Cara Mudah Menghilangkan Plak Pada Gigi

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mudah Menghilangkan Plak Pada Gigi, Seperti yang telah diketahui bahwa menjaga kesehatan gigi sangatlah penting. Namun, bisa saja tanpa disadari bagian gigi yang jarang dibersihkan bisa menimbulkan flak pada bagian gigi tersebut. Plak tersebut jika dibiarkan akan terlihat jelas bahkan menghitam dan menjadi keras. Bahkan tak hanya gigi yang beresiko mengalami kerusakan, termasuk gusi juga. Lain halnya, jika gigi terus dijaga kebersihannya dengan baik, plak gigi yang menempel bisa dihilangkan dengan melakukan cara-cara tertentu sehingga mulut menjadi lebih bersih dan sehat.

Cara Menghilangkan Plak Gigi

Bagaimana sebenarnya plak gigi dapat terbentuk? Peristiwa menempelnya plak gigi pada bagian gigi diketahui akibat berbagai faktor termasuk bakteri yang ikut menempel. Plak gigi tersebut jika dilihat, seperti lapisan licin yang cukup tipis dan memiliki warna kuning atau bisa juga putih, dan biasanya plak gigi menempel pada bagian sela-sela gigi dan bagian batas gusi pada bagian gigi.

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Gambar Ilustrasi Plak Gigi

Apabila mulut tidak terawat dengan baik plak gigi bisa terlihat sangat jelas, maka dari itu kebersihan gigi haruslah diperhatikan dengan baik. Terjadinya plak gigi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salahsatu diantaranya adalah faktor konsumsi makanan. seperti minuman ringan, susu, kue, atau bahkan sisa makanan yang tertinggal pada sela gigi. Sehingga bakteri berkembang pada sisa-sisa makanan yang menempel tersebut dan mengeluarkan asal yang dala jangka watu tertentu enamel gigi bisa mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh gigi berlubang.

Kebersihan gigi dan mulut menjadi hal penting dalam kasus plak gigi ini karena jika dibiarkan dalam waktu yang lama, gigi bisa mengalami kerusakan, tak hanya bagian gigi luar saja, tetapi bagian-bagian pendukung gigi dan juga gusi bisa rusak. Dibawah ini beberapa resiko akibat plak gigi yang tidak dibersihkan :

1. Gingivitis
Gingivitis merupakan salahsatu hal yang bisa terjadi karena peradangan pada gusi yang menyebabkan gusi menjadi berwarna merah, bengkak dan bisa menyebabkan rasa nyeri.

2. Gigi Berlubang dan Membusuk
Apabila tidak segera diobati, plak gigi bisa membuat kerusakan pada lapisan akar atau pulpa di tengah gigi dan membuat gigi menjadi terasa sakit. Hal ini bisa menjadikan gigi berlubang.

3. Kalkulus atau tartar
Lama kelamaan, plak gigi yang tidak dibersihkan akan menjadi keras hingga bentuknya menjadi seperti semen dan cukup sulit untuk dihilangkan jika hanya menggunakan sikat gigi.

4. Periodontitis
Periodentitis merupakan penyebaran infeksi pada gusi yang menyebar dan bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada tulang sekiat rahang. Periodontitis bisa terjadi apabila gingvitis menjadi semakin memburuk. Periodontitis bisa menimbulkan celah diantara gigi dan juga gusi. Apabila tidak segera diobati, maka secara perlahan gigi bisa copot dari gusi dan pada akhirnya gigi bisa benar-benar copot.

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Lalu bagaimana cara untuk mencegah dan menghilangkan plak pada gigi? Plak pada gigi membuat rasa percaya diri untuk tersenyum menjadi lebih menurun, jelas saja karena gigi akan menjadi terlihat kuning. Selain itu plak gigi bisa memicu munculnya beberapa penyakit pada mulut bahkan bisa menjadi karang gigi. Dibawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan plak gigi dengan cara-cara alami :

Lainnya :

1. Menyikat Gigi
Salahsatu cara yang efektif untuk menghilangkan plak pada gigi yaitu dengan cara rutin menyyikat gigi minimal dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan malam. Dengan menyikat gigi dua kali dalam sehari gigi bisa lebih bersih dan dalapat mencegah terbentuknya plak.

Selain itu dengan rutin menggosok gigi setiap plak yang bisa terbentuk bisa terbersihkan. Menyikat gigi juga disarakan menggunakan sikat yang memiliki bulu yang lembut dan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride dan dilakukan sekitar dua meniat. Penggunaaan flouride berfungsi untuk membuat gigi terlindung karena enamel akan terikat dan permukaan akan menjadi lebih keras. Dan pastikan juga untuk menyikat gigi dan bagian mulut lainnya dengan benar. Anda bisa membaca cara menyikat gigi yang benar.

2. Konsumsi Makanan Seimbang
Konsumsilah makanan-makanan alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan sekaligus menyehatkan mulut. Sebisa mungkin untuk membatasi camilan, jika ingin nyemil, Anda bisa memilih camilah seperti yoghurt murni, buah, keju atau sayuran yang mentah. Salahsatu sayuran yang bermanfaat untuk menetralkan asam penyebab terjadinya plak adalah seledri, Anda bisa mencoba mengkonsumsinya.

3. Benang Gigi
Selain menyikat gigi, benang gigi juga bisa sangat bermanfaat yakni untuk menghilangkan bakteri dan juga sisia makanan, setidaknya benang gigi bisa digunakan sekali dalam sehari. Baca : Manfaat Flossing.

4. Gunakan Mouth Rinse (Obat Kumur)
Menggunakan obat kumur juga bisa mencegah terjadinya penumpukan plak. Penggunakan obat kumur ini bisa melengkapi penggunaan benang gigi dan menyikat gigi. Obat kumur bisa digunakan selama 30 detik sebagai pembersih mulut.

5. Hindari Makanan Manis
Makanan dan minuman yang memiliki rasa yang manis sebaiknya dihindari, seperti permen, cokelat, kismis atau minuman soda. Baca juga : 10 Makanan dan Minuman Perusak Gigi.

6. Kunjungi Dokter
Agar kesehatan dan kebersihan gigi tetap terkontrol, kunjungilah dokter setidaknya enam bulan sekali. Dengan mengunjungi dokter kesehatan gigi dan mulut Anda bisa diperiksa lebih lanjut.

Apabila gigi telah terlanjur tertutupi oleh plak, jangan terlalu khawatir karena plak pada gigi bisa dihilangkan meskipun tidak secara cepat. Caranya yaitu dengan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara rutin menyikat gigi dengan benar dan juga menjaga kebersihan mulut.

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami

Apabila kebersihan mulut tetap terjaga dalam waktu tertentu plak gigi bisa hilang, dan gigi bisa menjadi lebih sehat dan bebas dari resiko sakit gigi. Anda pun bisa tersenyum dengan percaya diri.

Diatas merupakan informasi singkat tentang cara menghilangkan plak pada gigi. Anda juga bisa membaca artikel lainnya yang masih berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut di situs Harian Sehat. Tetap jaga kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :