Tips dan Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Tips dan Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh secara Alami dan Cepat, Makanan merupakan sumber yang kemudian menghasilkan energi dalam tubuh. Tanpa makanan seseorang akan kekurangan energi dan merasa lapar. Namun apa hubungannya makanan dengan metabolisme dalam tubuh?

Tentu saja antara makanan dengan metabolisme tubuh sangat erat kaitannya. Mungkin Anda sudah sering mendengar banyak orang berbicara tentang metabolisme tubuh misalnya saja dalam percakapan orang-orang yang sedang melakukan diet. Sebelumya Anda perlu memahami apa sebenarnya arti dari istilah metabolisme. Jika diartikan metabolisme adalah kecepatan pada tubuh ketika mencerna dan menyerap zat makanan, atau secara sederhana metabolisme diartikan sebagai laju pembakaran kalori pada tubuh hingga menghasilkan energi.

Setiap orang memerlukan energi untuk bertahan hidup, makanan dan minuman merupakan sumber dari energi terebut. Karena itulah diet yang menyarankan Anda agar mengurangi frekuensi dalam mengkonsumsi makanan adalah diet yang kurang sehat ini dikarenakan akan menjadikan tubuh kekurangan energi dan kelaparan.

Tips dan Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Alami

Cara Alami Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Gambar Ilustrasi

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh, Anda juga perlu tahu apa yang mempengaruhi tingkat metabolisme dalam tubuh. Menurut informasi yang dikutip dari duniafitnes.com hal yang cukup penting yang dapat mempengaruhi metabolime adalah otot. Dimana semakin banyak otot yang dimiliki oleh seseorang maka akan semakin tinggi pula tingkat metabolisme tubuh seseorang dan semakin banyak juga lemak yang kemudian digunakan sebagai energi.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jika tubuh Anda memiliki sistem metabolisme yang cepat, maka Anda dapat membakar kalori dalam tubuh lebih cepat. Dan tentu saja jika metabolisme dalam tubuh berlangsung dengan cepat maka Anda dapat menghilangkan berat badan berlebih dalam tempo yang lebih cepat.

Dibawah ini bisa Anda coba Tips dan Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh secara Alami seperti yang dirangkum oleh HarianSehat.Com dari berbagai sumber, simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1.) Minum Banyak Air
Ketika metabolisme mengalami penurunan mungkin saja sel-sel yang ada pada tubuh Anda mengalami dehidrasi. Apabila terjadi dehidrasi maka carian yang dibutuhkan tubuh dalam menyerap makanan dalam sel-sel tubuh menjadi berkurang. Maka dari itu Anda dianjurkan agar minum lebih banyak air setiap harinya, sehingga tubuh Anda tetap terhidrasi.

2.) Makanan Berkalsium
Anda dianjurkan untuk memenuhi asupan makanan yang kaya kalsium, ini dikarenakan jika tubuh kekurangan kalsium maka akan menurunkan tingkat metabolisme dalam tubuh Anda. Alasan kenapa kalsium dibutuhkan karena kalsium berguna dalam pelepasan hormon yang merangsang sistem metabolisme menjadi lebih cepat.

3.) Makanan Tinggi Protein
Protein merupakan sumber yang pembentuk otot dalam tubuh, dan fungsi otot yaitu membakar lemak dalam tubuh. jadi mengkonsumsi makanan yang memiliki protein yang tinggi dapat membantu tubuh dalam membakar lemak lebih cepat.

4.) Konsumsi karbohidrat Kompleks
Biasanya mungkin Anda sering mengkonsumsi nasi putih, roti dan kue kering yang bisa menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh melonjak drastis. Anda sebaiknya mengganti sumber karbohidrat simple tersebut dengan karbohidrat kompleks, misalnya gandum, nasi merah, ubi jalar. Jenis karbohidrat kompleks akan memberikan energi secara berkala pada tubuh Anda karena dicerna lebih lambat dibandingkan dengan karbohidrat simple.

5.) Olahraga di Tempat Sejuk
Dengan melakukan olahraga ditempat yang memiliki udara sejuk maka pada saat tubuh Anda dingin, sistem metabolisme tubuh akan bekerja lebih keras dalam membakar kalori. Anda bisa melakukan olahraga diwaktu pagi hari misalnya.

6.) Berkeringat
Membuat tubuh berkeringat juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Anda bisa melakukan olahraga secara teratur setiap harinya atau melakukan aktivitas fisik yang mungkin sederhana namun membuat tubuh Anda berkeringat.

7.) Waktu Makan Teratur
Dengan mengkonsumsi makanan maka sistem tubuh akan mencerna makanan dan memproduksi enzim. Namun, Anda diaajurkan agar memiliki kebiasaan makan teratur, karena kebiasaan makan yang tidak teratur dapat membuat tubuh menjadi bingung dan metabolisme juga menjadi lambat.

8.) Cukup Istirahat
Agar memiliki tingkat metabolisme yang sehat setidaknya Anda membutuhkan istirahat 6 hingga 8 jam tidur setiap harinya. Istirahat yang cukup akan menjaga agar fungsi dari metabolisme tubuh. Karena kurnag tidur dapat merusak siklus metabolisme tubuh, dan bisa menyebabkan produktivitas kerja menurun, selain itu membuat Anda cepat merasa lapar.

9.) Minum Teh Herbal
Anda juga dapat meminum teh herbal, seperti teh hijau yang bermanfaat dalam mempercepat sistem metabolisme tubuh. Konsumsi teh herbal ini tanpa menggunakan susu ataupun gula, hal ini untuk menjaga pencernaan yang Anda miliki agar tetap efektif dan juga sehat.

10.) Konsumsi Jeruk
Jenis buah citrus misalnya buah jeruk, memiliki vitamin C yang cukup tinggi dal mempunyai peran yang cukup besar dalam proses penceraan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah jeruk dapat meningkatkan sistem metabolisme yang ada pada tubuh.

11.) Minum Air Jahe
Seperti yang telah diketahui bahwa jahe memiliki banyak manfaat bagi tubuh (baca: manfaat jahe). Jahe adalah salahsatu jenis rempah-rempah yang memiliki manfaat baik untuk pencernaan. Dengan minum jahe makanan yang Anda konsumsi akan dicerna lebih cepat.

12.) Makan Cokelat
Mengkonsumsi dark chocolate juga dapat membuat metabolisme tubuh meningat, namun konsumsi dalam jumah terbatas saja, jangan mengkonsumsinya terlalu banyak. Cokelat merupakan salahsatu makanan yang dapat mempercepat metabolisme dalam tubuh.

Diatas merupakan kumpulan Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anda. Usahakan agar metabolisme selalu berjalan dengan baik untuk selalu berolahraga dengan rutin dan memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.

Memiliki sistem metabolisme yang sehat sangat penting, karena dengan memiliki sistem metabolisme tubuh yang sehat maka konveri makanan menjadi energi didalam tubuh akan berlangsung dengan baik. Apabila metabolise tidak berjalan dengan baik maka tubuh akan mengalami masalah kesehatan terkait dengan berat badan Anda.

Maka dari itu mari mulai menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi berbagai makanan-makanan alami dan memiliki gizi yang baik sehingga tubuh bisa mendapatkan asupan gizi sehat yang berimbas pada kualitas tubuh Anda yang akan selalu fit, segar dan sehat.

Baca Juga : Olahraga Sebaiknya dilakukan Waktu Pagi Hari, ini Alasannya

Semoga artikel tentang Tips dan Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana meningkatkan metabolisme tubuh sehingga menjadi lebih cepat. Selain itu yang paling penting adalah menjaga tubuh agar tetap sehat dengan menjaga pola hidup sehat setiap harinya. Selain artikel kesehatan ini, masih banyak tips dan trik menarik seputar pola hidup sehat di situs HarianSehat.Com Anda bisa mengunjunginya setiap hari untuk mendapatkan berbagai info menarik seputar kesehatan. Jaga selalu Kesehatan Anda dan Salam Sehat untuk Anda dan semua orang terdekat Anda!


Lihat Juga :
Updated :