi teh mungkin terdengar masih awam di telinga masyarakat Indonesia. Mungkin saat ini teh chamomile hanya tersedia pada produk-produk minuman modern. Namun begitu, Anda masih dapat membeli teh chamomile di supermarket terdekat.

Untuk menggunakan chamomile sebagai obat radang tenggorokan secara alami, Anda dapat mencampurkan 1 atau 2 cangkir air mendidih dengan 1 sdm bunga chamomile kering di dalam sebuah wadah. Lanjutkan dengan mengaduknya hingga rata dan tunggu suhunya menghangat. Anda dapat menerapkan ramuan teh tersebut ke bagian leher dengan menggunakan handuk.

5.) Wortel Rebus

Wortel merupakan salahsatu sayuran yang memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, diantaranya mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kandungan serat dan potasium. Namun, jika dikonsumsi untuk Anda yang menderita sakit tenggorokan wortel sebaiknya direbus lebih dahulu sehingga menjadikan tekstur wortel lebih lembut.

6.) Buah jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C yang dipercaya sebagai antioksidan alami untuk melindung sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga diteliti dapat membantuk mengobati sakit tenggorokan meskipun bukti ilmiahnya masih menjadi kontroversi.

7.) Teh Jahe
Sakit tenggorokan biasanya memiliki keterkaitan dengan rasa gatal juga, Anda bisa menggunakan teh jahe atau madu untuk meredakannya. Kedua minuman tersebut bisa membantu untuk mencegah terjadinya iritasi dan juga menjadikan keadaan tenggorokan menjadi lebih baik.

8.) Pisang
Pisang memiliki tekstur buah yang lembut sehingga membuat buah ini mudah ditelan, termasuk oleh orang yang mengalami sakit tenggorokan. Pisang memiliki kandungan gizi yang cukup baik diantaranya mengandung vitamin B6, Vitamin C dan juga kalium sehingga bisa membantu dalam menyembuhkan sakit tenggorokan.

9.) Jus Lemon dengan Madu
Kedua bahan yakni lemon dan juga madu bisa membuat tenggorokan menjadi lebih baik. Selain itu tenggorokan akan terasa lebih dingin dan rasa sakit akan menjadi lebih terobati sehingga mengurangi rasa sakit ketika menelan.

10.) Istirahat

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah beristirahat. Dengan istirahat tidur siang pada siang hari dan tidur lebih awal pada malam hari, Anda telah memberikan waktu bagi tubuh untuk menyembuhkan radang tenggorokan secara otomatis dan alami.

Diatas merupakan cara mengobati sakit radang tenggorokan secara alami. Radang tenggorokan bukanlah penyakit yang dapat membuat Anda harus benar-benar istirahat di rumah sepanjang hari. Namun begitu, penyakit ini membuat tenggorokan menjadi sangat nyeri, sehingga pekerjaan yang Anda lakukan dapat terganggu. Maka dari itu, sakit tenggorokan sebaiknya harus cepat ditangani dengan cara yang paling efektif, Anda bisa mencoba mengkonsumsi salahsatu makanan alami diatas sebagai obat pereda sakit tenggorokan, sehingga nyerinya bisa lebih reda.

Baca juga : Cara Mengobati Batuk Berdahak secara Alami

Jika memang tidak lekas sembuh setelah beberapa hari sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada dokter, agar mendapatkan obat yang mungkin lebih ampuh. Namun mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi tentu saja tidak bisa dilewatkan, maka dari itu konsumsilah berbagai makanan yang bergizi dan menyehatkan. Pola hidup sehat seperti menjaga pola makan teratur, berolahraga rutin, dan beristirahat dengan cukup setiap harinya juga harus dilakukan untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh Anda. Sekian artikel bahasan tentang cara mengobati radang tenggorokan menggunakan bahan alami. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :