Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami, Penyakit jantung adalah pembunuh nomer satu di Amerika Serikat. Di Indonesia, penyakit ini tidak kalah menakutkannya. Selain itu, biasanya penyakit jantung hadir bersamaan dengan jenis penyakit lainnya, seperti tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas hingga serangan jantung. Meskipun penyakit jantung menyerang pria dan wanita. Resiko penyakit jantung khususnya pada wanita akan meningkat setelah menopause, hal ini tentu saja harus dicegah sejak dini.

Banyak cara untuk mencegah penyakit jantung, misalnya dengan melakukan upaya promotif dan juga preventif. Karena langkah pengenalan dan pencegahan penyakit tentu saja lebih murah jika dibandingkan dengan biaya pengobatan, termasuk penyakit jantung. Bahkan langkah pencegahan bisa dikenalkan sejak dini, salahsatunya dengan mengenalkan akan pentingnya melakukan olahraga sejak usia dini. Misalnya saja dengan olahraga pagi rutin seperti berjalan kaki bersama dengan keluarga.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

Gaya hidup yang cenderung kurang sehat khususnya bagi masyarakat perkotaan membuat kesehatan kurang terkontrol, misalnya banyak masyarakat yang kebanyakan duduk, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan masalah gaya hidup kurang sehat lainnya. Padahal untuk kesehatan tubuh, olahraga setidaknya dlakukan 30 menit per lima hari dalam seminggu, namun seringkali olahraga hanya dilakukan sekali hanya dihari minggu saja.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

Gambar Ilustrasi

Oleh sebab itu, mengurangi risiko penyakit jantung ini adalah satu hal yang sangat bijak. Untuk memulainya, Anda bisa mempraktekkan beberapa cara mencegah penyakit jantung secara alami pada pembahasan kali ini.

1.) Mengkonsumsi sepotong coklat
Percaya atau tidak, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi coklat hitam mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh kandungan flavonoid yang terdapat pada coklat hitam yang mampu menjaga saluran arteri tetap fleksibel. Selain itu, sifat lainnya yang terdapat pada coklat hitam juga dipercaya dapat mencegah kolesterol jahat atau LDL dari oksidasi, bahkan cenderung mencegah munculnya plak. Coklat hitam juga mengandung banyak serat dan magnesium yang baik untuk kesehatan. Namun tetap ingat, Anda harus menghindari susu coklat, karena lemak pada susu mampu meningkatkan kolesterol.

2.) Gunakan vitamin B kompleks
Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss menyatakan bahwa 200 orang pria dan wanita yang mengkonsumsi vitamin B, yaitu asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12 memiliki kadar homosistein lebih rendah 40 persen ketika melakukan operasi membuka arteri dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengkonsumsi vitamin tersebut. Bahkan, penelitian tersebut juga menunjukan bahwa mengkonsumsi vitamin B kompleks mampu membuat pembuluh darah lebih luas.

3.) Hindari sleep apnea
Cara mencegah penyakit jantung secara alami selanjutya adalah dengan menghindari dan menyembuhkan penyakit sleep apnea. Penyakit ini sendiri menyerang ketika Anda tertidur. Biasanya dampaknya adalah muncul suara dengkuran dan cara menyembuhkannya tentu harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

4.) Tidur teratur
Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard menyebutkan bahwa 7.000 wanita yang mengikuti tes untuk tidur kurang dari 7 jam memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi. Para ilmuwan tersebut berspekulasi bahwa faktor yang mempengaruhinya berkenaan dengan peningkatan tekanan darah, peningkatan hormon stres dan pengaruh kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mencegah penyakit jantung secara alami, sudah sepantasnya Anda tidur lebih awal.

5.) Banyak mengkonsumsi ikan
Ada banyak cara mengolah ikan menjadi makanan yang lezat, oleh sebabnya tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak suka ikan. Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2002 oleh Journal American Medical Association menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi ikan setiap minggunya memiliki risiko terkena serangan penyakit jantung lebih kecil atau memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung lebih sedikit dibandingkan Mereka yang mengkonsumsi ikan hanya sebulan sekali. Bahkan, dalam studi lainnya disebutkan bahwa mengkonsumsi ikan secara konsisten dan teratur mampu mengurangi risiko terjadinya detak jantung tak beraturan dan fibrilasi atrium yang menjadi salah satu penyebab kematian secara mendadak.

6.) Konsumsi makanan sereal kaya serat
Cara mencegah penyakit jantung secara alami lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi sereal berserat tinggi minimal empat kali dalam seminggu. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinic Nutrition disebutkan bahwa wanta yang mengkonsumsi makanan berserat sebanyak 23 gram setiap hari memiliki risiko terkena serangan jantung 23 persen lebih kecil dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi 11 gram serat. Sedangkan untuk pria, penelitian menunjukan bahwa diet dengan mengkonsumsi serat yang tinggi mampu mencegah kemungkinan terkena serangan jantung hingga mencapai 36 persen.

7.) Konsumsi teh
Baik itu teh hijau maupun hitam memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian dari 17 studi disebutkan bahwa mengkonsumsi teh sebanyak tiga gelas setiap hari mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga mencapai 11 persen. Namun sebaiknya konsumsi teh dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Biasanya cangkir yang digunakan untuk meminum teh cangkir berukuran sangat kecil.

8.) Konsumsi buah ceri setiap hari
Kandungan senyawa anthocyanin yang terdapat pada ceri merah diteliti mampu menurunkan risiko terkena asam urat dalam darah, yang Kita tahu menjadi penanda munculnya serangan jantung dan stroke.

9.) Konsumsi keluarga kacang-kacangan
Mengkonsumsi kacang dapat Anda jadikan cara mencegah penyakit jantung secara alami yang mudah dan efekif. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa folat yang terkandung pada kacang jika dikonsumsi secara teratur mampu menurunkan risiko terkena stroke sebanyak 20 persen dan risiko penyakit jantung sebanyak 13 persen.

Diatas merupakan Cara Alami Mencegah Penyakit Jantung, Anda sebaiknya mulai membiasakan merubah kebiasaan kurang sehat dengan kebiasaan-kebiasaan sehat mulai sekarang, karena kesehatan sangatlah penting apalagi masalah kesehatan jantung Anda.

Olahraga merupakan salahsatu cara menjaga kesehatan yang cukup sederhana namun sangat bermanfaat bagi tubuh, Anda bisa memulai olahraga dipagi hari dengan berjalan kaki atau berlari-lari kecil. Selain itu jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi makanan yang sehat dan mulai tinggalkan makanan-makanan cepat saji yang kurang sehat bagi tubuh dan jantung Anda.

Baca juga : Kenali Penyebab Utama Penyakit Jantung

Dengan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat setiap harinya, selain dapat mencegah penyakit jantung, Anda juga bisa mencegah munculnya berbagai penyakit lainnya dalam tubuh ditambah lagi tubuh akan lebih sehat dan bugar. Mari mulai peduli kesehatan dan jaga selalu kesehatan Anda. Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :