6 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak secara Permanen

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Menghilangkan Bulu Ketiak secara Permanen, Bagi sebagian orang mungkin bulu ketiak bukanlah masalah, namun sebagian orang lainnya menganggap bulu ketiak sebagai masalah yang cukup menggangu rasa percaya diri khususnya wanita. Namun, sebagian pria juga ada yang kurang menyukai adanya bulu ketiak ini.

Bulu ketiak merupakan salahsatu ciri seseorang beranjak dewasa, biasanya pada masa puber, bulu ketiak mulai tumbuh dan semakin hari menjadi semakin lebat. Dan pada sebagian orang, bulu ketiak ini cukup menggangu maka dari itu menghilangkan bulu ketiak pun menjadi pilihan.

Bulu ketiak sendiri merupakan rambut yang tumbuh pada daerah ketiak dan memiliki fungsi tersendiri. Beberapa fungsi dari bulu ketiak ini diantaranya sebagai pelindung tubuh, ciri kedewasaan seseorang bahkan bulu ketiak dipercaya bisa mencegah resiko kanker pay*udara.

Meskipun begitu, bagi Anda yang tetap ingin menghilangkan bulu ketiak, dibawah ini akan dibawah bagaimana cara alami dan efektif untuk menghilangkan bulu ketiak dengan menggunakan cara alami dan juga modern. Silahkan disimak dengan baik :

1. Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Menggunakan Cara Alami

Cara alami menggunakan bahan-bahan tradisional adalah salahsatu cara yang banyak diminati karena bahan-bahan alami yang mudah didapatkan dan juga dapat dibuat dengan mudah, bahkan beberapa bahan alami sudah digunakan sejak lama oleh para ahli untuk menghilangkan rambut ketiak tanpa harus menggunakan cukuran.

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Gambar Ilustrasi

Dibawah ini merupakan cara alami yang dipercaya bisa menghilangkan bulu ketiak disertai cara megolah bahannya :

1.) Menggunakan Kunyit

Kunyit telah dipercaya sejak lama untuk digunakan baik dalam pengobatan maupun perawatan tubuh. Bahkan orang-orang India sudah sejak lama menggunakan kunyit sebagai bahan alami yang digunakan untuk membuat kulit sehat dan cerah. Kandungan anti inflamasi dan antibakteri dalam kunyit bisa menyehatkan kulit. Selain itu, pertumbuhan rambut juga bisa dicegah oleh kunyit ini, maka dari itu cara alami ini bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bulu ketiak yang Anda miliki :

Bahan :
1 – 2 sdt kunyit yang sudah dibersihkan kulitnya dan dicuci bersih.
Air secukupnya yang akan digunakan sebagai campuran pembuatan pasta.

Cara Pengolahan dan Penggunaan :
a. Pertama haluskan terlebih dahulu kunyit, kemudian direndam dalam air dan dicampurkan hingga membentuk pasta.
b. Kemudian oleskan pasta kunyit tersebut pada ketiak Anda dan digosok secara perlahan menuju arah berlawanan dengan arah pertumbuhan bulu ketiak.
c. Biarkan meresap sekitar 1/4 jam sampai mengering.
d. Terakhir bersihkan pasta kunyit yang sudah mengering tersebut dengan menggunakan air hangat.

Penggunaan kunyit ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rambut ketiak yang belum cukup lebat. Apabila bulu ketiak yang Anda miliki sudah lebat bisa menggunakan cara alami yang lainnya.

2.) Menggunakan Pepaya

Pepaya memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, diantara manfaat pepaya yang cukup terkenal yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh manusia. Namun, bisa juga digunakan sebagai bahan alami untuk meghilangkan rambut pada ketiak.

Pepaya memiliki kandungan papain yang berfungsi sebagai pencegah pertumbuhan rambut dan juga mematahkan folikel rambut.

Bahan :
1 Buah pepaya yang belum matang
1/4 sdt tepung terigu
1/4 sdt kunyit bubuk
2 sdm minyak sawi
2 tetes minyak atsiri atau lavender
4 sdm gel lidah buaya

Cara Pengolahan dan Penggunaan :
a. Campurkan semua bahan pada sebuah wadah berukuran sedang, kemudian aduk hingga tercampur dan cukup menebal.
b. Kemudian oleskan bahan yang telah dicampur tadi dengan arah pertumbuhan bulu ketiak yaitu dari bawah keatas.
c. Diamkan selama kurang lebih 1/4 jam
d. Lalu gunakan kain yang bersih untuk membersihkan pasta yang menempel pada ketiak tadi dengan cara digosokan dengan berlawanan arah pertumbuhan bulu ketiak.
e. Apabila sudah bersih, selanjutnya ketiak dicuci dengan air dingin kemudian biarkan kering.
f. Ambil baby oil atau minyak zaitun dan gunakan untuk memijat kulit ketiak.
g. Untuk mendapatkan hasil yang cukup baik, perawatan seperti ini bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu dan tetap rutin melakukan perawatan ini kurang lebih 3 bulan.

Selain manfaatnya untuk menghilangkan bulu ketiak, pepaya juga mampu memutihkan kulit daerah ketiak yang menghitam dan menjadikannya lebih halus.

3.) Menggunakan Kapur Sirih

Kapur sirih biasanya digunakan sebagai campuran orang jaman dulu untuk nginang atau mengunyah sirih. Namun, dipercaya juga bisa menghilangkan rambut pada ketiak seperti yang dikutip dari caracantik.net.

Bahan :
1 sdm Kapur sirih
2 sdm air putih

Cara Pengolahan dan Penggunaan :
a. Gunakan 1 sdm kapur sirih kemudian campurkan dengan 2 sdm air mineral dan aduk hingga merata.
b. Bersihkan ketiak terlebih dahulu hingga bersih menggunakan sabun kemudian keringkan dengan handuk.
c. Larutan campuran tadi kemudian dioleksan pada daerah ketiak sehingga merata
d. Diamkan sekitar setengah jam.
e. Setelah didiamkan, selanjutnya ketiak dibersihkan dengan menggunakan handuk hangat dan juga sabun hingga benar-benar bersih kemudian keringkan.

Perawatan ini bisa dilakukan maksimal 3 kali dalam seminggu hingga sekitar satu bulan. Jika pertumbuhan bulu sudah mulai melambat maka perawatan bisa dilakukan dengan jarang bisa satu minggu atau dua minggu sekali.

2. Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Modern

Meskipun banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bulu ketiak, namun cara modern tentu saja lebih cepat. Salhsatu cara modern yakni menggunakan alat pencukur rambut ketiak. Tentu saja cara modern akan lebih cepat dan lebih cocok untuk Anda yang memiliki budget yang cukup untuk melakukan perawatan. Dibawah ini merupakan cara modern yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bulu ketiak :

1.) Menggunakan Alat Cukur

Mencukur bulu ketiak merupakan salahsatu cara modern saat ini. Kegiatan mencukur pun semakin dimudahkan dengan adanya peralatan-peralatan mencukur yang cukup canggih. Dibawah ini cara mencukur bulu ketiak.

a. Pertama sebaiknya perhatikan daerah ketiak Anda, hindari proses mencukur jika ada luka pada bagian ketiak.
b. Gunakan krim yang khusus digunakan untuk membantu proses mencukur rambut atau jika tak ada, Anda bisa menggunakan sabun biasa.
c. Basahi ketiak hingga merata.
d. Agar memudahkan saat dilakukan pencukuran, sebaiknya bulu ketiak digenggam menuju bagian tengah.
e. Kemudian lakukan proses pencukuran dengan menggunakan alat pencukur rambut yang tajam dari mulai bagian bawah hingga atas rambut ketiak. Ulangi langkah pencukuran hingga rambut ketiak benar-benar besih.
f. Apabila terjadi iritasi ringan akibat proses mencukur, terlebih dahulu keringkan kulit Anda dan oleskan bedak bayi dengan merata.

2.) Menggunakan Laser

Laser merupakan salahsatu cara efektif untuk menghilangkan bulu ketiak. Namun laser terkenal dengan biayanya yang masih cukup mahal. Meskipun biaya yang dikeluarkan cukup mahal akan tetapi hasil laser ini akan membuat bulu ketiak hilang secara permanen, hal ini disebabkan karena laser akan mematikan fungsi dari sel-sel pertumbuhan rambut.

Jika Anda benar-benar tertarik dengan laser ini, Anda bisa mencari informasi dengan berkonsultasi langsung dengan dokter atau tenaga ahli.

3.) Menggunakan Krim Perontok

Selain cara laser, ada juga krim yang bisa membuat bulu ketiak tak tumbuh lagi. Jika biasanya setelah dicukur bulu ketiak akan tumbuh lagi, berbeda halnya apabila menggunakan krim perontok.

Meskipun jenis krim ini sangat ampuh, namun harga pasaran krim ini cukup mahal. Namun Anda harus berhati-hati karena penggunaan obat-obat tertentu biasanya menimbulkan efek samping seperti terjadinya iritasi dan mungkin masalah lainnya. Anda bisa melihat Penghilang Bulu Permanen.

Baca juga : Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Diatas merupakan cara menghilangkan bulu ketiak dengan menggunakan bahan alami dan juga secara modern menggunakan alat atau krim tertentu. Anda bisa memilih dari kedua cara diatas. Namun menghilangkan bulu ketiak mungkin akan mengganggu fungsi dari bulu ketiak ini, sehingga itu tergantung pilihan Anda, ingin menghilangkannya atau tetap memilihara bulu ketiak yang Anda miliki.


Lihat Juga :
Updated :