Tips dan Cara Alami untuk Mencegah Osteoporosis

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Tips dan Cara Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Masalah tulang menjadi salahsatu masalah kesehatan yang sering diabaikan. Salahsatu masalah tulang tersebut adalah penyakit osteoporosis. Anda mungkin sudah sering mendengar osteoporosis ini, mungkin banyak orang yang mengabaikan masalah tulang ini, namun ternyata jika tidak dicegah sedini mungkin osteoporosis bisa saja menjadi masalah kesehatan yang serius di kemudian hari.

Osteoporosis yaitu suatu kondisi yang menyebabkan tulang mengalami kehilangan kepadatannya dan kemudian tulang menjadi rapuh. Jika seseorang mengalami osteoporosis, maka tulang sangat rentan patah, selain itu beberapa aktivitas fisik akan terganggu. Penyakit osteoporosis juga bisa menyebabkan perasaan sakit yang kronis bahkan pada keadaan terburuk seseorang bisa mengalami kematian.

Tips dan Cara Alami untuk Mencegah Osteoporosis

Tips dan Cara Alami untuk Mencegah Osteoporosis

Gambar Ilustrasi

Maka dari itu, pencegahan sedini mungkin harus dilakukan. Karena bisanya osteoporosis menyerang orang lanjut usia. Cara pencegahnnya bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk mengkonsumsi makanan pencegah osteoporosis atau dengan menggunakan cara alami yang dapat menguatkan tulang Anda.

Cara Alami untuk Mencegah Osteoporosis

Dibawah ini merupakan tips dan cara alami untuk mencegah osteoporosis yang dirangkum dari berbagai sumber, simak uraiannya dibawah ini!

1.) Cukupi Kebutuhan Vitamin D dan Kalsium
Salahsatu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tulang adalah kalsium, kalsium berperan penting pada kekuatan tulang, selain itu vitamin D juga penting yang berguna untuk membantu tubuh dalam menyerap kalsium dari makanan yang telah dikonsumsi tubuh. Menurut jurnal National Institutes of Health, seharusnya pada orang dewasa konsumsi vitamin D 600 UI dan kalsium 1000 hingga 1200 miligram setiap harinya.

Namun, jika dibandingkan dengan mengkonsumsi kalsium dan vitamin D dalam bentuk suplemen Anda lebih baik untuk mengkonsumsi langsung makanan yang mengandung kalsium seperti ikan salmon, susu, tuna atau makanan jenis lainya yang memiliki kalsium tinggi seperi yoghurt, kacang almond, atau kacang kedelai.

2.) Melakukan Olahraga
Olahraga merupakan salahsatu faktor yang sangat penting bagi kesehatan tubuh termasuk kesehatan tulang Anda. Salahsatu olahraga yang bisa menguatkan tulang adalah olahraga angkat beban. Olahraga Angkat beban akan membantu tulang dalam melakukan adaptasi dengan berat tubuh Anda, selain itu melakukan olahraga angkat beban juga dapat membuat sel pada otot tubuh menjadi padat. Latihan ini jika dilakukan diwaktu muda secara rutin bisa mencegah seseorang dari pengeroposan tulang di hari tua nanti.

Namun, tak hanya angkat beban saja yang bisa menguatkan tulang Anda, namun olahraga sederhana lainnya seperti berjalan, berjogging, dan juga bersepeda bisa membuat tulang Anda menjadi lebih kuat.

3.) Dapatkan Sinar Matahari Pagi
Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah osteoporosis secara alami yaitu dengan mendapatkan sinar matahari di pagi hari dengan cukup. Apabila kulit Anda terkena sinar maahari pagi, kulit akan menghasilkan vitamin D yang selanjutnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Namun, seberapa banyak tubuh harus mendapatkan sinar matahari masih menjadi perdebatan, ini dibsebabkan apabila terlalu banyak sinar matahari yang berinteraksi langsung dengan kulit bisa menjadi penyebab munculnya kanker kulit.

Untuk di negara kita yang memiliki iklim tropis, sinar matahari terbaik untuk kulit bisa didapatkan pada jam-jam dibawah jam sembilan. Pada pagi hari sebelum jam sembilan, sinar matahari masih hangat dan tidak terlalu panas. Menurut penelitian, untuk orang yang memiliki kulit terang berjemur dibawah sinar matahari sekitar 15 menit sudah cukup, namun untuk orang yang memiliki kulit gelap, mungkin bisa lebih dari 15 menit. Tetap yang pasti jangan terlalu berlama-lama, karena semakin siang sinar matahari akan semakin panas dan berbahaya untuk kulit.

4.) Terapkan Diet Sehat Sehat Bagi Tulang
Sebaiknya setiap orang harus memenuhi kebutuhan gizi harian nya dengan baik, beberapa diantaranya mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan protein, selain itu tidak lupa untuk selalu menyantap sayuran dan buah-buahan. Perhatikan juga asupan vitamin D cukup.

5.) Hilangkan Kebiasan Tidak Sehat
Agar kesehatan tulang dapat terjaga dengan baik, setiap orang sebaiknya menjauhi hal-hal yang tidak sehat seperti merokok. Menjaga berat badan ideal, karena terlalu kurus pun tidak baik untuk tulang, hal ini karena tulang akan lebih rentan mengalami pengeroposan.

6.) Kenali Faktor Resiko
Setiap orang yang ingin terhindar dari resiko osteoporsis harus tahu dan mempelajari osteoporosis. Beberapa faktor resiko yang umum terjadi yaitu menopause yang terjadi di umur yang terlalu dini yakni 45 tahun kebawah. Selain itu penggunaan obat-obatan glucoortioids atau penyakit rematik.

7.) Cek Kepadatan Tulang
Pada saat seseorang mencapai masa menopause, sebaiknya kunjungi dokter dengan rutin untuk melakukan pemeriksaan tulang dan mendeteksi kemungkinan keretakan yang terjadi pada tulang. Orang yang telah didiagnosis mengalami pengeroposan tulnag disarankan untuk melakukan perawatan dengan baik seperti yang telah disarankan oleh dokter yang memeriksa.

Diatas merupakan cara alami untuk mencegah osteoporosis, beberapa hal diatas sebaiknya jangan Anda abaikan, mengingat fungsi tulang yang sangat penting bagi tubuh. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Penyakit osteoporosis menjadi hal yang wajib Anda waspadai karena tak hanya menyerang usia lanjut namun sekarang ini banyak orang yang masih berusia muda namun sudah mengalami osteoporosis, maka dari itu sangat penting untuk menjaga dan membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat akan Anda dapatkan jika Anda bisa konsisten untuk mendapatkan kebutuhan terbaik bagi tubuh dan menghindari dari berbagai faktor yang dapat merusak kesehatan tubuh Anda.

Baca juga : Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita

Semoga artikel tips dan cara almi untuk mencegah osteoporosis ini bisa bermanfaat untuk Anda. Mari mulai membiasakan diri hidup sehat! Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :