Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag, Puasa Ramadhan merupakan salahsatu ibadah yang wajib dilakukan. Tetapi ada masalah kesehatan tertentu seperti masalah maag yang cukup banyak dialami oleh orang-orang. Biasanya penderita maag sering merasakan nyeri yang disebabkan oleh terjadinya peradangan. Agar tidak mengalami maag biasanya makan dengan teratur dan menghindari makanan-makanan pedas menjadi hal yang wajib dilakukan.

Nah, bagaimana jika penderita maag ingin berpuasa?  Jangan terlalu khawatir karena masalah maag bukan menjadi halangan untuk melakukan ibadah puasa, asal Anda mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh sebelumnya, dengan memeriksakan kesehatan Anda pada dokter. Bagi orang yang menderita maag yang cukup parah sebenarnya dibolehkan untuk tidak berpuasa namun jika maag Anda masih ringan dan masih kuat menjalankan puasa, sebaiknya Anda berpuasa.

Tips Melaksanakan Puasa Bagi Penderita Maag

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Gambar Ilustrasi

Jika Anda penderita maag dan masih bisa berpuasa, ada beberapa tips berpuasa bagi orang yang menderita maag sehingga Anda bisa tetap bisa melakukan puasa sampai tuntas. Simak beberapa tips nya dibawah ini :

Beberapa Hal yang harus dihindari penderita maag :

1.) Hindari mengkonsumsi gorengan, makanan berlemak, makanan yang mengandung gas, makanan yang memiliki rasa asam.
2.) Hindari makanan yang memiliki rasa pedas, makanan olahan tertentu dan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh.
3.) Sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa terlalu manis dan karbohidrat olahan.
4.) Hindari minuman yang memiliki kafein, diantaranya teh, kopi juga soda. Walaupun Anda tidak menderita maag sebaiknya minuman-minuman ini harus dihindari untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
5.) Hindari rokok karena bisa memperburuk kondisi maag Anda.
6.) Hindari mengkonsumsi obat-obatan yang beresiko memperparah terjadinya peradangan didalam lambung.

Beberapa hal yang dianjurkan bagi penderita maag :

1.) Ketika sahur sebaiknya pilihlah makanan yang bisa dicerna secara lambat oleh tubuh agar perut bisa kenyang lebih lama.
2.) Konsumsi makanan yang kaya serat, karbohidrat, kalium dan magnesium misalnya kurma.
3.) Kacang almond juga memiliki kandungan serat dan protein yang baik untuk tubuh.
4.) Selain kurma dan kacang almond, pisang juga merupakan makanan yang baik dikonsumsi karena memiliki kandungan karbohidrat, kalium dan juga magnesium yang baik bagi tubuh.
5.) Konsumsi makanan yang dipanggang daripada makanan yang digoreng.
6.) Pada saat berbuka puasa, sebaiknya Anda makan secara sedikit-sedikit dengan porsi yang kecil. Apabila masih merasakan lapar sebaiknya Anda lanjutkan setelah selesai tarawih.
7.) Agar maag tidak kambuh pada siang hari sebisa mungkin untuk tidak melewatkan makan sahur.
8.) Apabila dibutuhkan Anda bisa mengkonsumsi obat maag sesuai anjuran dari dokter.
9.) Perbanyak minum air putih ketika sahur dan berbuka.

Diatas merupakan Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag, pada umumnya asam lambung akan mengalami peningkatan pada siang hari. Maka dari itu, Anda sebaiknya selalu waspada terhadap gejala maag yang mungkin saja muncul pada saing hari. Anda tentu lebih mengenal kondisi kesehatan tubuh sendiri.

Baca juga : Gejala Awal Penyakit Maag

Biasanya bagi penderita maag yang sifatnya fungsional bisa melakukan ibadah puasa bahkan sakit maag yang dideritanya bisa sembuh, namun bagi penderita maag organik diharuskan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter ahli, agar bisa diketahui penyebab dan solusi terbaiknya. Sekian artikel tentang tips melakukan puasa bagi orang yang menderita maag. Semoga bisa bermanfaat, agar maag bisa sembuh sebaiknya membiasakan diri untuk makan secara sehat dan teratur.


Lihat Juga :
Updated :