Cara Efektif Agar Rambut Cepat Panjang Dan Sehat

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Efektif Agar Rambut Cepat Panjang dan Sehat, Memiliki rambut yang hitam, panjang, halus, tebal dan sehat tentunya adalah keinginan banyak wanita saat ini. Bahkan tak hanya wanita, pria yang baru memangkas rambutnya banyak juga yang menginginkan rambutnya cepat panjang dan tebal. Namun begitu, sebagian dari Kita terkadang kesulitan untuk mendapatkan rambut yang panjang tersebut. Padahal, dalam ilmu sains disebutkan bahwa rata-rata manusia memiliki satu juta folikel rambut, dimana masing-masing folikel melahirkan 20 rambut seumur hidupnya.

Cara Efektif Supaya Rambut Cepat Panjang

Pertumbuhan rambut sendiri melalui banyak tahap, namun pada umumnya terbagi menjadi tiga tahap, yaitu fase anagen, fase catagen dan fase telogen. Sekitar 90 persen dari rambut di kepala Kita selalu dalam fase pertumbuhan atau anagen, yang mana berlangsung sekitar 5 tahun. Selanjutnya rambut akan beralih ke dalam fase catagen, dimana folikel rambut menyusut sekitar 1 persen dari helai rambut. Waktu fase catagen diteliti berlangsung selama satu bulan. Fase yang terakhir adalah telogen, dimana rambut mulai rontok dan hal ini terjadi sekitar 10 hingga 15 persen pada setiap helai rambut. Fase telogen berlangsung selama lebih dari 5 bulan.

Cara Efektif Agar Rambut Cepat Panjang Dan Sehat

Gambar Ilustrasi

Melihat begitu panjangnya fase rambut yang ada di kepala Kita, tentunya hal tersebut menyiratkan bahwa rambut membutuhkan nutrisi yang cukup untuk dapat bertahan. Selain itu, hal tersebut juga membuktikan bahwa pertumbuhan rambut disebabkan oleh banyaknya faktor lain, misalnya saja faktor genetika, diet, penyakit, stres hingga produk kosmetik yang digunakan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memiliki rambut yang panjang, ada banyak hal yang harus Anda lakukan dan beberapa diantaranya dapat Anda ketahui pada pembahasan mengenai cara ampuh yang efektif agar rambut cepat panjang berikut ini.

Cara Agar Rambut Cepat Panjang Dan Sehat Alami

Meskipun sekarang ini telah banyak cara cepat diberbagai tempat perawatan rambut namun beberapa cara alami dibawah ini bisa dicoba untuk mempercepat pertumbuhan rambut Anda dengan cara yang mudah dan alami. Simak uraian lengkapnya dibawah ini :

1.) Makanan
Diet sehat memainkan peran yang penting untuk pertumbuhan rambut yang alami. Diet yang seimbang mampu membuat kulit kepala serta rambut menjadi sehat dan lebat. Ada beberapa makanan yang harus Anda konsumsi jika ingin mendapati rambut tumbuh dengan cepat, diantaranya adalah menyiapkan buah-buahan dan sayur yang segar.

Kita tahu bahwa buah dan sayur mengandung banyak nutrisi baik dan sebagian besar diantaranya memiliki peran penting untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, seperti zinc, zat besi dan vitamin B12. Selain itu, Anda juga harus mulai melakukan diet dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti susu, keju, kedelai dan ikan. Protein disini akan membantu keratin rambut yang diteliti ternyata terbentuk juga dari protein.

2.) Minum
Rambut terbentuk 95 persen dari protein dan sisanya dari air. Oleh sebab itu, selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, Anda juga harus menjaga rambut dan kulit kepala terhidrasi dengan air. Usahakan mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap hari untuk mendapatkan rambut yang cepat pertumbuhannya dan terhindar dari dehidrasi.

3.) Olahraga
Cara efektif agar rambut cepat panjang selanjutnya adalah dengan rajin berolahraga. Anda dapat melakukan banyak olahraga untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah serta membantu nutrisi menembus ke dalam kulit kepala. Diantara olahraga tersebut adalah jogging, yoga, jalan santai, menari dan bersepeda. Lakukan latihan tersebut selama 20 menit saja.

4.) Tidur yang teratur
Kurang tidur diteliti dapat menjadi penyebab mudah rontoknya rambut. Oleh sebab itu, cobalah untuk berusaha tidur lebih awal dan bangun pula lebih awal. Berikan tenggang waktu selama 8 jam untuk tidur saat malam. Jangan lupa untuk menggunakan bantal yang tidak membuat rambut rusak, misalnya saja menggunakan bantal dari bahan sutra atau kain lembut lainnya.

5.) Pangkas secara teratur
Jika rambut dalam keadaan rusak dan kering, maka akan lebih sulit untuk tumbuh dengan cepat. Oleh sebab itu, untuk mengakalinya, lakukanlah pemangkasan rambut secara rutin, minimal 3 bulan sekali.

6.) Cuci rambut secara teratur
Mencuci rambut secara teratur dapat membuat keadaan rambut tetap bersih dan sehat. Secara tidak langsung nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut untuk tumbuh lebih cepat dapat digunakan secara efektif. Anda dapat melakukan keramas secara teratur, sekitar 2 kali dalam seminggu. Jika Anda memiliki kegiatan yang berat, sehingga rambut mudah kotor, Anda dapat menambah porsi keramasnya.

7.) Jangan Menggunakan Air Hangat
Air hangat dipercaya dapat membuka pori-pori pada bagian kulit kepala dan bisa mengakibatkan kerontokan pada rambut. Maka dari itu keramas dengan menggunakan air hangat tidak disarankan karena dipercaya bisa merusak kesehatan rambut.

8.) Konsumsi Protein
Pertumbuhan rambut dibantu dengan adanya asam amino yang dihasilkan dari protein. Asam amino akan menghasilkan keratin yang mana keratin merupakan sebagian besar dari rambut. Maka dari itu protein sangat penting untuk dikonsumsi karena dengan adanya asupan protein maka pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat, tidak kusam dan menjadi lebih bersinar.

9.) Menjaga Kulit Kepala
Kulit kepala yang kering dapat menghambat terjadinya pertumbuhan rambut. Karena biasanya kulit kepala yang kering ini disebabkan karena adanya ketombe pada kulit kepala. Sehingga menjaga kulit kepala agar tidak kering adalah salahsatu hal yang penting dilakukan agar rambut dapat tumbuh dengan lebih cepat.

Sembilan cara efektif agar rambut cepat panjang di atas merupakan beberapa faktor yang dapat mendukung pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Namun, jika rambut Anda benar-benar sulit untuk tumbuh, terlebih jika terjadi kerontokan berlebihan, sudah sehrusnya Anda berkonsultasi ke dokter ahli untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.

Mempercepat pertumbuhan rambut agar cepat panjang tentunya membutuhkan waktu bukan satu sampai dua hari saja, setidaknya pertumbuhan rambut dapat terlihat dalam waktu satu minggu hingga satu bulan, dengan menerapkan cara diatas pertumbuhan rambut bisa lebih dipercepat. Selanjutnya gaya hidup sehat seperti pola makan harus diperhatikan misalnya asupan gizi selain dari protein seperti vitamin B, C, zat besi dan juga zinc.

Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami

Selain itu jika Anda sering melakukan berbagai aktivitas diluar ruangan sebaiknya Anda melindungi rambut Anda dari berbagai hal yang dapat menggangu kesehatan rambut Anda seperti debu dan sinar matahari. Anda bisa menggunakan topi untuk melindungi rambut Anda ketika berakitivitas diluar rumah. Rambut yang terkena sinar matahari berlebihan bisanya menjadikan rambut kurang sehat dan memicu terjadinya pertumbuhan ketombe pada rambut Anda.


Lihat Juga :
Updated :