Cara Alami Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

ADVERTISEMENT

HarianSehat.ComMenghilangkan racun yang berada dalam tubuh merupakan hal yang harus dilakukan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Keberadaan racun yang ada didalam tubuh bisa menjadi berbagai pemicu munculnya berbagi penyakit dan juga bahaya lainnya. Meskipun begitu beberapa cara alami bisa dilakukan agar racun didalam tubuh bisa dikeluarkan dalam tubuh.

Cara Mengeluarkan Racun dalam Tubuh Secara Alami

Makanan, air dan udara bisa menjadi media penyebaran racun kedalam tubuh. Jadi Anda harus berhati-hati dengan media penyebaran racun tersebut. Karena apabila racun dibiarkan menumpuk dalam tubuh, maka kekebalan tubuh seseorang bisa melemah dan mudah terserang berbagai penyakit, maka dari itu sangat penting untuk mendetoksifikasi tubuh agar racun yang ada dalam tubuh bisa keluar.

Cara Menghilangkan Racun Dari Dalam Tubuh

Gambar Ilustrasi Lemon

Dibawah ini merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu tubuh mengeluarkan racun yang menumpuk dengan cara alami, seperti yang dilansir dari Lifemojo, Boldsky dan beberapa sumber lainnya :

1. Lemon Hangat dan Madu
Salahsatu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan racun yang berada didalam tubuh yakni dengan minum air hangat dan dicampur dengan lemon dan madu setiap pagi. Cara pembuatannya sangat mudah, pertama sediakan segelas air hangat, kemudian tambahkan satu sendok madu dan masukan juga beberapa tetes lemon kedalam gelas tersebut. Campurkan kedua bahan tersebut dan konsumsi setiap pagi sebelum Anda mengkonsumsi jenis makanan lainnya.

2. Jus Lidah Buaya
Seperti yang diketahui bahwa lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat. Lidah buaya tidak hanya bagus untuk membuat rambut tumbuh menjadi subur, namun bisa juga untuk mengeluarkan racun yang berada didalam tubuh. Kandungan antioksidan yang ada pada lidah buaya mampu membantu menghilangkan berbagai zat kimia yang bisa racun bagi tubuh.

3. Jus Bawang Putih
Mungkin banyak orang yang kurang suka dengan aroma dari bawang putih. Apalagi jika diolah menjadi jus. Padahal minuman dari jus bawang putih ini memiliki banyak kandungan antioksidan dan juga zat anti-mikroba yang cukup bagus untuk membersihkan berbagai zat beracun yang ada didalam tubuh. Selain itu jus bawang putih juga bisa membuat pencernaan menjadi lancar dan meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Makanan Berserat
Agar racun yang berada didalam tubuh bisa dikeluarkan secara alami, konsumsilah makanan-makanan berserat. Makanan yang memiliki serat akan membantu membersihkan sistem pencernaan dan menghilangkan berbagai zat kimia yang berbahaya dan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang memiliki serat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya. Makanan yang berserat tinggi bisa ditemukan dalam sayuran hijau, gandum, buah, dan juga nasi. Namun perlu di ingat konsumsilah secara wajar.

5. Teh Herbal
Beberapa teh herbal seperti teh hijau, teh itam, teh kayu manis dan jenis teh herbal lainnya memiliki manfaat sebagai pembersih racun yang ada didalam tubuh. Teh herbal mampu membersihkan racun yang berada dalam tubuh secara efektif.

6. Air Kelapa Hijau
Air kelapa hijau memiliki manfaat untuk membersihkan saluran pencernaan, selain itu bisa melawan bakteri, kuman dan virus. Meminum air kelapa dengan teratur juga bisa membuat daya tahan tubuh lebih meningkat dan bisa mencukupi asupan cairan dalam tubuh.

7. Minum Jus Buah
Jus buah organik memiliki kandungan glikemik yang cukup rendah. Namun, lebih baik lagi apabila jus buah dicampur dengan sayuran organik lain. Kemudian Anda bisa mengkonsumsi jus tersebut selama seminggu.

8. Konsumsi Buah, sayuran dan Serat
Makanan yang memiliki cukup tinggi serat cukup baik untuk membantu mengeluarkan racun yang berada didalam tubuh. Hal ini juga cukup berpengaruh pada peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, buah dan sayuran seperti, berry, anggur merah, bayam dan wortel memiliki antioksidan yang dapat melawan dari radikal bebas dan peradangan sehingga bisa melindungi sistem kekebalan dan bagian sel-sel dalam tubuh.

9. Tingkatkan asupan makanan rempah-rempah
Beberapa jenis rempah-rempah alami memiliki serat yang tinggi dan bisa membantu tubuh mengeluarkan racun. Selain itu bermanfaat juga untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan energik. Rempah alami yang telah diketahui manfaatnya diantaranya bawang putih yang berfungsi untuk menginkatkan fagositosis yakni kemampuan sel darah putih sebagai pelawan infeksi dari bakteri dan racun.

Contoh jenis rempah lainnya yaitu jahe. Jahe diketahui dapat membantu pencernaan, merangsang stimulasi darah dan membuka pori-pori. Selain itu, cabai juga merupakan salasahatu rempah yang bisa meningkatkan sirkulasi seluruh tubuh.

10. Cukup Istirahat
Istirahat atau tidur merupakan waktu yang sangat penting bagi tubuh agar tubuh tidak mengalami kelelahan. Gaya hidup yang kurang baik akan menjadikan sel-sel dalam tubuh menjadi rentan terserang penyakit. Maka dari itu istirahat secara cukup menjadi hal yang enting agar stamina dan energi dapat pulih kembali setelah melakukan berbagai aktivitas.

11. Rutin Berolahraga
Tak hanya istirahat, tubuh juga perlu dilatih dengan melakukan olahraga yang rutin setiap minggunya. Ada banyak manfaat dari olahraga yang dilakukan secara rutin salahsatunya untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalu keringat yang keluar.

12. Hindari Alkoh0l, rokok dan kafein
Tiga hal diatas bisa membuat organ internal diantaranya organ hati dan organ ginjal dalam jangka panjang. Apabila organ-organ tersebut terjadi kerusakan maka kemampuan fungsi tubuh untuk mengeluarkan racun yang mengendap didalam juga bisa berkurang. Selain daripada itu rokok juga diketahui memiliki banyak racun yang berbahaya bagi tubuh.

13. Minum Air Putih dengan Cukup
Tanpa adanya asupan air yang cukup organ ginjal tidak mampu bekerja dengan normal. Ginjal memiliki fungsi untuk menghilangkan sisa-sisa dari hasil metabolisme tubuh seperti, asam laktat, asam urat, dan urea. Apabila tubuh tidak mendapatkan air yang cukup, maka ginjal tidak mampu untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme dan juga racun yang ada didalam tubuh.

14. Minimalkan asupan kalori tinggi dan makanan olahan
Sebagian besar makanan yang mengandung kalori yang tinggi sulit untuk diproses oleh pencernaan tubuh, selain itu tidak memiliki kandungan serat yang fungsinya untuk membersihka saluran cerna dan dinding bagian usus, sehingga keberadaan racun yang ada didalam tubuh bisa dikeluarkan.

15. Kurangi Asupan Daging
Makanan berbahan dasar daging memang memiliki rasa yang cukup enak, akan tetapi makanan ini ternyata bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi proses pencernaan didalam tubuh. Diantaranya sulit dicerna hal ini disebabkan kandungan enzim yang membuatnya bertahan lebih lama didalam tubuh sehingga proses pencernaan menjadi terhalang oleh len-dir.

16. Lindungi Tubuh dari Radikal Bebas
Sebagian dari radikal bebas bisa terbentuk dari proses metabolisme alami yang berada didalam tubuh. Akan tetapi sebagian lainnya terbentuk dari berbagai penyebab-penyebab lainnya dari faktor luar, seperti polusi yang berada dari lingkungan, kurangnya olahraga dan juga kebiasaan hidup yang kurang sehat.

Antioksidan akan mencegah terjadinya pembentukan lebih lanjut dari munculnya radikal bebas degan memberikan elektron yang berfungsi untuk menstabilisasi radikal bebas. Antioksidan yang lebih efektif bisa didapatkan dari makanan yang alami.

Antioksidan bisa didapatkan dari lima porsi buah dan sayur setiap harinya. Atau bisa juga mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral yang bisa membantu juga untuk menghancurkan dan mengeluarkan berbagai unsur kimia yang beracun dari dalam tubuh.

Baca juga : Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

Diatas merupakan cara mengeluarkan racun dalam tubuh dengan cara alami. Gaya hidup sehat menjadi hal penting dan wajib dilakukan agar racun yang disebabkan oleh konsumsi makanan-makanan rendah gizi yang mengandung bahan kimia tambahan tidak menumpuk dalam tubuh. Biasakan diri untuk hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Konsumsi makanan sehat yang beradal dari buah-buahan dan sayuran. Sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang bisa merugikan kesehatan tubuh.

Makanan seperti buah-buahan, sayuran dan makanan lainnya seperti beras merah dan roti gandum memiliki kadar serat dan karbohidrat yang cukup tinggi dan mudah dicerna oleh pencernaan dibandingkan dengan protein dan juga lemak.


Lihat Juga :
Updated :