17 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Cepat Mengatasi Insomnia Secara Alami, Banyak orang dari mulai anak-anak, remaja dewasa, hingga lansia yang mengalami susah tidur malam atau yang lebih dikenal dengan sebutan insomnia, dari insomnia kronis hingga insomnia yang akut. Jika seseorang mengalami insomnia maka untuk tidur nyenyak dimalam hari merupakan hal yang cukup sulit dilakukan, namun dengan menggunakan tips-tips dan cara tertentu tentu saja insomnia bisa cepat untuk diatasi.

Seperti yang telah diketahui bahwa tidur merupakan rutinitas wajib yang wajib dilakukan setiap harinya agar tubuh bisa beristirahat setelah melakukan berbagai macam aktifitas. Dengan tidur maka esok harinya tubuh bisa kembali lebih segar dan bisa melakukan berbagai rutinitas kembali seperti biasa.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Gambar Ilustrasi

Namun, bagi Anda yang cukup sulit untuk tidur nyenyak atau mengalami insomnia sebaiknya Anda hindari ketergantungan dengan obat tidur karena dalam jangka panjang penggunaan obat-obatan tentu tidak akan baik untuk tubuh Anda. Lebih baik Anda menggunakan cara-cara alami untuk mengatasi insomnia yang Anda alami.

Cara Mengatasi Insomnia

HarianSehat dibawah ini akan memberikan beberapa tips dan cara ampuh agar Anda bisa tidur nyenyak dimalam hari dan tidak mengalami insomnia. Sehingga Anda bisa cepat mengantuk dan tidur lelap. Simak uraiannya dibawah ini!

1. Aktif
Menjadi aktif sepanjang hari merupakan salahsatu cara agar tubuh bisa lebih mudah mengantuk ketika malam hari. Jadi, sebaiknya Anda menghindari diri dari kebiasaan bermalas-malasan sepanjang hari, ketika sepanjang hari Anda bermalas-malasan biasanya pada malam hari tubuh akan lebih bugar dan Anda akan malas untuk tidur.

2. Biarkan Tubuh Terkena Sinar Matahari Pagi
Waktu pagi merupakan waktu yang sangat tepat untuk bangun dari tidur dan mendapatkan sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi dipercaya bisa mengatur jam tubuh, dan mengontrol munculnya hormon tidur diantaranya melatonin yang bermanfaat mengantarkan tubuh untuk tidur pada malam hari.

Maka dari itu bangun pagi secara rutin setiap harinya, sebisa mungkin harus dibiasakan tanpa peduli hari libur atau bukan. Dan mulailah pergi keluar, baik untuk jalan-jalan atau berolahraga pagi, agar tubuh bisa mendapatkan sinar matahari pagi.

3. AC
Agar bisa tertidur lelap beberapa orang menggunakan AC atau kipas angin lalu menggunakan selimut yang tebal dan tidur. Mungkin Anda juga bisa menerapkan cara ini bila Anda mengalami insomnia agar Anda bisa lebih cepat mengantuk. Jangan lupa untuk mengenakan selimut yang tebal.

4. Rileks
Jika Anda ingin cepat tidur dan berisitrihat sebaiknya rileks-kan dulu otak Anda sebelum Anda naik ketempat tidur. Cara merilekskan diri bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya meditasi sehingga otak dan tubuh Anda menjadi lebih rileks. Selain itu, cara lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu degan mandi air hangat yang bertujuan untuk melemaskan otot-otot tubuh Anda sehingga Anda akan lebih cepat merasa mengantuk.

5. Makanan
Sebelum Anda tidur sebaiknya Anda menghindari beberapa makanan yang dapat menggangu waktu tidur Anda. Sebisa mungkin untuk memperhatikan makanan yang akan Anda konsumsi pada sore hingga malam hari. Minuman seperti kopi dan minuman lainnya yang mengandung kafein harus dihindari karena apabila dikonsumsi maka Anda akan lebih sulit untuk tidur. Maka dari itu jangan membiasakan diri untuk mengkonsumsi kafein sebelum Anda tidur.

6. Lampu
Ketika Anda hendak tidur sebisa mungkin untuk membiasakan diri mematikan lampu kamar Anda ketika mengalami insomnia. Cobalah untuk tidur dalam keadaan gelap atau Anda juga bisa menggunakan lampu rmang-remang agar Anda bisa lebih cepat mengantuk.

7. Jaga Kebersihan Seprei
Menurut survey yang telahdilakukan oleh National Sleep Foundation, setidaknya 75% orang menggaku bahwa mereka bisa mendapatkan tidur yang lebih baik dan berkualitas ketika seprei mereka dalam keadaan yang bersih Maka dari itu, dianjurkan untuk mengganti dan mencuci seprei setiap minggu sekali hingga bersih.

Lainnya :

8. Stres
Untuk mengatasi insomnia Anda sebisa mungkin untuk tidak memikirkan berbagai masalah pekerjaan atau berbagai persoalan lainnya. Hindari pikiran yang menyebabkan Anda semakin stres kemudian rileks-kan tubuh dan otak lalu mulai pejamkan mata Anda.

9. Teh
Beberapa minuman seperti halnya teh dipercaya bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Anda bisa mencobanya sehingga Anda bisa lebih cepat mengantuk dan dapat tidur dengan lelap.

10. Mendengarkan Musik
Cara mengatasi insomnia juga bisa dengan mendenarkan musaik. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa irama musik yang menenangkan akan membuat seseorang menjadi lebih mudah untuk tertidur. Dengan mendengarkan musik maka tubuh akan menjadi semakin rieks sehingga proses tidur akan bisa lebih dipercepat.

11. Membaca Buku
Agar tubuh bisa tidur dengan baik maka hindari semua jenis gadget sebelum tidur, seperi ponsel, komputer, tab, ataupun Televisi. Ini dikarenakan cahaya yang dilkeluarkan oleh gadget akan membuat gangguan dan menekan horon tidur. Selain dari pada itu, hal ini bisa menggangu ketika tidur lelap. Alihkan perhatian Anda dengan membaca buku, karena dengan membaca buku biasanya orang akan cepat tertidur dan merasakan segar kembali ketika bangun pada esok harinya.

12. Olahraga 4 Jam Sebelum Tidur
Jangan melakukan olahraga tepat pada saat sebelum Anda tidur karena bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Jika Anda ingin berolahraga sebaiknya dilakukan 3-4 jam sebelum waktu menjalang Anda tidur. Selain itu lakukan olahraga yang ringan saja seperti berlari, bersepeda atau berjalan cepat.

13. Lakukan Yoga
Sebuah penelitian menunjukan bahwa latihan napas dan juga meditasi dari olahraga yoga mampu memberikan pengaruh pada kualitas tidur sehingga menjadikan kualitas tidur seseorang menjadi lebih baik. Namun, sebenarnya olahraga lain juga jika dilakukan dengan porsi yang tepat dan membantu dalam meningkatkan kualitas tidur.

14. Mencoba Berhitung
Menurut studi terbaru yang dilakukan bahwa mmenghitung secara perlahan-lahan atau bisa juga dengan mengurutkan nama-nama tertentu dapat membuat seseorang menjadi lebih cepat tidur.

15. Matikan Alat Elektronik
Untuk mengatasi insomnia, Anda sebaiknya mematikan gadget yang Anda gunakan, lampu dan perangkat elektronik lainnya yang dapat menggangu tidur Anda sehingga Anda bisa menjadi lebih fokus untuk tidur dan lebih hemat listrik juga.

16. Pola Tidur
Cara mengatasi insomnia yang harus dijadikan kebiasaan yaitu dengan mengatur pola tidur. Kesehatan tidur bisa terjaga dengan dilakukannya pola tidur pada jam yang sama setiap harinya. Untuk membantu hal tersebut anda bisa menggunakan bantuan alaram sehingga Anda akan selalu diingatkan ketika jam tidur dan mulai terbangun kembali pada saat bangun tidur seperti biasanya.  Hindari tidur terlalu malam sehingga tubuh bisa lebih segar ketika Anda bangun. Apabila Anda sudah memiliki jadwal jam tidur setiap malamnya Anda akan otomatis merasakan kantuk dan ingin tidur pada jadwal tidur tersebut.

17. Kurangi Kafein
Hindari minum makanan dan minuman yang membuat tubuh jadi sulit untuk tidur, seperti kopi. Terutama pada malam hari. Hal ini dikarenakan kafein akan menginterfensi proses mengantuk dan kafein juga akan mencegah tubuh tidur dalam keadaan nyenyak. Bahkan efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam, maka dari itu sebisa mungkin untuk mengurangi konsumsi kafein. Untuk Alternatifnya Anda bisa meminum susu hangat atau bisa juga teh herbal.

Beberapa Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami diatas bisa Anda coba lakukan sehingga Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan bangun dalam keadaan tubuh yang lebih bugar.

Namun Apabila Anda masih belum bisa mendapatkan tidur yang berkualitas Anda sebaiknya segera menghubungi dokter untuk melakukan terapi sehingga Anda bisa mendapatkan cara yang tepat untuk mengatasi masalah tidur atau insomnia Anda.

Baca juga : Cara Cepat Mengistirahatkan Otak Saat Alami Insomnia

Semoga artikel tentang ‘Cara Cepat Mengatasi Insomnia Secara Alami’ ini bisa bermanfaat untuk para pembaca situs HarianSehat. Anda bisa membaca artikel lainnya juga di situs kesehatan ini atau bisa juga berlangganan artikel gratis melalui email Anda dengan berlangganan berbagai informasi terupdate kami. Jangan lupa untuk selalu membiasakan diri menjaga pola hidup sehat. Jaga kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :