Tips dan Cara Tepat Menyimpan Makanan di Kulkas

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Tips dan Cara Menyimpan Makanan di Kulkas, Penemuan teknologi lemari es atau lemari pendingin merupakan salahsatu penemuan penting yang sangat berguna bagi kehidupan manusia khususnya dalam industri pangan. Lemari pendingin atau kulkas memiliki fungsi sebagai penyimpan makanan agar lebih awet. Namun tentu saja ada beberapa tips dan cara dalam menyimpan makanan di kulkas atau lemari pendingin ini. Jika dilakukan dengan cara yang kurang tepat, menyimpan makanan di lemari pendingin pun akan percuma dan akan menyebabkan makanan kehilangan nilai gizinya karena terjadi pembusukan yang bisa berakibat pada gangguan pencernaan.

Tips dan Cara Menyimpan Makanan di Kulkas

Tips dan Cara Tepat Menyimpan Makanan di Kulkas

Banyak orang yang membuang makanan dan tak sanggup mengkonsumsinya secara sekaligus. Namun apabila makanan tersebut masih bisa disimpan, lebih baik menyimpan makanan tersebut di lemari es sehingga bisa dikonsumsi di lain waktu.

Namun, walaupun demikian, Anda harus mengetahui cara menyimpan makanan di kulkas agar makanan bisa tahan lebih lama dan tidak mengganggu cita rasa dari makanan tersebut. Namun tentu saja Anda juga harus mengetahui berapa lama maksimal makanan tersebut bisa bertahan. Agar makanan yang Anda konsumsi tetap sehat dan tidak mengganggu kesehatan pencernaan Anda.

Dibawah ini merupakan tips dan cara menyimpan makanan di kulkas dengan tepat agar makanan lebih sehat untuk dikonsumsi.

Apel
Agar rasa dan tekstur apel tidak berubah, Anda bisa menyimpan apel dalam lemari pendingin dengan cara membungkus apel tersebut kedalam plastik berlubang kemudian disimpan di lemari pendingin. Karena apabila dibiarkan pada suhu ruangan, rasa apel akan menjadi lebih lunak.

Kentang
Jangan menyimpan kentang di lemari es karena dapat mengubah zat tepung pada kentang menjadi gula. Anda bisa menempatkannya di tempat yang lebih gelap, dingin dan jauh dari jenis bawang-bawangan. Selain itu kentang yang akan menunjukan pertumbuhan kecambah juga lebih baik segera dibuang.

Jamur
Untuk makanan jenis jamur, bisa disimpan dalam tas kertas, jangan plastik. Cara ini dilakukan disebabkan jamur dapat dengan mudah berkeringat dan jika disimpan dalam plastik, jamur akan lebih cepat mengalami pembusukan.

Selada
Untuk selada Anda bisa menyimpannya dengan cara mencuci bersih selada dan jangan lupa untuk dikeringkan terlebih dahulu kemudian masukan kedalam lemari es.

Bawang Putih
Untuk bawang putih sebaiknya tidak ditempatkan di lemari es, namun bawang putih cukup disimpan pada tempat yang sejuk, gelap. Apabila bawang putih disimpan dikulkas maka bawang putih akan mengalami pembusukan.

Lainnya :

Melon
Agar melon tetap segar dan mencegah melon menjadi kering, biarkan biji melon pada bagian daging buahnya ketika Anda memotongnya setengah bagian.

Paprika
Agar tidak mudah kering, sama halnya seperti melon lebih baik biarkan bijinya menempel pada dagingnya ketika disimpan dalam kulkas.

Asparagus
Asparagus jika disimpan dalam lemari es baiknya bagian ujung batangnya dibungkus dengan menggunakan kantung plastik. Dan ditempatkan dengan keadaan berdiri semua ketika disimpan dalam kulkas.

Telur
Untuk telur Anda bisa menyimpannya di tempat yang paling dingin, atau disimpan pada pintu kulkas yang biasanya sering dilakukan oleh kebanyakan orang.

Tepung
Berbagai jenis tepung, misalnya gandum, tepung biasa atau jenis tepung lainnya bisa disimpan di lemari es dan bisa menjadikan tepung lebih awet. Simpanlah tepung terpisah dengan jenis makanan lainnya ketika disimpan dalam kulkas.

Makanan Sisa
Banyak orang yang menyimpan makanan sisa dalam kulkas, hal ini boleh saja dilakukan akan tetapi ketika akan dinikmati kembali, sebaiknya Anda memanaskan kembali makanan tersebut.

Diatas merupakan tips dan cara menyimpan makanan di kulkas atau lemari es Anda. Dengan melakukan cara penyimpanan yang tepat maka berbagai jenis makanan yang akan disimpan di kulkas akan menjadi lebih awet dan masih baik untuk dikonsumsi.

Tips Menyimpan Makanan di Kulkas

Beberapa tips lainnya juga bisa Anda aplikasikan, diantaranya seperti dibawah ini!

1. Makanan jenis ikan dan daging bisa bertahan 3-4 bulan apabila dibekukan didalam freezer.
2. Keju bisa bertahan dalam waktu 2-4 bulan apabila disimpan didalam kulkas dengan cara dibungkus dengan menggunakan plastik atau almunium foil.
3. Tips menyimpan sayuran, agar kesegaran sayuran dapat terjaga, sebelum memasukannya kedalam kulkas, sayuran harus dikeringkan terlebih dahulu. Dan hindari menyimpan sayuran yang telah dipotong-potong.
4. Telur yang telah dicuci dan disimpan pada lemari es bisa bertahan hingga kurang lebih empat minggu.
5. Minuman yang disimpan didalam kulkas dengan keadaan tertutup, aromanya tidak akan berubah ataupun hilang.

Cara menyimpanan makanan yang salah akan menyebabkan makanan cepat basi bahkan membusuk, Apabila terkonsumsi oleh tubuh maka akan menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit pencernaan, mual, muntah-muntah bahkan keracunan.

Maka dari itu sangat penting untuk menempatkan makanan ditempat yang tepat dan dengan cara yang tepat sehingga makanan akan lebih awet dan tidak cepat mengalami pembusukan. Jika dirasa makanan tersebut hampir basi atau basi sebaiknya makanan tersebut tidak usah dikonsumsi.

Semoga informasi Berjudul “Tips dan Cara Menyimpanan Makanan di Kulkas” atau lemari es ini bisa bermanfaat untuk para pembaca HarianSehat.Com Mari Mulai peduli kesehatan dengan cara membiasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan membiasakan diri melakukan pola hidup sehat lain setiap harinya. Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :