Cara Agar Jantung Tetap Sehat dan Kuat

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Agar Jantung Sehat dan Kuat, Jantung adalah salah satu organ yang sangat penting bagi manusia. Fungsinya yang krusial membuat organ tubuh yang satu ini perlu secara intensif untuk dijaga kesehatannya. Selain agar jantung berjalan dengan lancar, menjaga kesehatannya jantung juga dapat menghindarinya dari serangan berbagai macam penyakit.

Seperti yang telah diketahui bahwa penyakit jantung merupakan salahasatu penyakit yang telah menelan banyak korban. Banyak yang menjadi penyebab seseorang terkena penyakit jantung, salahsatunya adalah kebiasaan hidup yang kurang sehat, seperti kebiasaan mer0k0k dan kurangnya olahraga. Pola makan yang buruk juga menjadi salahsatu penyebab penyakit jantung dan stroke ini dikarenakan pola makan yang buruk akan membuat lemak yang dihasilkan dari makanan tersebut mengakibatkan penyumbatan pada aliran darah dan memperbesar resiko terkena penyakit jantung.

Cara Agar Jantung Sehat

Maka dari itu untuk menjaga agar jantung tetap sehat, Anda bisa memulai menjalani gaya hidup yang sehat. Dimulai dari kebiasaan yang paling mudah yakni rutin mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan melakukan kebiasaan lainnya yang menyehatkan jantung Anda.

Cara Agar Jantung Kuat dan Sehat

Gambar Ilustrasi

Untuk lebih mengenal mengenai organ yang satu ini, Anda dapat menyimak beberapa cara agar jantung tetap sehat dan kuat di bawah ini.

1. Berhenti mer0k0k
Dalam banyak penelitian sudah disebutkan berkali-kali bahwa rokok dapat merusak jantung. Selain itu, asap r0k0k juga diteliti mampu meningkatkan kolesterol jahat, menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah. Bahkan dalam penelitian lain disebutkan bahwa sebuah keluarga, dimana istri dan suami sama-sama mer0k0k, maka risiko terkena serangan jantung bertambah hingga 92 persen.

2. Olahraga
Cara agar jantung sehat dan kuat selanjutnya adalah dengan rajin berlatih. Memberikan waktu sekitar 2 jam secara konsisten dan kumulatif setiap minggunya untuk olahraga diteliti dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga mencapai 60 persen dibandingkan yang tidak aktif melakukannya.

3. Menurunkan berat badan
Salah satu yang menyebabkan jantung melemah dan terserang banyak penyakit adalah karena lebihnya lemak pada tubuh. Oleh sebab itu, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa menurunkan berat badan 10 hingga 20 pon mampu menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. Bahkan, dalam sebuah studi lain juga dikatakan bahwa orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan mengalami serangan jantung 8,2 tahun lebih cepat dibandingkan orang-orang dengan berat badan normal.

4. Mengkonsumsi air putih
Teratur dalam minum air putih dapat digunakan sebagai cara agar jantung sehat dan kuat. Anda dapat mengkonsumsi air sebanyak lima gelas setiap hari. Dalam banyak penelitian sendiri disebutkan bahwa pria yang mengkonsumsi air sebanyak 8 ons setiap hari memiliki kemungkinan terkena serangan jantung fatal lebih kecil 54 persen dibanding orang-orang yang mengkonsumsi air lebih sedikit. Pada penelitian lainnya disebutkan bahwa air mampu mengencerkan darah, sehingga dapat mencegah terjadinya pembekuan.

5. Konsumsi teh
Jika Anda saat ini lebih sering mengkonsumsi kopi, maka sudah saatnya untuk merubahnya dengan teh. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini disebutkan bahwa mengkonsumsi tiga kali teh setiap hari mampu mengurangi 50 persen kemungkinan terkena serangan jantung dibandingkan yang tidak. Kadar flavonoid yang dijadikan antioksidan alami nan kuat yang terdapat pada teh juga mampu menjadi pelindung bagi jantung. Namun, tentu saja jangan terlalu banyak, konsumsi teh dalam batas normal dan secukupnya saja.

6. Konsumsi salmon dan tuna
Makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3 diteliti mampu menjaga kekuatan dan kesehatan jantung. Hal tersebut juga dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard School of Public Health, yang mana menyebutkan bahwa mengkonsumsi ikan salmon ataupun tuna sebanyak dua kali dalam seminggu mampu menurunkan 30 persen risiko penyakit jantung.

7. Konsumsi semangka
Cara agar jantung sehat dan kuat lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan banyak mengkonsumsi buah semangka. Buah dengan kulit berwarna hijau ini mengandung senyawa bernama lycopene sebesar 40 persen lebih banyak dibandingkan tomat mentah. Dalam sebuah studi sendiri disebutkan bahwa kandungan lycopene pada semangka mampu mencegah penyakit jantung hingga mencapai 30 persen.

8. Bersantai
Terlalu stres mampu meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Bahkan dalam banyak penelitian disebutkan bahwa stres menjadi salah satu penyebab menyempitnya arteri yang memperburuk keadaan jantung. Dengan meluangkan waktu untuk bersantai, keadaan tubuh dan pikiran Anda akan lebih tenang. Selain itu, Anda juga bisa melakukan gabungan antara bersantai dengan berolahraga, misalnya dengan melakukan meditasi ataupun yoga. Selain itu, Anda juga bisa bersantai dengan cara bersosialisasi, bertukar pendapat dan mengobrol dengan banyak orang.

9. Kurangi mengkonsumsi garam
Mengkonsumsi garam secara berlebihan mampu meningkatkan tekanan darah. Oleh sebab itu, perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Perhatikan pula label pada cemilan dan makanan olahan. Jika makanan tersebut mengandung 1.5g garam atau sekitar 0.6g natrium, maka cobalah untuk menghindarinya.

10. Hindari makanan rendah gizi
Cara agar jantung sehat dan kuat yang terakhir adalah dengan sebisa mungkin menghindari junk food. Seperti yang diketahui, bahwa kebanyakan makanan instan saat ini mengandung komposisi yang kurang sehat dan berlebihan. Sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi makanan rumahan yang dimasak oleh chef tersayang Anda, yaitu ibu.

Diatas merupakan beberapa cara agar jantung tetap sehat. Dengan adanya informasi ini semoga para pembaca semua bisa lebih peduli terhadap kesehatan jantungnya.

Anda dianjurkan untuk membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat dengan menjaga asupan makanan dan berolahraga secara teratur agar jantung tetap sehat dan kuat karena jantung merupakan salahsatu organ penting bagi tubuh manusia.

Baca juga : Pemicu Resiko Penyakit Jantung

Dengan memiliki jantung yang sehat maka aliran darah dalam tubuh bisa terdistribusi dengan baik sehingga aktivitas didalam tubuh bisa terus berjalan dengan normal dan tubuh akan tetap sehat. Maka dari itu sangat penting untuk rutin menjaga rutinitas sehat tertentu setiap harinya agar jantung tetap sehat. Jaga selalu kesehatan Anda dan salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :