Cara Cepat Melangsingkan Tubuh secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Cepat Melangsingkan Tubuh secara Alami, Entah itu wanita maupun pria, tubuh yang langsing dengan berat badan yang ideal merupakan sebuah kebutuhan. Karena dengan begitu, penyakit-penyakit berbahaya dapat dicegah dan penampilan pun akan lebih baik.

Cara Cepat Melangsingkan Tubuh secara Alami

Gambar Ilustrasi

Namun sayangnya, semua itu terkadang hanya mimpi, karena dari dalam diri kita tidak ingin memulai. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membantu Anda untuk memulainya.

Cara Cepat Melangsingkan Tubuh secara Alami

Dengan cara cepat melangsingkan tubuh secara alami, Anda bisa melakukan semuanya mulai dari rumah dan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

1. Olahraga teratur
Olahraga merupakan hal pertama yang harus ada dalam benak Anda bila ingin memiliki tubuh yang langsing. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan murah, mulai dari yang sederhana, seperti berlari dan bersepeda, hingga pergi ke gym ataupun melakukan aktivitas senam aerobik. Semua itu dapat berguna dalam membakar lemak pada setiap bagian tubuh Anda secara natural. Namun begitu, efek dari metode ini baru akan terasa bila Anda melakukannya secara rutin dan dengan jenis latihan yang beragam.

2. Cukup tidur
Cara cepat melangsingkan tubuh secara alami selanjutnya adalah dengan memperhatikan waktu tidur. Tubuh kita merupakan sistem yang kompleks dan kohesif. Bila Anda ingin melangsingkan tubuh, maka tubuh Anda harus seimbang secara keseluruhan.

Menurut penelitian, tidur mempengaruhi jumlah produksi insulin. Semakin berkualitas tidur Anda, maka resistensi insulin akan semakin kecil, walhasil sel-sel lemak akan bisa dikonversi menjadi energi dan nutrisi bagi sel tubuh jauh lebih banyak. Sebaliknya, kebanyakan penderita obesitas maupun diabetes diteliti mengalami penurunan sensitivitas terhadap insulin akibat waktu tidur yang singkat. Baca juga : Manfaat Tidur Malam Cukup

3. Ramuan herbal
Ada banyak jenis ramuan-ramuan herbal nan alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah guna mengurangi berat badan. Obat herbal bisa dibilang lebih aman daripada obat-obatan kimia, dikarenakan dibuat bukan dari senyawa-senyawa yang memiliki komplikasi yang berdampak besar bagi tubuh. Beberapa bahan alami tersebut bisa Anda ketahui pada daftar berikut.

A. Teh kayu manis
Kayu manis diteliti dapat membantu mengelola kadar gula dalam darah. Sedangkan perlu diketahui, gula darah berpengaruh secara langsung pada berat badan, khususnya penggunaan energi dan nafsu makan. Dengan gula darah yang seimbang, nafsu makan akan cenderung lebih stabil, sehingga tubuh akan cenderung menggunakan lemak yang tersimpan sebagai energi.

Untuk penggunaannya bisa dengan mencampurkan 1 sdt bubuk kayu manis dengan 8 ons air mendidih. Diamkan sekitar 15 menit, lalu konsumsi sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

B. Teh hijau dan jahe
Tentunya kita sering mendengar akan khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut bukan sekedar mitos, karena kandungan pada teh hijau memang bermanfaat dalam proses pembakarann lemak. Menurut studi, teh hijau setidaknya memiliki tiga senyawa yang berkontribusi dalam kasus ini, yaitu katekin, kafein, dan theanine.

Kafein berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh, katekin berguna sebagai flavonoid yang juga dapat menurunkan penyerapan lipid melalui jalur usus, sedangkan theanine merupakan asam amino yang dapat mendorong pelepasan dopamin, senyawa yang memberikah efek “bahagia”. Efek tersebut sangat penting, karena salah satu penyebab meningkatnya nafsu makan adalah stres.

Anda bisa menyeduh teh hijau dengan jahe. Tambahkan juga madu alami bila perlu untuk meningkatkan rasanya. Konsumsi ramuan ini 1-2 gelas setiap hari saat perut masih kosong.

Lainnya :

C. Jus lemon dan lada hitam
Lada hitam mengandung senyawa bernama piperin. Menurut studi, piperin dapat mengganggu sel-sel lemak, sehingga kadar lemak dalam aliran darah dapat berkurang. Piperin juga digadang dapat meningkatkan proses penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Sedangkan jus lemon dapat membantu sistem pencernaan. Anda bisa mencampurkan jus lemon dengan air, lalu taburi bubuk lada hitam. Konsumsi satu kali sehari setelah makan.

D. Ginseng
Ginseng bisa meningkatkan atau mempercepat metabolisme tubuh, sehingga energi tubuh dapat terus stabil, bahkan kelelahan dapat dilawan. Khasiat dari ginseng ini bermanfaat sekali bagi Anda yang ingin memiliki tubuh langsing. Ketika Anda berolahraga, ginseng akan membantu Anda tetap semangat dan berenergi. Dengannya Anda bisa berolahraga dengan konsisten, terlebih bila berat badan sudah sangat berlebih. Biasanya ginseng diolah dengan air tawar, madu, dan lemon. Ginseng yang dipakai bisa dari jenis ginseng Amerika maupun Korea (panax).

E. Yogurt dan madu
Yogurt terkenal akan kandungan probiotiknya yang tinggi. Dengannya pencernaan Anda akan berjalan dengan baik. Pengoptimalan sistem usus saat mencerna dapat membantu mengurai atau memecah zat-zat, termasuk lemak jauh lebih baik. Anda bisa coba mencampurkan secangkir yogurt dengan 1 sdm madu mentah organik. Konsumsi sebagai sarapan ataupun camilan. Namun ingat, yogurt hendaknya tidak menggunakan banyak gula. Bahkan pilihan terbaik adalah yogurt polos. Baca juga : Manfaat Madu

4. Minum cukup air
Ada mitos yang mengatakan bahwa konsumsi air dingin dapat menurunkan berat badan karena memicu tubuh untuk menghangat, sehingga lemak terbakar. Mitos ini mungkin benar, namun pengaruhnya kecil sekali.

Meski begitu, tetap terhidrasi merupakan modal penting bila Anda ingin menurunkan berat badan. Dengan konsumsi air cukup, racun dan limbah pada tubuh akan terbuang, sehingga seluruh sistem dalam tubuh, khususnya sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik, termasuk dalam kasus ini mengolah dan menyerap nutrisi pada makanan, sekaligus membakar lemak. Konsumsi air juga bisa mengurangi nafsu makan. Baca juga : Manfaat Minum Air Putih

5. Mengunyah permen karet
Mungkin ini terlihat aneh. Namun studi membuktikan bahwa dengan mengunyah permen karet kita bisa mengelabui otak. Ketika permen karet dikunyah tanpa ditelan, kita akan merasakan kenyang, sehingga nafsu makan berkurang. Gerakan mengunyah yang terus-menerus juga sedikit banyak membantu proses pembakaran lemak. Bahkan lebih daripada itu, mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur, yang dengannya muncul enzim untuk membantu memecah pati dan lemak.

6. Mengurangi stres
Stres mempengaruhi metabolisme tubuh secara keseluruhan. Menurut penelitian, ketika mengalami stres tubuh memproduki kortisol, hormon steroid yang dapat mempengaruhi tingkat gula darah, yang dengannya timbunan lemak akan jauh lebih banyak.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda yang ingin memiliki tubuh langsing untuk menjaga agar terhindar dari yang namanya stres. Di antaranya seperti yang sudah disebutkan pada poin-poin sebelumnya, seperti menjaga pola tidur dan rutin berolahraga. Melakukan hobi yang menyenangkan, misalnya memasak ataupun beristrirahat dengan mengambil liburan di sela-sela pekerjaan juga bisa sangat membantu.

Baca juga : Cara Memutihkan Kulit Wajah

Cara cepat melangsingkan tubuh secara alami di atas dapat berhasil pada diri bila diterapkan dengan sebaik-baiknya. Cara diatas harus dilakukan dengan konsisten, sehingga hasilnya benar-benar terasa. Selain itu, penting bagi Anda untuk menghindari segala hal yang dapat merusak program Anda ini. Misalnya saja menghindari makan makanan berlemak, malas berolahraga, banyak begadang, dan lain sebagainya. Bila semua itu Anda lakukan dengan baik, bukan saja langsing yang Anda dapatkan, namun juga tubuh yang sehat secara keseluruhan.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :