Cara Alami Mengobati Gatal-Gatal Berair Pada Kulit

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengobati Gatal-gatal Berair Pada Kulit Secara Alami, Gatal-gatal berair pada kulit pada dasarnya adalah salah satu gejala dari penyakit kulit yang bernama eksim. Namun, tak menutup kemungkinan bisa juga disebabkan oleh bakteri, virus atau kutu. Penyakit kulit biasanya disebabkan oleh adanya reaksi berlebih pada kulit terhadap suatu zat, misalnya debu, makanan ataupun sabun. Gejalanya bukan hanya gatal-gatal dan berair, namun juga kulit akan menjadi kering dan muncul ruam merah. Bahkan tidak jarang dalam perkembangannya kulit menjadi bergelembung, lengket dan bersisik.

Cara Mengatasi Gatal-gatal Berair Pada Kulit (Eksim)

Penyakit gatal-gatal berair pada kulit ini diteliti mampu berkembang dan menyebar. Dalam beberapa keadaan pasien membutuhkan rawat inap untuk mendapatkan pengobatan yang baik dan menghindari kontaminasi dari alergi yang mungkin diidap. Namun hal tersebut dilakukan jika eksim dalam keadaan yang berat. Sedangkan untuk eksim ringan, penderita hanya akan merasakan ketidaknyamanan dan tentunya gangguan pada kegiatan sosial.

Cara Mengobati Gatal-gatal Berair Pada Kulit

Gambar Ilustrasi

Jika Anda atau keluarga mengalami masalah ini, ada beberapa cara mengobati gatal-gatal berair pada kulit yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya dapat Anda buat sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami. Memang terlihat sederhana, namun begitu pengobatan rumahan lebih sedikit risiko munculnya penyakit lain yang mungkin diakibatkan oleh reaksi pada kulit Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel ini sampai akhir karena gejala penyakit kulit yang menimbulkan bercak berair tak hanya eksim saja, simak selengkapnya sampai akhir artikel :

1.) Tanah Liat Hijau (montmorillonit atau bentonit)
Tanah liat dipercaya dapat membantu melawan rasa gatal pada banyak masalah kulit, termasuk eksim dan jerawat. Bahkan, dalam keadaan lainnya, tanah liat juga bisa mengobati kulit yang terkena gigitan serangga, seperti tawon, laba-laba dan lebah. Cara kerjanya sendiri sebenarnya cukup sederhana, dimana tanah liat berfungsi untuk menarik racun yang ada di kulit. Dengan begitu, rasa sakit dan gatal yang timbul dapat teratasi.

Untuk cara menggunakannya, Anda dapat mencari tanah liat hijau (montmorillonit atau bentonit). Tanah liat jenis ini dipercaya sebagai yang paling kuat diantara yang lain. Selanjutnya Anda hanya perlu menerapkannya ke area yang terkena gatal-gatal berair.

2.) Cuka Sari Apel
Cuka apel sudah sejak dahulu kala digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit kulit. Kandungan yang bersifat anti jamur, antiseptik dan anti-bakteri yang terdapat pada cuka sari apel mampu secara efektif menghilangkan gatal-gatal yang dialami oleh kulit.

Anda dapat menggunakan cuka sari apel dengan menerapkannya secara langsung ke area yang berair menggunakan bola kapas maupun kain lembut. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan cuka tersebut ke air bak untuk digunakan mandi.

Lainnya :

3.) Terapi Radiasi Ultraviolet
Terapi ini disebut juga dengan nama fototerapi. Fungsinya untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, termasuk penyakit eksim dengan gejala gatal-gatal, kemerahan dan berair. Anda dapat menggunakan cara ini jika eksim sudah dalam keadaan kronis. Biasanya dokter akan mempersilahkan Anda untuk tidur berbaring lalu tabung neon akan memancarkan sinar ultraviolet. Dalam beberapa keadaan yang parah, pasien mungkin membutuhkan 30 sesi untuk bisa sembuh.

4.) Daun Peppermint
Cara mengobati gatal-gatal berair pada kulit selanjutnya adalah dengan menggunakan daun peppermint. Salah satu jenis daun apotek hidup ini mampu mengobati gatal-gatal akibat infeksi maupun gigitan serangga. Sensasi dinginnya pun dapat menenangkan keadaan kulit yang bermasalah.

Untuk cara penggunaannya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menggosokkan secara langsung daun peppermint ke area yang bermasalah. Selain itu, Anda juga bisa membekukan dahulu daun tersebut di pendingin, baru selanjutnya Anda terapkan daun tersebut ke area yang gatal-gatal.

5.) Daun Kemangi
Selain peppermint, kemangi juga memiliki daun yang sangat bermanfaat bagi manusia. Senyawa kapur barus atau bisa disebut juga thymol yang terkandungan pada daun ini mampu menghilangkan gatal-gatal secara efektif. Anda hanya perlu menghancurkan daun tersebut lalu menggosokkannya ke area yang gatal dan berair.

6.) Aloe Vera
Lidah buaya sudah diteliti sejak lama dapat mengobati berbagai penyakit kulit, termasuk jerawat, sunburns, pembengkakan dan iritasi. Anda yang mengalami gatal-gatal berair juga dapat menggunakan tanaman kaya manfaat ini dengan cara memotong bagian kulitnya dan menerapkan gel atau dagingnya ke seluruh area yang teriritasi.

Terkadang beberapa cara mengobati gatal-gatal berair pada kulit di atas belum mampu membantu Anda. Jika keadaannya seperti itu, mungkin Anda butuh bantuan ahli medis untuk berkonsultasi. Anda bisa memeriksakan diri Anda ke puskesmas atau rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan memberi Anda salep anti-inflamasi atau pun salep jenis lainnya untuk menyembuhkan masalah gatal yang Anda alami.

Baca juga : Cara Mengatasi Biang Keringat

Gatal Berair Lainnya selain Eksim

Perlu diketahui bahwa gatal-gatal berair tak hanya eksim saja, beberapa masalah kulit lain juga menimbulkan gejala gatal-gatal berair, misalnya kudis. Kudis atau scebies merupakan salahsatu masalah gatal-gatal yang diakibatkan oleh kutu atau tungau. Gatal berair pada kudis biasanya muncul pada sela-sela jari ditangan atau kaki bahkan kulit tubuh. Untuk mengobati scabies atau kudis ini bisa menggunakan scabimite, kemudian dioleskan secara merata pada seluruh bagian tubuh. Perhatian, gunakan sesuai petunjuk yang ada dalam kemasan.

Jadi jika Anda terkena gejala gatal-gatal pada kulit sebaiknya memeriksakan diri dulu ke tenaga medis untuk didiagnosa lebih lanjut agar diketahui apa masalah sebenarnya sehingga gatal-gatal yang Anda alami dapat diketahui penyababnya dan diobati dengan pengobatan yang tepat.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :