Tips dan Cara Mengatasi Jerawat Hormonal

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Tips dan Cara Mengatasi Jerawat Hormonal, Kulit yang berjerawat biasanya akan menurunkan rasa percaya diri dan menggangu penampilan karena menimbulkan bekas jerawat bahkan bopeng jerawat. Kadangkala banyak orang yang menggunakan bahan-bahan tertentu agar jerawat menjadi lebih tersamarkan. Maka dari itu pencegahan terhadap munculnya jerawat menjadi permasalahan yang harus segera diatasi.

Salahsatu yang biasanya menjadi faktor pemicu munculnya jerawat adalah hormon. Biasanya hormon tersebut disebut juga hormon androgen. Karena jerawat ini dipicu oleh hormon tertentu, biasanya jerawat yang disebabkan oleh hormonal ini sering dialami oleh remaja baik laki-laki maupun perempuan khususnya perempuan yang sedang menstruasi. Perlu diketahui Jerawat hormonal juga bisa muncul di wajah, leher, punggung, dada dan tempat lainnya.

Cara Mengatasi Jerawat Hormonal

Cara Mengatasi Jerawat Hormonal

Gambar Ilustrasi

Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan jerawat yang disebabkan hormonal ini? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat karena faktor hormonal ini, diantaranya sebagai berikut seperti yang dilansir dari situs merdeka, simak uraian lengkapnya dibawah ini:

1.) Usahakan Menghindari Makanan Olahan, Salahsatu cara yang bisa dilakukan agar jerawat hormonal dapat diatas yaitu dengan menghindari makanan yang sifatnya hasil olahan. Sebisa mungkin untuk menghindari konsumi gula dan juga lemak yang terhidrogenasi.

2.) Jaga Selalu Kebersihan, Kebersihan menjadi salahsatu aspek yang cukup penting untuk mengatasi jerawat homronal ini. Anda harus memastikan untuk tetap menggunakan bantal, sprei, selimut dan juga pakaian yang selalu bersih. Meskipun nampak sederhana namunn seringkali orang-orang menganggap remeh hal ini dengan tidak menghiraukannya. Misalnya saja, penggunaan handuk kotor tentu saja akan membuat kulit menjadi tercemar dan menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, sebelum menyentuh wajah disarankan tangan Anda bersih dan sebisa mungkin untuk tetap menjaga kebersihan tangan Anda.

3.) Konsumsi Teh Hijau, Teh hijau dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan berbagai gizi yang bisa membuat kulit menjadi lebih sehat. Peradangan yang terjadi pada kulit bisa dibantu dengan meminum teh hijau. Anda bisa minum teh hijau secukupnya untuk mendetoksifikasi tubuh dari agar bisa lebih sehat.

4.) Probiotik, Apa itu probiotik? Probiotik yaitu bakteri yang bersifat baik yang berada didalam usus dan berfungsi dalam penyerapan nutrisi dan membuat bakteri dalam tubuh menjadi lebih seimbang. Seringkali orang yang mengalami jerawat disebabkan oleh adanya masalah pada asam lambung, sehingga mmenyebabka bakteri dalam tubuh menjadi kurang seimbang. Probiotik memiliki fungsi dalam mengatur bakteri dan mengurangi dari kadar sebum sehingga jerawat dapat diatasi. Probiotik bisa Anda temukan pada yoghurt yang sehat dan Anda bisa mendapatkan yoghurt ini dengan mudah disekitar Anda.

5.) Kunjungi Dokter, Apabila berbagai cara tidak menghasilkan perubahan yang optimal pada jerawat hormonal yang Anda alami sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter kult dan tanyakan tentang penyembuhan yang bisa dilakukan agar masalah jerawat hormonal pada kulit Anda bisa diatasi dengan baik.

Diatas merupakan Cara Mengatasi Jerawat Hormonal, dengan adanya artikel ini semoga jerawat hormonal yang Anda alami bisa cepat diatasi. Anda sebaiknya menghindari berbagai makanan kurang sehat pemicu jerawat seperti gorengan, dan makanan lainnya yang bisa memicu munculnya jerawat pada kulit badan Anda.

Baca juga : Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat

Selain itu gaya hidup sehat harus selalu Anda terapkan agar tubuh dan kulit Anda tetap sehat. Olahraga rutin dan konsumsi makanan-makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran dan kurangi konsumsi makanan olahan yang bersiko memicu munculnya jerawat-jerawat baru. Sekian artikel tentang tips dan cara mengatasi jerawat hormonal, semoga lekas sembuh. Jaga selalu kesehatan Anda dan salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :