Cara Mengobati Batuk Berdahak secara Alami dan Tradisional

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengobati Batuk Berdahak secara Alami dan Tradisional. Banyak orang yang mengalami gangguan pada tenggorokannya salahsatunya yaitu dahak yang disertai batuk. Meskipun batuk merupakan hal yang biasa dialami oleh banyak orang tetapi Anda harus tetap waspada. Seseorang dapat mengalami batuk, baik pria, wanita, bayi, anak-anak, dewasa hingga orang lanjut usia. Salahsatu penyebab batuk yaitu adanya reaksi yang diakibatkan oleh adanya dahak, debu, asap makanan dan penyebab lainnya. Selain itu batuk juga ada yang disertai rasa gatal pada tenggorokan. Apalagi batuk berdahak bisanya membuat seseorang tidak nyaman.

Cara Mengobati Batuk Berdahak secara Alami

Sebenarnya batuk bukanlah penyakit, karena batuk merupakan suatu cara yang dilakukan untuk pertahanan tubuh pada bagian saluran pernapasan. Batuk bisa jadi merupakan pertanda suatu penyakit. Seseorang dapat mengalami batuk disebabkan adanya rangsangan tertentu yang terjadi pada saluran pernapasan, hidung bahkan telinga. Misalnya adanya debu, kemudian saluran pernapasan, hidung atau teling tersebut megirimkan sinyal melalui syaraf ke otak. Lalu setelah sinyal diberikan maka otot-otot pada tubuh bertugas untuk mengeluarkan benda asing tadi dan terjadilah batuk.

bahan-alami-mengobati-batuk-berdahak

Gambar Ilustrasi

Namun batuk juga memiliki tingkat keparahan tertentu, ada batuk ringan dan juga batuk kronis. Batuk juga ada beberapa kondisi tertentu misalnya batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Baik batuk berdahak ataupun tidak berdahak tentu saja akan mengganggu seseorang dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Kali ini hariansehat.com akan membagikan cara mengobati batuk berdahak menggunakan bahan alami dan tradisional. Apabila Anda terkena batuk berdahak tentu harus dilakukan usaha penyembuhan agar batuk tersebut dapat reda, sehingga tidak mengganggu aktivitas Anda. Batuk berdahak bisa disembuhkan tidak hanya menggunakan obat-obatan yang dibuat oleh pabrik-pabrik saja, namun bisa juga menggunakan bahan alami dan tradisional seperti yang telah diuraikan dibawah ini.

Cara Menyembuhakan Batuk Berdahak menggunakan Bahan Alami

Simak uraian lengkap cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami menggunakan bahan-bahan tradisional dibawha ini !

1.) Air Putih
Penderita batuk tentu saja tidak nyaman apalagi jika ada dahak yang ada pada tenggorokan sehingga mengganggu pernapasan. Anda bisa mengkonsumsi air putih (baca: manfaat air putih) dengan cukup untuk membantu mencairkan dahak tersebut. Selain itu air putih dapat menjaga membran tenggorokan agar tetap lembap.

2.) Daun Sirih
Daun sirih, selain bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan (baca: khasiat daun sirih cara cepat atasi sariawan) juga dapat menyembuhkan batuk berdahak. Caranya cukup mudah, rebuslah daun sirih beberapa lembar kemudian dicampurkan dengan potongan jahe. Ambilah air resbuasannya dan air rebusan ini bisa Anda minum sekali dalam sehari. Air hasil rebusan daun sirih dan potongan jahe dapat berguna untuk mengahangatkan tubuh selain itu daun sirih dan jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

3.) Jahe
Selain jeruk nipis, jahe (baca: manfaat jahe) juga bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Didalam jahe juga terdapat anti-bakteri sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. jahe dikonsumsi biasanya untuk menghangatkan tubuh selain itu bisa juga meredakan batuk berdahak. Anda bisa membuat minuman dari jahe ini dengan cara mengiri jahe dan juga kencur kemudian bahan tersebut direbus lalu diambil air resbusannya. Air rebusan tersebut bisa meredakan batuk berdahak, Anda bisa mengkonsumsinya sekali dalam sehari.

4.) Jeruk Nipis
Cammpuran jeruk nipis dengan kecap sudah digunakan oleh banyak orang untuk mengobati batuk berdahak dan merupakan salahsatu bahan alami yang ampuh untuk meredakan batuk berdahak. Apabila Anda tidak begitu menyukai kecap, Anda bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu. Gunakanlah resep campuran ini 2-3 kali sehari agar batuk berdahak Anda dapat sembuh dengan segera.

Baca juga : Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan

Diatas merupakan cara mengobati batuk berdahak secara alami. Ada berbagai keuntungan tentunya menggunakan bahan-bahan alami ini. Bahan langsung dari alam dan bahan kimia memiliki komposisi yang berbeda. Selain itu bahan-bahan alami telah banyak digunakan oleh orang-orang sejak zaman dahulu.

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Sebisa mungkin apabila menderita penyakit ringan dan mampu diobati dengan bahan alami, tentu pilihan pengobatan tradisional secara alami lebih dianjurkan. Karena selain tidak ada efek samping serius penggunaan bahan alami lebih murah dan biasanya mudah juga untuk didapatkan dilingkungan sekitar. Sekian artikel tentang cata menyembuhakan batuk berdahak secara alami menggunakan bahan-bahan tradisional ini. Semoga bermanfaat, jaga kesehatan Anda. Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :