Cara Alami Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Seperti yang telah diketahui bahwa bibir kering dan pecah-pecah adalah salah satu penyakit yang menyerang permukaan kulit bibir. Biasanya keadaan bibir yang kering dan pecah berbentuk seperti retakan, fissuring dan kulit yang mengelupas. Selain itu, bagian bibir bawah adalah yang paling sering terkena dampak dari masalah kesehatan ini. Bibir yang kering dan pecah-pecah juga terkadang menimbulkan rasa perih dan nyeri, terlebih ketika bibir diregangkan.

Apa yang menjadi penyebab bibir kering dan mengalami pecah-pecah tersebut? Ada banyak penyebab mengapa bibir Anda bisa kering dan pecah-pecah. Namun dalam berbagai penelitian disebutkan bahwa kebanyakan laki-laki muda mengidap dermatitis perioral, dimana Mereka memiliki kebiasaan selalu menjilat, menggigit dan menggosok bibirnya sendiri. Paradoks ini tentunya dapat membuat bibir menjadi lebih cepat mengering dan muncul iritasi, bibir menjadi kasar sehingga pada akhirnya bibir menjadi pecah kadang terasa gatal ataupun terlihat retak bahkan pada kasus tertentu bibir terlihat hitam dan terasa perih juga terjadi pengelupasan hingga berdarah. Terlebih jika hal ini terjadi ketika udara sedang dingin, karena pasalnya udara dingin dapat mempercepat pengeringan bibir. Selain udara dingin, udara panas juga mempengaruhi kelembapan bibir ini.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Alami

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan berbagai macam pengobatan, dari mulai cara-cara rumahan yang menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional hingga menggunakan perawatan dermatologi.

Cara Mengobati Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Alami dan Tradisional

Gambar Ilustrasi

Untuk itu, sebelum bibir yang pecah-pecah dan kering tersebut semakin parah, ada baiknya Anda mengetahui sebagian cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Beberapa diantaranya dapat Anda ketahui pada daftar berikut ini tentang cara Mmengatasi bibir kering dan pecah-pecah menggunakan bahan alami.

1.) Minyak Kelapa
Anda bisa menggunakan minyak kelapa yang dioleskan pada bagian bibir apabila bibir Anda mulai terasa kering. Penggunaan minyak kelapa bisa membuat bibir menjadi lembap kembali dan menghindari terjadinya bibir kering. Selain daripada itu, penggunaan minyak kelapa juga bisa memuat warna bibir yang terlihat gelap menjadi lebih tersamar.

2.) Tomat
Bahan alami selanjutnya yang bisa berguna untuk kesehatan bibir Anda yaitu tomat. Tomat bisa mengatasi masalah bibir yang kering. Penggunaannya juga cukup mudah yakni hanya dengan menggunakan irisan tomat. Apabila ada, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes madu pada irisan tomat tersebut.

3.) Madu
Selain tomat dan minyak kelapa, madu juga bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah bibir kering. Caranya cukup dengan menggunakan setetes madu yang diletakan pada jari kemudian mengoleskannya pada bibir yng kering. Penggunaan madu ini bisa membuat bibir menjadi lembap dan lembut kembali sehingga bibir pecah-pecah bisa dicegah.

4.) Mentimun
Kandungan air yang cukup banyak pada mentimun membuat mentimun bermanfaat untuk mengobati dari bibir yang kering. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada pada mentimun bisa membuat bibir Anda menjadi lembap dan terhindar dari terjadinya bibir kering.

5.) Lemon dan Madu
Selain penggunaan madu saja, madu yang dicampur dengan perasan lemon juga bisa menjadi obat yang efektif untuk mengatasi bibir yang kering dan juga pecah-pecah. Manfaat lemon yaitu dapat mengelupaskan kulit, dan mengatasi sel kulit mati sehingga kulit menjadi bersih kembali. Anda bisa menggunakan cara ini dua kali dalam sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

6.) Ekstrak Lidah Buaya
Lidah buaya biasanya digunakan untuk mengatasi kulit yang kering, namun lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bibir yang kering dan juga pecah-pecah. Caranya dengan mengoleskan ekstrak lidah buaya pada daerah bibir. Lidah buaya akan membuat bibir menjadi lembap dan juga dapat menjaga agar kulit tetap dalam keadaan lembut.

7.) Gunakan minyak jenis lain
Minyak adalah pelembab sempurna untuk bibir yang dalam keadaan kering dan pecah-pecah. Anda dapat mengoleskan minyak ke seluruh bagian bibir untuk melembabkan serta mengurangi risiko kerusakan. Ada beberapa jenis minyak yang dapat diterapkan pada bibir Anda, diantaranya adalah minyak kelapa, almond, jojoba, minyak zaitun, kakao, kacang dan mentega.

8.) Minum banyak air
Konsumsi air idealnya adalah 8 hingga 10 gelas setiap hari. Ketika terlalu berlebihan, tentunya akan merusak pencernaan. Begitu pula sebaliknya, ketika kekurangan air minum, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan dampaknya akan sangat besar pada keadaan bibir Anda. Oleh sebab itu, konsistenlah dalam mengkonsumsi air putih.

9.) Konsumsi vitamin
Hampir semua jenis vitamin dapat Anda konsumsi untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah dan mengering. Diantara vitamin tersebut ada yang mengambil andil besar, misalnya saja vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B2 dan E. Anda bisa mendapatkan vitamin-vitamin tersebut dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan makanan sehat lainnya.

Selain menggunakan bahan-bahan alami seperti diatas, Anda juga tentu harus menghindari beberapa faktor tertentu yang membuat keadaan bibir semakin kering dan akhirnya bisa menimbulkan pecah-pecah.

Cara Mencegah Bibir Pecah-pecah dan Kering

Berikut ini beberapa tips agar bibir bisa dicegah dari terjadinya percah-pecah dan kering yang semakin serius.

1.) Hindari menjilat dan mengigit bibir
Menjilati serta mengigit bibir yang kering dan pecah-pecah dapat memperparah keadaan penyakit tersebut. Memang pada awalnya air liur yang melekat pada bibir dapat membantu mengurangi rasa perih sekaligus melembabkan, namun secepatnya air liur tersebut akan menguap dan jadilah bibir Anda semakin mengering. Selain itu, Anda juga tidak boleh mengigit bibir jika tidak ingin mengalami dampak yang lebih parah lagi, seperti pendarahan, infeksi maupun rasa nyeri.

2.) Memijat lembut bibir
Anda harus melakukan eksfoliasi atau mengelupaskan sel-sel kulit mati yang menutupi bagian kulit sehat. Anda dapat melakukan metode pengelupasan dengan cara memijat lembut seluruh bagian bibir. Jangan menggosoknya terlalu keras, karena dapat menimbulkan cideran dan pendarahan.

Selain dengan memijat, Anda juga dapat menggunakan scrub alami dari bahan garam. Anda hanya perlu menerapkan scrub garam ke seluruh bagian bibir sembari menggosoknya perlahan secara melingkar. Selain menggunakan garam, Anda juga dapat menggunakan scrub gula ataupun sikat gigi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir, namun pastikan sikat dalam keadaan benar-benar bersih.

3.) Hindari tidur dengan mulut terbuka
Biasanya bibir yang kering dan pecah-pecah akan semakin buruk keadaannya ketika Anda tidur dengan mulut terbuka. Sirkulasi udara yang keluar masuk melewati mulut sepanjang malam dapat membuat bibir Anda mengering dengan sangat cepat.

4.) Hindari merokok
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah berikutnya adalah dengan menghindari konsumsi merokok. Apapun benda yang Anda lekatkan pada bibir akan mempengaruhi keadaan bibir itu sendiri. Ketika rokok yang mengandung jutaan bahan kimia berbahaya Anda letakkan pada bibir, maka tentu akan membuat keadaan bibir semakin mengering dan pecah-pecah.

Dari beberapa cara alami mengatasi bibir kering dan pecah-pecah diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa perlu diketahui, bibir yang kering dan pecah-pecah tidak selalu menjadi masalah yang umum dan mudah diatasi.

Bibir yang kering dan pecah bisa menjadi salah satu dari sekian banyak gejala dari penyakit yang berbahaya, misalnya saja penyakit diabetes, sindrom sjogren dan makrositosis. Oleh sebab itu, lakukanlah konsultasi kepada dokter jika cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah di atas tidak memperbaiki keadaan bibir Anda.

Baca juga : Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Masalah bibir kering dan juga pecah-pecah tentu saja akan membuat penampilan Anda menjadi terlihat kurang menarik selain itu terasa perih. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba terlebih dahulu cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah diatas. Selain itu, gaya hidup seperti asupan gizi harian yang seimbang perlu diperhatikan karena bagaimanapun juga bibir yang kering merupakan salahsatu tanda bahwa ada yang salah dari pola hidup yang Anda lakukan sehari-harinya. Semoga informasi tentang masalah bibir kering ini bisa bermanfaat bagi para pembaca situs HarianSehat. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :