7 Makanan Mengandung Kalium Tinggi Selain Pisang

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com7 Makanan Mengandung Kalium Tinggi Selain Pisang, Tubuh membutuhkan berbagai macam nutrisi agar tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Salahsatunya adalah kalium atau potasium merupakan salahsatu nitrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. kalium memiliki peran yang penting dalam tubuh, beberapa fungsi kalium diantaranya adalah mengatur tekanan darah, fungsi saraf dan juga otot. Selain itu keseimbangan cairan dalam tubuh manusia juga dijaga dengan adanya kalium dan sodium.

7 Makanan Tinggi Kalium Selain Pisang

Makanan Tinggi Kalium Selain Pisang

Gambar Ilustrasi

4.700 Miligram kalium setidaknya dibutuhkan setiap harinya oleh orang dewasa, namun untuk olahragawan seperti atlet dan juga pasien yang sedang menjalankan pengobatan tertentu kebutuhan kalium bisa lebih banyak dibandingkan orang dewasa normal. Jika seseorang kekurang kalium maka akan mengakibatkan terjadinya kelelahan kram pada otot dan juga pusing.

Ketika membahas kalium mungkin pikiran Anda akan tertuju pada pisang. Ya, Pisang merupsakan salahsatu sumber kalium yang dibutuhkan tubuh, setidaknya dalam pisang terkandung 422 mg kalium yang bermanfaat bagi tubuh.

7 Makanan Berkalium Tinggi Selain Pisang

Selain pisang tentu masih banyak makanan-makanan lain sebagai sumber kalium, beberapa makanan tersebut akan diuraikan dalam artikel Harian Sehat kali ini.

1.) Ubi Jalar
Ubi jalar merupakan salahsatu makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, selain memiliki banyak vitamin, ubi jalar juga merupakan makanan yang tinggi akan kalium selain buah pisang. Dalam sebuah ubi jalar dengan ukura yang sedang kandungan kalium ubi jalar tersebut bisa mencapai 542 mg.

2.) Alpukat
Alpukat tidak hanya memberikan manfaat dari lemak sehatnya saja, Alpukat memiliki kandungan kalium yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam sebuah alpukat dengan ukuran yang sedang mengandung kalium sebesar 487 mg.

Lainnya :

3.) Yoghurt
Yoghurt merupakan salahsatu sumber postasium yang bermanfaat bagi tubuh. Anda bisa mencoba mengkonsumsinya. Setidaknya dalam ukuran satu porsi yoghurt dengan ukuran 8 ons memiliki kandungan kalium 579 mg, kandungan kalium yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pisang.

4.) Bayam
Bayam selain memiliki kandungan zat besi yang tinggi, makanan ini juga memiliki banyak kandungan kalium. Dalam ukuran satu cangkir bayam, memiliki kandungan kalium sebanyak 839 mg.

5.) Kacang-kacangan
Kacang-kacangan selain memiliki kandungan serat dan protein, makanan ini juga memiliki kandungan kalium kurang lebih 1.189 mg dalam setiap cangkirnya. Jenis edamame memiliki kandungan 970 mg kalium, kacang lentil memiliki kandungan 731 mg/cangkir.

6.) Kurma
Selain sebagai sumber serat dan juga karbohidrat Kurma merupakan salahsatu buah yang memiliki rasa manis ini memiliki kandungan kalium juga yakni sekitar 167 mg dalam setiap buahnya.

7.) Kentang
Kentang juga memiliki banyak kandungan nutrisi, setidaknya dalam seporsi kentang panggang memiiki kandungan 751 mg kalium. Selain itu kentang mengandung antioksidan dan juga betakaroten yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan dapat mencegah penuaan dini.

Makanan diatas, merupakan makanan mengandung kalium tinggi selain pisang. Anda bisa mengkonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan kalium tubuh Anda. Masih banyak makanan lainnya yang memiliki kalium tinggi. Dengan adanya variasi makanan yang merupakan sumber kalium, tentu Anda tidak akan bosan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kalium tinggi selain daripada pisang.

7 Makanan Tinggi Kalium Selain Pisang

Apabila tubuh kekurangan kalium akan berefek kurang baik bagi kesehatan Anda. Kekurangan kalium atau kalium disebut juga dengan hipokalemia, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit seperti nyeri otot, kram, tekanan darah tinggi yang mengakibatkan masalah penyakit jantung bahkan stroke dan beberapa masalah akibat kekurangan kalium (kalium) lainnya.

Baca juga : Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Semoga artikel 7 Makanan Berkalium Tinggi Selain Pisang diatas bisa memberikan informasi pengetahuan kesehatan bagi Anda para pembaca Harian Sehat. Mari jaga selalu kesehatan dengan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna, berolahraga dengan teratur dan meneraplan gaya hidup sehat lainnya. Semoga bermanfaat, Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :