5+ Cara Cepat Mengobati Mata Bintitan dengan Bahan Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Cepat Mengobati Mata Bintitan dengan Bahan Alami, Menghilangkan bintitan secara cepat tentu merupakan hal yang sangat diinginkan oleh orang yang terkena bintitan. Namun mari ulas dulu sedikit tentang penyakit yang menyerang kelopak mata ini. Apabila seseorang terkena Bintitan sering dikaitkan dengan mitos bahwa orang tersebut mengintip orang lain yang sedang mandi. Kepercayaan ini terjadi karena mungkin saja pada waktu dulu, orang mengintip pada dibalik ‘bilik’ atau tempat yang kotor sehingga bakteri masuk kemata dan menyebabkan bintitan. Namun menurun penjelasan secara ilmiah penyebab mata bintit bukanlah karena mengintip tapi ada bakteri yang mengganggu pada bagian mata. Simak artikelnya dibawah ini.

Cara Alami Mengobati Mata Bintitan

Bintit didalam dunia medis disebut juga dengan hordeolum. Munculnya hordeolum ini disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi pada kelopak mata, baik bagian kelopak mata atas atau kelopak mata bawah. Penyebabnya yakni bakteri staphylococcus aureus, bakteri ini tidak berbahaya dan hidup dengan normal. Akan tetapi jika bakteri itu terjebak didalam kantung air mata atau saluran air mata yang sedang mengalami sakit, maka akan menimbulkan infeksi layaknya jerawat. Bintitan dapat menular kepada orang lain melalui tangan, jadi biasakan selalu mencuci tangan agar tangan tetap dalam keadaan bersih.

Cara Cepat Mengobati Mata Bintitan

Gambar Ilustrasi

Pada umumnya bila seseorang terkena bintitan pada matanya, Orang tersebut akan merasakan nyeri pada daerah bagian mata, selain itu apabila bintit pada mata tersebut kemudian mengalami pembengkakan bisa menyebabkan sakit pada kepala juga, dan masih berhubungan dengan rasa nyeri pada daerah mata (baca: penglihatan). Bahkan keadaanya bisa menjadi lebih serius lagi atau lebih dikenal sebagai blepharitis. Selain itu bintitan juga mengganggu rasa percaya diri seseorang.

Cara Menyembuhkan Mata Bintitan dengan Cepat dan Alami

Namun, Anda bisa mencoba beberapa cara cepat mengobati bintitan dengan menggunakan bahan alami sehingga bintit pada mata Anda cepat hilang. Dibawah ini uraian lengkapnya!

1.) Menggunakan Air Hangat
Anda bisa menggunakan air hangat untuk mengobati bintitan. Kehangatan airnya lebih dari hangat kuku. Caranya cukup mudah, sediakan wadah untuk air hangat, kemudian gunakan handuk sebagai media untuk mengkompress bagian mata yang bintitan. Pastikan untuk menggunakan handuk yang bersih. Ada juga yang menambahkan garam pada air hangat dan menggunakannya sebagai kompressan pada bagian mata yang terkena bintitan. Air hangat berfungsi untuk merilekskan kelopak mata. Gunakan cara ini 3-4 kali sehari secara rutin biasanya dalam 3 hari bintitan akan mereda.

2.) Menggunakan Bawang Putih
Selain menggunakan air hangat, Anda juga bisa menggunakan air putih untuk menghilangkan bintitan. Caranya, haluskan bawang putih sampai halus, kemudian oleskan pada bagian yang terkena bintitan. Hati-hati saat mengoleskan, jangan sampai terkena mata karena bawang putih jika terkena mata akan terasa perih. Penggunaan bawang putih ini berfungsi untuk mencegah terjadinya adanya peradangan lebih lanjut.

3.) Mengobati Bintitan dengan daun sirih
Daun sirih dipercaya sebagai tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat alami karena mengandung beberapa sifat anti-bakteri. Daun sirih bisa digunakan untuk mengatasi bintitan pada kelopak mata, yaitu dengan cara menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan kelopak mata yang terkena bintitan.

4.) Menggunakan Teh Celup
Bahan alami untuk mengobati bintitan lainnya yaitu dengan menggunakan teh celup, cara menggunakannya yaitu dengan menggunakan satu kantong teh celup yang telah digunakan untuk menyeduh teh. Kantong teh celup tersebut selanjutnya bisa digunakan untuk mengatasi mata bintitan, Caranya yaitu dengan menggunakan teh celup tersebut untuk meng-kompres bagian kelopak mata, cara ini bisa meredakan rasa sakit pada bintitan. Pastikan teh celup yang digunakan masih bersih.

Pengobatan Cara Lainnya :

5.) Menggunakan Obat Tetes Mata
Meskipun Obat Tetes Mata bukan merupakan cara yang alami, namun bisa menjadi alternatif tambahan selain menggunakan cara alami untuk meredakan bintitan. Anda bisa menggunakan obat tetes mata, caranya Anda bisa menggunakan beberapa tetes obat pada mata Anda atau sesuai anjuran dokter.

6.) Menggunakan Salep
Jika bintitan terasa cukup menggangu, anda bisa mengunjungi dokter atau tempat pelayanan kesehatan terdekat. Biasanya, dokter akan memberikan resep salep yang digunakan untuk mengobati mata bintitan. Setelah diberikan salep oleh dokter, silahkan gunakan sesuai dengan anjurannya.

Diatas merupakan cara menyembuhkan mata bintitan dengan menggunakan bahan alami dan juga obat tetes mata. Bintit ini pada umumnya terjadi bagian luar kelopak mata, dan memiliki bentuk yang kecil. Apabila sembuh, bintit biasanya hilang tanpa menyisakan bekas pada kelopak mata. Namun ada juga bintit dalam kondisi lain, yakni dibawah kelopak mata dan bisa saja mengeluarkan nanah, apabila kondisinya serius lebih baik untuk mendapatkan bantuan dokter.

Cara Cepat dan Alami Mengobati Mata Bintitan

Untuk Orang yang tekena bintitan lebih baik tidak sering keluar rumah dulu, dikhawatirkan terkena polusi seperti debu, kemudian secara tidak sadar mengucek-ngucek bagian mata. Hal ini bisa membuat bintit menjadi lebih parah. Seperti yang telah diketahui bahwa bintit diakibatkan oleh infeksi. Jadi intinya mata bintit karena suka ngintip tidak benar, karena bintit dapat terjadi akbiat adanya infeksi yang berasal dari bakteri staphylococcus aureus.

Baca juga : 8 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

Semoga artikel kesehatan tentang Cara Cepat Mengobati Mata Bintitan dengan Bahan Alami bermanfaat, untuk langkah pencegahan agar tidak terjadi infeksi berulang rajin-rajinlah untuk mencuci tangan dengan sabun sampai bersih dan usahan untuk tidak menggosok-gosok mata menggunakan tangan. Cepat Sembuh, dan Salam Sehat!

Info :

    tips bintitan cepat sembuh, cara mengempiskan bintitan pada mata, cara menghilang kan mata bintitan yg mau jadi, cara menghilangkan mata bintitan, cara mengobati mata bintilan, cara mengobati mata bintitan, cara menyembuhkan cindil di mata, nyembuhin mata bintilan didalam kelopak mata dengan cepat dan mudah

Lihat Juga :
Updated :