Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami, Dalam dunia kesehatan, kehilangan nafsu makan adalah hal yang sangat mengkhawatirkan, karena akan menggangu kesehatan tubuh seseorang. Ada banyak penyebab dari tidak adanya nafsu makan, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan dan lain sebagainya. Selain itu, penyakit umum juga bisa menyebabkan kurangnya nafsu makan, misalnya influenza. Untungnya, masalah nafsu makan ini timbul secara minor, sehingga mudah untuk diatasi.

Permasalahan kurangnya nafsu makan ini biasanya terjadi pada pria maupun wanita dari mulai balita, anak-anak usia 1 – 5 tahun hingga orang dewasa termasuk ibu hamil hingga orang tua yang sudah lanjut usia bisa mengalami masalah kurang nafsu makan ini. Namun, beberapa tips dan cara dibawah ini mungkin bisa memperbaiki masalah tersebut sehingga dapat mengingkatkan nafsu makannya menjadi lebih baik.

Bagaimana Cara Menambah Nafsu Makan?

Pada keadaan yang sama, meningkatkan nafsu makan juga dapat menimbulkan risiko kesehatan yang sama seriusnya. Oleh karena itu, penting bagi Kita untuk mengatur pola hidup, agar nafsu makan muncul dengan takaran yang normal, tidak kurang dan tidak lebih. Selain itu, penggunaan obat-obatan kimia untuk meningkatkan nafsu makan juga tidak selalu berhasil.

Cara Menambah Nafsu Makan secara Alami

Gambar Ilustrasi

Satu-satunya hal yang paling efektif yang dapat dijadikan cara menambah nafsu makan adalah dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Kegiatan yang tidak normal terkadang membuat Anda telat makan. Konsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat mengurangi nafsu makan. Termasuk sakit juga bisa membuat nafsu makan berkurang. Oleh sebab itu, beberapa cara menambah nafsu makan di bawah ini akan mengungkapkan bagaimana tahapan dan konsumsi terbaik pada keadaan Anda tersebut.

Cara Alami Menambah Nafsu Makan

Simak beberapa uraian tentang cara menambah nafsu makan dengan menggunakan bahan-bahan dan cara sederhana dan alami :

1.) Jahe
Jahe adalah apotek hidup yang terkenal mampu meningkatkan nafsu makan serta menyembuhkan berbagai macam gangguan pencernaan. Agen aktif zingerone yang terdapat pada jahe mampu menjadi obat mujarab untuk berbagai macam penyakit. Ketika Anda mengalami gangguan pencernaan, maka Anda akan lebih sering mual. Hal tersebut tentunya akan menurunkan secara drastis nafsu makan.

Anda dapat mengkonsumsi jahe dalam keadaan mentah atau dimasukkan ke dalam kari. Anda juga bisa membuat jahe menjadi jamu. Caranya dengan menguliti jahe hingga bersih, setelah itu menumbuknya hingga hancur dan menjadi bubuk.

2.) Latihan
Melakukan beberapa latihan atau olahraga benar-benar mampu membantu Anda meningkatkan nafsu makan. Ketika kalori pada tubuh Anda terbakar oleh latihan, maka secara tidak langsung tubuh menginginkan energi lebih. Ada dua hal yang akan terjadi, nafsu makan Anda akan meningkat atau lemak pada tubuh akan terpakai untuk digunakan menjadi energi.

3.) Air putih
Mengkonsumsi air putih sebanyak 6 hingga 8 gelas setiap hari baik bagi tubuh. Selain itu, mengkonsumsi air satu jam sebelum dan sesudah makan juga dipercaya mampu melarutkan semua sisa-sisa makanan di perut. Sehingga nantinya perut Anda dalam keadaan bersih dan nafsu makan akan meningkat. Namun begitu, tetap tahan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak air sebelum makan, karena efeknya akan berbalik.

Lainnya :

4.) Kayu manis
Cinnamon atau kayu manis dipercaya dapat merangsang rasa lapar pada tubuh Anda. Selain itu, kayu manis juga diteliti dapat menurunkan gula darah di dalam tubuh. Zat aktif yang terdapat pada kayu manis memiliki sifat hydroxychalcone yang dapat meningkatkan produksi insulin, sehingga gula darah menjadi normal.

Kayu manis juga dapat mencegah kondisi mual dan muntah, yang Kita tahu menjadi salah satu penyebab kurangnya nafsu makan. Anda dapat mencampurkan bubuk kayu manis dengan bahan makanan lain, seperti roti dan madu.

5.) Anggur
Anggur memiliki zat asam yang dapat membantu tubuh Anda memproses pencernaan. Oleh sebab itu, buah ungu ini dipercaya dapat merangsang rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan. Bahkan, anggur juga diteliti dapat mengontrol berat badan. Anda dapat mengkonsumsi buah anggur ini diantara waktu makan.

6.) Apel
Cara menambah nafsu makan selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi buah apel. Buah lezat ini ternyata diteliti mampu membantu tubuh memproses pencernaan. Walhasil tubuh Anda akan terasa lapar dengan cepat secara alami. Bahkan, buah apel ini sering digunakan oleh pelaku diet untuk menurunkan berat badan. Buah apel juga mengandung banyak vitamin dan mineral, sehingga mengkonsumsinya dapat membantu tubuh menjaga kesehatan secara keseluruhan.

7.) Hindari makan sendiri
Sebenarnya poin ke tujuh ini lebih kepada faktor psikologi atau kognitif. Ketika Anda makan sendirian, nafsu makan Anda hanya pada keinginan untuk mengenyangkan perut. Berbeda halnya dengan makan bersama, entah itu dengan keluarga maupun kerabat. Akan ada hal lain yang Anda pertaruhkan untuk makan. Akan ada pula ketertarikan untuk menghabiskan makanan, bahkan jika Anda sudah kenyang.

8.) Periksa ke dokter
Cara menambah nafsu makan yang terakhir, yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakannya pada dokter. Nantinya dokter akan meneliti penyebab dari kurangnya nafsu makan Anda. Selain itu, dokter juga biasanya akan memberikan resep obat, misalnya asupan zinc yang diteliti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan produksi testosteron dan meningkatkan nafsu makan. Senyawa mineral ini memang banyak digunakan untuk meningkatkan berat badan.

Diatas merupakan beberapa cara meningkatkan nafsu makan, selain cara diatas tentu saja masih banyak tips dan cara lainnya agar nafsu makan bisa ditingkatkan seperti dengan mengkonsumsi makanan yang mendorong nafsu makan secara alami atau menggunakan cara-cara sederhana tertentu seperti mengganti menu makanan sehat sehingga menjadi lebih bervariasi dan cara-cara lainnya. Meningkatkan nafsu makan dengan cara-cara tertentu seperti yang telah diuraikan diatas bisa lebih cepat atau lambat tergantung reaksi tubuh dan psikologis orang tersebut.

Nah, dengan memilik nafsu makan yang baik diharapkan seseorang akan memiliki tubuh yang sehat dan lebih kuat sehingga dapat melindungi diri dari berbagai masalah kesehatan. Meskipun tentu saja, masalah kesehatan tidak hanya faktor nafsu makan yang baik tetap makanan yang dikonsumsi pun haruslah makanan sehat. Selain itu, olahraga merupakan hal yang harus rutin dilakukan agar tubuh selalu bugar.

Baca juga : 10 Makanan dan Minuman Perusak Gigi

Sekian artikel tentang cara meningkatkan nafsu makan, kesehatan sangat erat kaitannya dengan konsumsi makanan maka dari itu jagalah pola makan Anda agar tetap mengikuti pola makan yang sehat. Semoga bermanfaat untuk para pembaca situs kesehatan harian sehat. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam sehat! Mari peduli kesehatan!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :