Cara Alami Agar Wajah Terlihat Awet Muda

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Tips dan Cara Sehat Dan Alami Agar Wajah Terlihat Awet Muda, Untuk sebagian besar orang, tentunya masa-masa tua memiliki hal unik yang berbeda dengan ketika Mereka masih muda dan perubahan keadaan fisik adalah salah satunya. Banyak orang pria dan juga wanita yang tidak ingin ketika semakin bertambahnya usia kulit menjadi keriput, timbul garis-garis halus dan lain sebagainya. Meskipun faktanya hal tersebut sulit untuk dicegah, karena memang terjadi secara alami dari banyak proses sel-sel atau jaringan di dalam tubuh.

Cara Membuat Wajah Awet Muda dan Kulit Kencang secara Alami

Ada banyak sekali proses yang terjadi pada wajah Anda ketika umur semakin tua. Anda mungkin tahu mengenai masalah gravitasi yang menarik lemak pada wajah, jaringan epidermis yang mulai menipis, jumlah sel pigmen yang berkurang, kulit yang berdegenerasi akibat proses elastosis, hingga hal-hal yang berhubungan dengan pembuluh darah. Semua itu dapat berakibat pada perubahan fisik wajah Anda, seperti muncul keriput, lipatan, bintik-bintik hingga perubahan pada kelopak mata.

Cara Membuat Wajah Terlihat Awet Muda secara Alami

Gambar Ilustrasi

Untuk itu, pada pembahasan kali ini Anda akan diberikan beberapa daftar informasi tips cara agar wajah awet muda dan memiliki kulit yang kencang juga sehat. Fungsinya untuk memberikan sedikit penjelasan bahwa dampak-dampak yang mungkin muncul pada usia tua dapat ditekan sedemikian rupa sehingga prosesnya melambat dan Anda dapat menjaga wajah agar tetap sehat dan terlihat awet muda.

1.) Cuci wajah pada malam hari
Seharian Anda mungkin menggunakan make up atau wajah Anda terkena terpaan kotoran, minyak dan lain sebagainya. Untuk itu, perlu untuk Anda membersihkan bagian kulit di wajah secara rutin sebelum hendak tidur.

Anda dapat menggunakan make up remover untuk menghapus bekas make up. Dengan cara ini, pori-pori wajah tidak akan tersumbat dan jerawat dapat dicegah, sehingga kulit wajah akan lebih awet muda. Selain itu, membersihkan bekas make up juga dapat menghindari wajah dari timbulnya bakteri dan jamur.

Selain make up remover, Anda juga harus memilih sabun muka yang benar. Hal ini sangat berpengaruh pada keadaan wajah Anda kedepannya. Cobalah untuk membeli jenis sabun yang khusus digunakan untuk kulit wajah Anda.

2.) Gunakan toner
Toner mampu menghilangkan minyak serta kotoran yang terdapat pada kulit wajah Anda. Selain itu, toner juga dapat membantu menutup pori-pori kulit, sehingga kulit tampak lebih kencang dan terhindar dari penyumbatan yang dapat menimbulan jerawat dan komedo. Anda dapat menyiapkan sebuah toner, lalu gunakan beberapa tetesnya ke atas bola kapas, oleskan perlahan kapas tersebut ke seluruh bagian wajah Anda.

3.) Gunakan scrub
Untuk kulit yang kering dan bersisik, biasanya kulit akan lebih cepat menua. Oleh sebab itu, untuk membuat wajah Anda tampak tetap awet muda, Anda perlu melakukan eksfoliasi atau mengelupas kulit-kulit kering yang telah mati. Untuk bahan exfoliant-nya sendiri dapat Anda beli di toko-toko kecantikan atau membuat scrub menggunakan campuran gula dan madu. Lanjutkan pembersihan menggunakan scrub tersebut dengan membilasnya menggunakan air hangat.

Lainnya :

4.) Lindungi kulit dari sinar matahari
Cara agar wajah awet muda dan kulit tetap kencang selanjutnya adalah dengan menjaga kulit wajah dari sinar matahari. Memang pada dasarnya sinar matahari diperlukan oleh kulit, namun jika berlebih akan membuat proses penuaan bergerak lebih cepat. Oleh sebab itu, gunakanlah lotion tabir surya jika ingin pergi ke luar atau bekerja di outdoor.

5.) Jangan menyentuh jerawat
Beberapa penyakit wajah, seperti jerawat dan komedo sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya ataupun dengan beberapa krim khusus. Namun begitu, masalah wajah ini dapat membesar bahkan menginfeksi area lainnya jika tidak diberi penanggulangan yang baik. Terlebih jika Anda terus menerus menyentuhnya. Oleh sebab itu, lakukan perawatan yang baik dan hindari menyentuh jerawat jika Anda ingin selalu tampil awet muda.

6.) Minum
Kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi, kulit kering dan masalah-masalah kulit lainnya, termasuk meningkatkan risiko penuaan dini. Oleh sebab itu, konsistenlah mengkonsumsi air putih setiap hari dengan takaran yang cukup, yaitu sekitar 6 hingga 12 gelas. Mengkonsumsi air putih juga diteliti bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

7.) Olahraga
Olahraga seperti jogging mampu jika dilakukan dengan rutin dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh tak hanya membuat tubuh lebih bugar tetapi mampu membuat tubuh menjadi lebih awet muda dalam arti berbagai fungsi tubuh akan tetap baik hingga usia tua. hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukan bahwa para manula yang rutin berolahrga jogging mempunyai tubuh yang hampir sama baiknya dengan orang dewasa umur 20 tahunan. Jadi cobalah untuk rutin berolahraga.

8.) Puasa
Menurut Valter Longo yang merupakan peneliti utama dari University of Southern California seperti yang dikutip dari Dailymail.co.uk ia mengungkapkan bahwa terjadinya pengurangan kalori ketika berpuasa dalam lima hari saja bisa membantu dalam memperlambat dari terjadinya proses penuaan dan membuat seseorang menjadi lebih awet muda. Selain dari pada itu, puasa juga bisa menurunkan beberapa resiko penyakit. Diantaranya penyakit diabetes, penyakit jantung dan kanker jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berpuasa. Dan dengan adanya penurunan resiko tersebut, peneliti juga memberikan pendapat bahwa manfaat puasa secara tidak langsung juga bisa memperpanjang umur seseorang.

Memiliki wajah yang sehat, bersih, cantik dan awet muda adalah dambaan setiap orang. Namun begitu, melakukannya butuh kerja keras yang tidak mudah. Jadi adalah anggapan yang salah jika Anda hanya melakukan beberapa cara alami agar wajah awet muda di atas dan ingin mendapatkan hasilnya dengan instan. Anda harus memulai merubah segala aktivitas yang mungkin dapat mempercepat proses penuaan, sekaligus memulai membiasakan diri dalam kegiatan yang dapat memperlambat panuaan dini.

Baca juga : Cara Mengencangkan Kulit Keriput Secara Alami

Kebiasaan hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan pola hidup sehat lainnya sangat penting diantaranya berolahraga dengan rutin. Sekian informasi tentang cara alami agar wajah terlihat awet muda dan sehat. Jangan lupa untuk selalu memperluas wawasan Anda dengan membaca berbagai informasi kesehatan lainnya di situs Harian Sehat. Jaga kesehatan tubuh Anda! Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :