Tips dan Cara Menghilangkan Varises secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.ComCara Menghilangkan Varises secara Alami, Varises adalah suatu penyakit yang umumnya menyerang bagian sekitar kaki. Tandanya adalah muncul guratan atau tonjolan pembuluh darah yang membesar, meliuk, dan melingkar. Varises sendiri disebabkan oleh tekanan pada pembuluh darah yang berlebih, terutama ketika berdiri maupun duduk. Faktor utamanya juga bisa karena keturunan.

Gambar/Ilustrasi Minyak Zaitun sebagai obat alami penghilang varises

Gambar/Ilustrasi Minyak Zaitun sebagai obat alami penghilang varises

Alasan kaki menjadi bagian yang paling umum mengalami varises adalah karena jaraknya yang jauh dari jantung, sehingga darah dipompa harus dengan tenaga yang lebih ekstra, terkhusus saat darah dari kaki naik ke jantung yang mengharuskan melawan gravitasi. Penyakit ini juga biasanya lebih sering menyerang wanita dan orang-orang yang umumnya bekerja dalam keadaan berdiri terlalu lama. Kehamilan dan obesitas bisa memperburuk keadaan. Varises juga bisa hadir dengan berbagai gejala, seperti nyeri, gatal, eksim, ulseri, dan selainnya.

Cara Menghilangkan Varises secara Alami

Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa pergi ke dokter untuk diberi obat. Bisa juga dihancurkan dengan menggunakan suntikan kimia ataupun lanser. Selain menggunakan teknik-teknik medis modern, Anda juga bisa mencoba tips dan cara menghilangkan varises secara alami yang ada pada daftar di bawah ini.

1. Pijatan lembut
Tekanan darah pada pembuluh darah menjadi titik masalah yang dapat memperburuk varises. Oleh sebab itu, dibutuhkan metode untuk menjaga agar alirah darah berjalan lancar. Misalnya saja Anda bisa tidur dalam posisi kaki jauh lebih tinggi dari badan bila kaki adalah bagian yang terkena varises. Cara ini cocok agar darah vena dapat mengalir dengan baik ke jantung.

Selain dengan mengangkat kaki, bisa juga dengan melakukan pijatan dan ini cara yang terbukti efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah. Namun tentunya Anda harus melakukannya dengan lembut, terlebih bila varises sudah muncul.

Cobalah untuk memijat kaki pada satu garis lurus dari bawah ke atas dengan lembut. Fungsinya untuk memperlancar pembuluh darah vena, sehingga aliran darah lebih cepat bergerak. Namun ingat, jangan menekan langsung pada pembuluh darah yang menggembung. Pijatan bisa dilakukan dengan bantuan minyak kelapa ataupun minyak zaitun sebagai pelumas.

2. Diet sehat
Menurut penelitian, peningkatan kadar homosistein pada darah menjadi pemicu meningkatnya risiko trombosis dan varises. Homosistein sendiri umumnya meningkat apabila tubuh kekurangan vitamin B-kompleks, B6, B9, dan B12. konsumsi alkohol juga diteliti memiliki dampak yang sama.

Melihat hal tersebut, penting bagi kita yang ingin mencegah maupun mengobati varises untuk mengonsumsi vitamin dalam jumlah yang ideal, terutama makanan kaya folat, B6, dan B12, seperti ikan salmon, tuna, ayam, udang, telur, dan kalkun. Ubi jalar, biji bunga matahari, brokoli, kentang, kacang, pisang, dan alpukat juga merupakan sumber vegetarian yang memiliki kandungan baik untuk penderita varises.

Varises yang dibarengi dengan rasa nyeri dan peradangan bisa diatasi dengan diet sehat menggunakan makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi, seperti kunyit, jahe, bawang putih, ceri, dan biji-bijian.

3. Meningkatkan aktivitas
Aliran darah pada arteri ke bagian kaki dilakukan oleh pompaan jantung. Namun, saat kembali ke jantung aliran darah dari kaki memerlukan bantuan gerakan otot-otot betis. Oleh sebab itu, gaya hidup yang buruk sangat mempengaruhi bertambah buruk atau tidaknya varises.

Lainnya :

Untuk itu, Anda harus coba meningkatkan aktivitas sehari-hari. Misalnya saja Anda bisa mulai melakukan kegiatan berjalan secara rutin. Gunanya untuk meningkatkan sirkulasi darah. Bila Anda bekerja lama di depan meja, maka selalu luangkan waktu untuk istirahat, melakukan gerakan-gerakan ringan di tempat, dan olahraga sederhana lain, semisal naik turun tangga. Jika Anda memiliki waktu luang, lakukan olahraga instens, semisal berenang.

4. Cabai rawit
Cabai rawit menurut penelitian kaya akan flavonoid dan vitamin C. kedua senyawa ini dipercaya dapat melindungi dinding pembuluh darah dari serangan radikal bebas, sekaligus mempromosikan pembentukan kolagen, yang secara tidak langsung menjaga pembuluh tetap sehat dan elastis. Selain flavonoid dan vitamin C, ada satu lagi senyawa penting pada cabai rawit, yaitu capsaicin yang memiliki sifat analgesik, anti-inflamasi, dan sifat pengencer darah.

Anda bisa langsung mengonsumsi bubuk cabai rawit untuk mengatasi rasa nyeri akibat peradangan varises. Ini juga dapat berfungsi untuk mencegah pembekuan darah dan bisul. Dosisnya sekitar 1/2 sdt pada setiap cangkir air. Bisa juga dengan menerapkannya secara topikal atau dioles guna meningkatkan sirkulas darah dan mengatasi rasa nyeri.

5. Biji buah anggur
Tips dan cara menghilangkan varises secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan biji buah anggur. Benih kecil pada anggur dipercaya mengandung antioksidan, termasuk beberapa jenis flavonoid, asam linoleat, dan vitamin E. senyawa-senyawa yang ada pada biji buah anggur dipercaya dapat mencegah kerusakan pada dinding pembuluh darah akibat radikal bebas.

Biji ini juga dapat membantu menjaga elastisitas jaringan ikat dan memperkuat dinding pembuluh darah. Hal tersebut penting untuk mencegah terjadinya kebocoran cairan dan pembengkakan resultan. Anda sendiri bisa mengonsumsi biji buah anggur dalam bentuk bubuk atau membeli ekstraknya. Kandungan proanthocyanidins pada biji ini juga membuatnya dapat dijadikan obat oles untuk meredakan rasa sakit dan peradangan.

6. Bawang putih
Bawang putih terkenal akan sifat anti-inflamasinya yang membuat bumbu dapur ini dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan gejala lainnya dari varises. Bawang putih juga dapat membantu memecah racun berbahaya pada pembuluh darah, sekaligus meningkatkan sirkulasi.

Anda bisa mengiris 6 siung bawang putih, lalu tempatkan pada botol kaca. Tambahkan ekstrak 3 buah jeruk dan 2 sdm minyak zaitun. Campur dan diamkan selama 12 jam. Kocok tabung dan teteskan pada jari-jari Anda untuk digunakan sebagai pelumas memijat. Lakukan pijatan dengan gerakan melingkar selama 15 menit. (Manfaat Bawang Putih)

7. Peterseli
Antioksidan kuat dari vitamin C pada peterseli membuatnya dapat membantu mendorong produksi kolagen, sekaligus membantu memperbaiki sel dan reproduksi. Peterseli juga dipercaya dapat memperkuat kapiler dan mengurangi gejala-gejala varises.

Untuk mengolahnya, Anda bisa coba mencingcang segenggam peterseli segar. Rebus bersama 1 cangkir air selama 5 menit. Diamkan agar mendingin, lalu saring. Tambahkan mawar ataupun marigold, bisa juga minyak esensial. Setelah itu, diamkan di dalam lemari es selama beberapa menit. Jika sudah, gunakan dengan cara diterapkan pada area yang terkena varises menggunakan bola kapas. Lakukan setiap hari selama beberapa bulan.

8. Minyak zaitun
Minyak zaitun dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang merupakan proses penting dalam mengobati varises. Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagi pelumas memiijat. Minyak esensial ini juga nantinya akan membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri. (Manfaat minyak zaitun)

Minyak zaitun bisa Anda campurkan dengan minyak vitamin E, lalu hangatkan sebentar. Lakukan pijatan selama beberapa menit sebanyak 2 kali dalam sehari sekitar 1 sampai 2 bulan.

Baca juga : Cara Menghilangkan Komedo

Tips menghilangkan varises secara alami

Varises selain mempengaruhi kesehatan juga membuat kaki terlihat tidak menarik, dikarenakan tonjolan-tonjolan pembuluh darah yang tampak mengerikan. Oleh sebab itu, semoga tips dan cara menghilangkan varises secara alami di atas bisa membantu Anda. Meskipun proses penyembuhan bisa lebih lama dari penggunaan obat kimia, namun cara-cara tersebut terbilang cukup aman.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :