Vitamin untuk Mencerdaskan Otak Anak

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Vitamin untuk Mencerdaskan Otak Anak, Otak adalah salah satu organ penting yang dibutuhkan oleh manusia. Organ ini adalah juru kunci dari inti kecerdasan, indra, inisiator, gerakan tubuh serta pengendalian perilaku. Dengan dilindungi oleh cangkang berupa tulang dan dilapisi oleh cairan pelindung membuatnya menjadi organ yang memang harus dijaga dengan baik. Selain itu, ternyata kemampuan otak setiap manusia berbeda-beda, tergantung banyak faktor yang mempengaruhinya.

Vitamin Agar Kecerdasan Otak Anak Meningkat

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kecerdasan seseorang adalah genetika. Ketika seorang anak terlihat cerdas, maka kemungkinan orang tua, kakek atau neneknya memang memiliki kecerdasan yang sama baiknya. Namun begitu, gen ini tidak selalu menjadi yang paling mempengaruhi. Masih ada banyak faktor eksternal yang memungkinkan kecerdasan seseorang dapat ditingkatkan mulai sejak anak-anak.

Vitamin Agar Otak Anak Menjadi Cerdas

Gambar Ilustrasi

Jika saat ini anak Anda merasa memiliki kecerdasan yang standar atau biasa-biasa saja, maka Anda dapat meningkatkannya menjadi lebih baik lagi. Diantara yang dapat Anda lakukan adalah memberikan beberapa asupan vitamin. Vitamin ini tentunya tak hanya baik untuk anak, namun baik juga untuk orang dewasa dan orang tua. Vitamin ini nantinya yang akan menjadi roket untuk meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan. Ingin tahu apa sajakah vitamin tersebut? Berikut ulasan mengenai macam-macam vitamin agar otak anak menjadi lebih cerdas.

1.) Vitamin C
Vitamin jenis ini disebut-sebut sebagai jenis vitamin yang paling potensial untuk menguatkan IQ. Hal tersebut juga ditunjukkan oleh sebuah tes IQ, dimana para peneliti menyimpulkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C memiliki hasil tes IQ yang baik dibanding Mereka yang tidak mengonsumsinya.

Terlepas dari fungsi sebagai pemain penting dari pertumbuhan serta pemeliharaan jaringan, vitamin C ternyata memiliki fungsi yang efektif terhadap kemampuan kognitif. Bahkan, kandungan antioksidan-nya mampu menjaga integritas dari sel-sel otak anak. Anda sebagai orang tua dapat membuat makanan yang kaya akan vitamin C kepada anak, seperti kiwi, jeruk, lemon dan brokoli.

2.) Vitamin B kompleks
Vitamin untuk mencerdaskan otak anak selanjutnya adalah macam-macam vitamin B. Vitamin B1 atau tiamin berfungsi untuk membantu proses pembakaran glukosa menjadi energi. Ketika Anda kekurangan vitamin B1, maka otak akan sulit untuk konsentrasi. Jenis lainnya adalah vitamin B3 atau niasin. Vitamin jenis ini berhubungan dengan kesehatan mental dan pengaruhnya dalam menjaga gula darah tetap normal. Sedangkan untuk jenis yang terakhir adalah vitamin B5 atau asam patothenic yang dipercaya dapat meningkatkan kekuatan memori otak.

Sebenarnya masih ada anggota vitamin B kompleks lainnya yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan. Diantaranya yang pernah diuji adalah vitamin B6 atau Pyridoxal Phosphate. Jenis vitamin ini diteliti bersamaan dengan vitamin B kompleks lainnya, yaitu B12 atau cyanocobalamin dan hasilnya cukup baik, dimana kedua vitamin tersebut dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan memori dengan tingkatan yang cukup tinggi.

3.) Vitamin D
Untuk meningkatkan kecerdasan anak, Anda juga dapat memberinya vitamin D. Vitamin jenis ini dipercaya mampu menjadi reseptor sistem saraf pusat dan hippocampus atau memori serta pengakuan spasial. Selain itu, vitamin D juga mampu menjaga neuron, mengatur enzim yang terdapat di dalam otak serta mengatur cairan serebrospinal yang erat kaitannya dengan sistesis neurotransmitter serta pertumbuhan saraf. Vitamin D sendiri dapat Anda temui pada minyak ikan cod, daging sapi, mentega dan hati anak sapi.

4.) Vitamin K2
Jenis vitamin untuk menambah kecerdasan anak selanjutnya adalah K2. Vitamin ini terdapat pada otak Anda dan berguna untuk meningkatkan konsentrasi. Fungsinya umumnya sendiri adalah untuk mencegah terjadinya kerusakan neuron akibat radikal bebas, sekaligus melindungi bagian sel-sel otak. Sebenarnya vitamin K2 jarang sekali didengar oleh masyarakat di indonesia, terlebih tidak banyak suplemen yang menjadikan vitamin K2 sebagai salah satu komposisinya. Namun begitu, jika Anda ingin meningkatkan kecerdasan anak, tidak ada salahnya untuk mencoba mencari suplemen dengan kandungan vitamin K2 di dalamnya. Jika tidak ada suplemen, Anda masih bisa menyediakan asupan vitamin K2 untuk anak melalui makanan-makanan lain, seperti daging sapi yang diternak menggunakan pangan rumput, produk-produk susu fermentasi dan natto atau turunan tempe.

Memiliki anak yang cerdas dan rajin tentulah dambaan setiap orang tua. Beberapa vitamin untuk meningkatkan kecerdasan otak anak di atas mungkin dapat membantu secara maksimal. Namun begitu, kecerdasan tidak akan ada gunakanya tanpa Anda membantu Mereka untuk belajar. Oleh sebab itu, imbangi asupan dengan belajar, sehingga hasil yang didapat bisa lebih maksimal.

Vitamin-vitamin tersebut sebenarnya bisa ditemui dengan mudah pada makanan-makanan alami seperti sayuran, buah-buahan bahkan makanan lain seperti ikan. Maka dari itu, disarankan untuk lebih memperbanyak mengkonsumsi berbagai makanan alami dari alam dan mulai kurangi makanan-makanan cepat saji yang akan berdampak kurang baik bagi tubuh khususnya otak Anak ketika dewasa kelak.

Baca juga : Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Makanan-makanan tertentu yang mengandung bahan kimia didalamnya dipercaya bisa mengurangi kinerja otak bahkan tubuh. Oleh sebab itu, mulailah beralih dengan menerapkan pola hidup sehat mulai sekarang. Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :