Cara Cepat Mengistirahatkan Otak Saat Alami Insomnia

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Cepat Mengistirahatkan Otak Saat Alami Insomnia, insomnia merupakan salahsatu masalah kesehatan terkait dengan tidur. Banyak sekali yang menjadi penyebab seseorang terkena insomnia, masalah tersebut salahsatunya adalah otak yang masih aktif pada waktu yang seharusnya otak sudah dalam keadaan tenang dan beristirahat. Hal seperti ini bisa saja terjadi salahsatunya disebabkan karena aktivitas kerja pada malam hari ataupun bekerja lembur hingga waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur malah digunakan untuk bekerja lembur.

Cara Cepat Tidur dan Mengistirahatkan Otak Saat Alami Insomnia

Selain daripada itu, berbagai permasalahan yang sedang dihadapi dan selalu dipikirkan dan menyebabkan stress juga bisa menjadikan otak terus dalam keadaan yang aktif pada waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk tidur. Walaupun tubuh mengalami kelelahan dan tubuh berisitirahat namun apabila otak masih adalam keadaan yang aktif maka akan membuat Anda selalu dalam keadaan terjaga dan akan sulit untuk terlelap.

Cara Cepat Mengistirahatkan Otak Saat Alami Insomnia

Gambar Ilustrasi

Meskipun begitu, Anda tak usah khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk otak Anda dapat beristirahat juga ketika Anda tidur sehingga dengan otak yang tenang Anda juga dapat beristirahat dengan baik dan bisa mendapatkan manfaat tidur malam dengan optimal. Anda bisa mengikuti beberapa tips atau cara dibawah ini seperti yang dilansir dari Huffington Post.

1.) Berikan Jeda Waktu Antara Waktu Kerja dan Waktu Tidur
Salahsatu yang menjadi penyebab seseorang agak susah untuk mendapatkan istirahat yang optimal biasanya dikarenakan waktu antara kerja dengan waktu untuk berisitrihat terlalu dekat sehingga ketika tubuh akan mulai tidur dan berisitrahat maka otak masih dalam keadaan aktif. Hal ini karena otak berbeda dengan lampu yang bisa dihidupkan dan dimatikan dalam waktu sekejap. Otak akan bisa berisitirahat ketika sudah merasa tenang dan untuk merasa tenang, otak perlu jeda waktu sehingga jika otak sudah tenang maka Anda bisa berisitrahat dengan optimal.

Maka dari itu, Anda sebaiknya memberikan rentang waktu antara kerja dengan waktu tidur Anda. Setelah hal tersebut dilakukan setidaknya dengan jeda waktu satu jam sebelum Anda tidur dan Anda telah menyelesaikan semua aktivitas kerja Anda kemudian tubuh dan otak Anda bisa beristirahat dengan baik. Selain itu jangan lupa untuk mematikan berbagai alat elektronik yang bisa mengganggu waktu istirahat Anda, misalnya TV, komputer, tablet, radio, atau hp Anda. Kemudian redupkan atau matikan lampu kamar yang Anda gunakan untuk berisitrahat lalu biarkan pikiran dan otak Anda tenang dan berisitrahat.

Lainnya :

2.) Bangun Dari Tempat Tidur
Anda sebaiknya jangan membiasakan diri untuk memikirkan berbagai masalah pekerjaan dan berbagai hal lainnya ketika berada di tempat tidur. Membiasakan diri berapa di tempat didur dengan otak Anda yang masih aktif akan memberikan persepsi bahwa tempat tidur merupakan tempat untuk berpikir dan bangun.

Maka dari itu, ketika Anda merasa otak Anda masih sangat aktif sebaiknya Anda bangun dari tempat tidur kemudian cobalah untuk berpindah menuju ruangan lain yang lebih tenang. Kemudian lampu ruangan tersebut diredupkan dan cobalah untuk melakukan hal-hal yang bisa menjadikan pikiran Anda menjadi tenang, misalnya mendengarkan musik instrumental yang menenangkan otak atau melakukan meditasi. Mencoba untuk bangun dari tempat tidur Anda akan mengentikan berbagai pikiran yang mengacaukan otak Anda. Cara ini dipercaya merupakan salahsatu cara yang efektif untuk membuat otak menjadi lebih tenag dan siap untuk berisitarahat dan tidur.

3.) Fokus Pada Gambaran Mental
Entah Anda percaya ataupun tidak bahwa salahsatu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh dan otak Anda supaya bisa beristirahat dan mengantuk adalah dengan cara menghitung domba, terutama pada kasus insomnia yang dikarenakan oleh otak yang terlalu aktif berifikir. Cobalah utnuk memfokuskan dan membayangkan gambaran benda yang akan Anda hitung. Lalu ANda bisa memulai untuk berhitung dan kemudian Anda lakukan penghitungan dengan cara mengulang-ulang nama dari benda tersebut. Cara ini akan membuat otak menjadi kehilangan fokus dan akan menjadi mudah terlelap.

4.) Menghilangkan Kekhawatiran
Banyaknya masalah yang dihadapi oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari mejadikan otak menjadi semakin aktif pada saak akan tidur bahkan ketika akan tidur. Biasanya hal seperti ini dikarenakan adanya kecemasan dan kekhawatiran tentang sesuatu. Meskipun begitu, Anda sebisa mungkin untuk membedakan kecemasan yang sifatnya produktid dan tidak produktif. Maka dari itu, Anda bisa untuk mencoba membuat sebuah daftar tentang daftar tentang hal yang Anda cemaskan dan menggangu fikiran Anda. Anda sebaiknya jangan tidur dengan keadaan cemas yang bercampur Aduk sehingga akan membuat Anda semakin sulit terlelap dan tidak bisa tidur dengan optimal.

Anda harus bisa membedakan anatara kecemasan yang sifatnya produktif dengan yang tidak produktif. Kemudian tulislah kecemasan produktif dengan solusi dari masalah-masalah tersebut. Dan untuk kecemasan yang tidak produktid sebaiknya dihilangkan sehingga pikiran Anda tidak akan terasa terbebani ketika Anda sedang tidur.

Diatas merupakan Cara Mengistirahatkan otak Saat Anda mengalami Insomnia, Anda harus bisa mengistirahatkan otak Anda ketika mengalami insomnia. Otak Anda akan terus bekerja memikirkan berbagai macam hal jika Anda tidak mengistirahatkan otak Anda terelbih dahulu. Maka dari itu berusahalah untuk menghilangkan sementara berbagai pikiran yang bisa menggangu waktu istirahat Anda.

Baca juga :  Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Semoga artikel berjudul ‘Cara Mengistirahatkan Otak Saat Alami Insomnia’ bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang kesehatan terutama dalam menjaga kualitas tidur Anda sehari-hari. Anda juga bisa membaca artikel kesehatan lainnya di situs kesehatan HarianSehat.Com yang menyediakan informasi kesehatan dan gaya hidup sehat.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :