10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami, Semua orang tentu tak ingin mendapati dirinya mengalami masalah bau badan yang kurang sedap. Karena bau badan bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri sehingga orang-orang terdekat Anda mungkin saja menjadi menjauhi Anda secara perlahan karena masalah bau badan ini.

Bagaimana cara menghilangkan bau badan? Ada beberapa faktor yang menjadikan seseorang baik pria maupun wanita memiliki bau badan yang kurang sedap, bahkan bau badan juga bisa terjadi pada anak-anak. Ini bisa dikarenakan faktor hormon atau bisa juga karena faktor yang disebabkan oleh keadaan lingkungan, cuaca dan makanan.

Beberapa jenis keringat bisa menyebabkan bau badan seseorang tercium kurang sedap karena kelenjar keringat memproduksi tipe keringat tertentu. Pada area lipatan-lipatan tertentu seperti ketiak, bagian kaki, bisa menimbulkan bau yang kurang sedap hal ini biasanya disebabkan karena tempat-tempat tersebut merupakan tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman. Jadi Anda harus merawat dengan baik area-area yang rawan bakteri ini.

10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Cara Mudah Menghilangkan Bau Badan

Gambar ilustrasi

Namun sekarang Anda tidak usah khawatir tentang masalah bau badan yang kurang sedap ini. Berbagai cara dibawah ini bisa dijadikan sebagai pilihan Anda untuk menghilangkan aroma tak sedap bau badan yang menyengat dengan efektif pada tubuh Anda :

1.) Menggunakan Deodoran
Jika Anda memiliki masalah pada bau tak sedap, Anda bisa menggunakan deodoran segera setelah Anda mandi. Meskipun bukan cara yang sangat alami namun Anda bisa mencobanya. Pastikan deodoran yang Anda gunakan memiliki kandungan antiperspirant pada area ketiak. Seperti yang dilansir dari WebMD kandungan antiperspirant bisa berguna untuk melawan keringat yang berlebih dan dapat mencegah bau badan.

2.) Pola Makan
Makanan juga bisa menjadi penyebab seseorang memiliki bau badan tak sedap. Beberapa makanan yang dapat menimbulkan bau badan diantaranya, makanan yang memiliki benayk lemak, minyak dan juga makanan yang beraroma tajam seperti bawang putih. Ini bisa terjadi karena adanya pelepasan aroma yang bisa terjadi pada bagian pori-pori kulit kemudian bercampur dengan keringat. Dan kemudian akan keluar aroma tak sedap pada tubuh.

3.) Lemon
Lemon bisa menjadi bahan alami yang bisa menghilangkan bau badan. Seperti yang dilansir dari enzinearticle, Anda bisa menggunakan lemon untuk menjadukan kulit tubuh lebih wangi sehingga aroma dari lemon bisa masuk sampai pada pori-pori kulit Anda. Selain menggosokan lemon, Anda juga bisa memeras lemon tersebut pada bagian lipatan tubuh yang umumnya menjadi tempat munculnya bau tak sedap seperti, ketiak, lipatan tangan dan juga lipatan kaki, sehingga keringat berlebih dapat ditekan produksinya.

4.) Konsumsi Rempah-rempah
Agar bau badan Anda tidak menyengat, Anda bisa mengkonsumsi rempah-rempah yang memiliki aroma harum. Contoh rempah-rempah yang memiliki aroma wangi adalah rempah daun seperti seledri, kemangi, ketumbar, rosemary dahkan thyme. Selain itu Anda juga menggunakan daun beluntas, kenikir, cengkeh, jahe, kayu manis, pala atau bahkan mint sehingga bau badan Anda bisa berkurang.

5.) Klorofil
Penggunaan klorofil juga bisa menjadi deodoran alami yang bisa bekerja dalam tubuh. Secara alami penggunaan klorofil dapat membersihkan bagian dalam tubuh dan bisa menangkal bau tak sedap. Anda bisa menggunakan klorofil dalam bentuk kemasan atau bisa juga dengan mengkonsumsi banyak sayuran segar berwarna hijau.

6.) Air Putih
Dehidrasi atau tubuh mengalami kekurangan cairan juga bisa membuat bau badan menjadi kurang sedap. Anda bisa mengkonsumsi banyak air mineral. Dengan mengkonsumsi air mineral selain mampu menggantikan cairan tubuh juga bisa membantu dalam proses detoksifikasi racun didalam tubuh.

7.) Probiotik
Orang yang memiliki gangguan pencernaan juga bisa memiliki bau badan yang tidak sedap. Cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk menguranginya bisa dengan banyak mengkonsumsi serat. Selain itu mengkonsumsi Yoghurt juga bisa Anda coba karena memiliki kandungan bakteri probiotik. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi produk olahan susu sehingga sebaiknya untuk mengurangi konsumsi susu namun konsumsi Yoghurt dalam batas wajar bisa mencegah dari timbulnya bau badan.

8.) Mencukur Bulu Ketiak
Selain menggunakan bahan-bahan tertentu untuk menghilangkan aroma tak sedap dari badan, Anda juga tentu harus memperhatikan kebersihan dari ketiak dan bagian tubuh lainnya yang perlu dirawat misalnya dengan mencukur bulu ketiak.

9.) Selalu Keringkan Ketiak
Dengan memastikan bagian ketiak tetap dalam keadaan kering maka bakteri tidak akan bersarang pada daerah ketiak. Karena untuk berkembang biak, bakteri membutuhkan embun atau uap. Maka dari itu, dengan selalu menjaga ketiak tetap kering maka ketiak akan jauh dari berbagai bakteri dan juga bau ketiak dapat hilang.

10.) Mandi
Jika Anda sudah melakukan berbagai aktivitas yang cukup menguras tenaga, seperti melakukan pekerjaan berat atau berolahraga. Anda sebaiknya beristirahat dahulu kemudian mandi dengan bersih menggunakan sabun antibakteri. Sehingga keringat hasil olahraga atau pekerjaan Anda bisa terbilas bersama air ketika Anda mandi.

11.) Kurangi Kafein
Anda bisa mengurangi bau badan dengan mengurangi konsumsi kafein. Kafein ini bisa berasal dari kopi, dan jenis minuman berkafein lainnya bisa memicu munculnya bau badan. Sehingga solusi terbaik, Anda sebiaknya lebih memperbanyak minum air putih untuk mengurangi bau keringat menyengat Anda.

Diatas merupakan Cara Alami Menghilangkan Bau Badan, Anda bisa mencoba beberapa cara diatas untuk mengurangi bahkan menghilangkan bau badan yang Anda alami bahkan bisa hilang dengan cepat. Tentu saja dengan menggunakan cara diatas tubuh Anda diharapkan dapat memiliki aroma tubuh yang lebih wangi sehingga Anda mulai percaya diri kembali untuk melakukan berbagai aktivitas.

Jika Anda memiliki bau badan yang tak sedap dan sukar untuk dihilangkan maka mencoba cara diatas mungkin bisa menjadi solusi. Anda bisa mencobanya sesuai dengan kecocokan dengan tubuh dan faktor penyebab bau badan pada tubuh Anda.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Cepat

Semoga artikel berjudul 10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami ini bisa bermanfaat untuk para pembaca situs Harian Sehat. Selain artikel ini, Anda juga bisa menemukan berbagai artikel menarik lainnya seputar tips kesehatan dan gaya hidup sehat harian yang mungkin berguna bagi Anda. Mari jaga kesehatan tubuh dengan membiasakan diri melakukan ola hidup sehat setiap harinya. Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :