Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi, Menurut penelitian yang dilakukan oleh Center of Disease Control and Prevention, disebutkan bila defisiensi atau kekurangan zat besi merupakan bentuk paling umum dari kekurangan gizi, terutama bagi wanita hamil dan anak-anak. Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan anemia.

Bayam Salahsatu Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Gambar Ilustrasi Sumber Zat Besi

Hal tersebut membuat tubuh rentan terhadap infeksi dan penyakit, bahkan juga dapat membuat ibu hamil mengalami persalinan prematur. Melihat hal tersebut, tentunya tidak salah bila Anda mulai hari ini memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Pilihlah sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi. Misalnya saja yang ada pada daftar berikut.

1. Buncis
Makanan yang kaya akan zat besi yang pertama adalah buncis. Setiap cangkir buncis diteliti memiliki kandungan zat besi sebesar 5 mg. Selain itu, buncis juga kaya akan protein nabati. Hal tersebut membuat buncis menjadi bahan makanan yang cocok bagi Anda yang kurang suka dengan makanan-makanan bersumber dari hewan. Anda bisa mengolah buncis menjadi tumis maupun sayuran. Bisa juga diolah menjadi salad maupun pasta sebagai cemilan saat siang hari.

2. Kacang-kacangan
Semua jenis atau varietas dari kacang merupakan sumber zat besi yang baik. Anda bisa mendapatkan sekitar 3-7 mg zat besi dari kacang-kacangan per cangkirnya. Dengan tingginya zat besi pada kacang-kacangan, varietas ini sangat cocok dijadikan bahan makanan sehari-hari. Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik, Anda bisa mencampurkannya dengan nutrisi yang dapat membantu penyerapan zat besi, yaitu vitamin C. Misalnya saja Anda bisa menggabungkan kacang polong dengan paprika, kale, kembang kol, dan brokoli.

3. Hati
Sebagian orang mungkin kurang menyukai bagian hati dan jeroan dari ayam. Padahal perlu kita ketahui bersama, kedua bagian dari organ ayam tersebut merupakan sumber zat besi yang baik. Belum lagi ditambah mineral, protein, dan vitamin yang tinggi di dalamnya. Misalnya saja hati sapi yang memberikan sekitar 5 mg zat besi per potongnya. Namun begitu, tentunya hati dan jeroan bila tidak diolah dengan baik ataupun dimakan secara berlebihan akan berdampak buruk, karena hati kaya akan kolesterol. Bila Anda kurang suka dengan hati, Anda bisa coba menggantinya dengan bahan makanan yang hampir mirip, dikarenakan tingginya protein, seperti daging merah dan kuning telur. Kedua bahan makanan ini memiliki sekitar 2-3 mg zat besi.

4. Bayam
Bayam merupakan salah satu bahan makanan populer di Indonesia. Biasanya masyarakat kita membuatnya menjadi sayur. Namun lebih daripada itu, bayam dimasak maupun dimakan mentah memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Itu mengapa, jika Anda melihat kekuatan Popeye berasal dari sayur bayam.

Menurut penelitian, di dalam secangkir bayam yang dimasak terdapat sekitar 6 mg zat besi, ditambah dengan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A dan E, kalsium, protein, dan serat. Sayangnya anak-anak kurang suka dengan sayur bayam. Sebagai solusinya Anda sebagai orang tua bisa mengolah bayam menjadi makanan yang unik, menyelipkannya di dalam roti, ataupun membuat keripik bayam.

5. Biji labu
Biji labu juga merupakan sumber zat besi yang baik dan cemilan yang lezat. Dalam satu cangkir biji labu terdapat setidaknya 2 mg zat besi. Anda bisa membuat biji labu menjadi camilan dengan digoreng. Bisa juga dipadukan dengan roti, muffin, ataupun sebagai topping bagi salad. Biji labu juga bisa dipanggang sehingga teksturnya lebih renyah.

Lainnya :

6. Kedelai
Kedelai sebenarnya merupakan salah satu jenis kacang-kacangan, namun kita akan bahas pada poin yang berbeda. Dalam satu setengah cangkir kedelai terdapat sedikitnya 4 mg zat besi. Kedelai juga merupakan sumber mineral yang penting. Misalnya saja ada tembaga yang diteliti baik untuk pembuluh darah dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ada juga mangan yang banyak terlibat dalam proses kimia di dalam tubuh. Kedelai juga mengandung vitamin, serat, dan asam amino. Anda bisa mengolah kedelai menjadi berbagai jenis makanan.

7. Tiram
Bila Anda suka dengan seafood, khususnya tiram, berbahagialah karena tiram merupakan salah satu makanan laut yang kaya akan zat besi. Dalam satu buah tiram terdapat sekitar 3 sampai 5 mg zat besi. Tiram juga dilengkapi dengan zinc dan vitamin B12. Selain tiram, hewan laut lainnya, seperti kerang, cumi-cumi, tuna, salmon, dan haddock juga kaya akan zat besi.

8. Telur
Telur bukan saja kaya akan protein dan antioksidan yang dipadu dengan vitamin, namun juga zat besi. Setidaknya dalam satu buah telur terdapat 1 mg zat besi. Dengan semua kandungannya tersebut, telur menjadi hidangan tepat bagi penderita anemia. Bahkan dianjurkan untuk mengonsumsi telur setiap hari. Anda bisa mengolah telur menjadi sarapan maupun makan malam dengan cara direbus ataupun digoreng.

9. Delima
Bila Anda sedang memilih buah sebagai sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi, maka delima adalah pilihan yang tepat. Delima kaya akan zat besi dan vitamin C. Menurut penelitian, buah delima dapat membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh, sehingga baik untuk mengatasi gejala-gejala berkenaan dengan anemia, seperti pusing, lemah, lelah, dan kehilangan fungsi pendengaran. Untuk mengolah delima bisa dengan cara dimakan langsung.

10. Roti gandum
Roti gandum diteliti dapat memenuhi 6 persen kebutuhan harian tubuh akan zat besi. Roti gandum merupakan sumber zat besi non hewani yang dapat secara efektif mengatasi defisiensi besi. Oleh sebab itu, bila Anda biasanya sarapan dengan roti putih, segeralah ganti dengan roti gandum. Setidaknya konsumsi 2-3 potong roti gandum setiap hari.

11. Madu
Madu juga bisa Anda jadikan sumber zat besi yang baik. Setiap 100 gram madu terdapat 0,42 mg zat besi. Selain zat besi, madu juga kaya akan mineral lainnya, seperti magnesium dan tembaga. Semua nutrisi tersebut membuat madu berkhasiat untuk meningkatkan hemoglobin. Anda sendiri bisa mengonsumsi 1 sdm yang dicampurkan dengan segelas jus lemon. Konsumsi setiap hari, terutama bila Anda terkena anemia.

12. Apel
Selain delima, buah lainnya yang dapat dijadikan sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi adalah apel. Buah ini sangat terkenal akan manfaatnya untuk meningkatkan kadar zat besi. Dalam 100 gram apel terdapat 0,12 mg zat besi. Di dalam buah ini juga terdapat vitamin C yang diteliti dapat membantu tubuh dalam proses penyerapan zat besi non hewani. Selain apel dan delima, ada juga buah kurma yang sama-sama memiliki kandungan zat besi tinggi.

Makanan Mengandung Zat Besi Tinggi

Zat besi merupakan salah satu senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Oleh sebab itu, semoga daftar sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi di atas dapat membuat Anda lebih mudah memilih jenis makanan sehat sehari-hari.

Baca Juga : 9 Makanan Alami untuk Kesehatan Mata

Jangan sampai, karena ketidaktahuan membuat tubuh kita kekurangan zat besi, sehingga menyebabkan tubuh mudah lemas dan lesu, bahkan mengalami anemia. Bahkan bila dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, depresi, hingga kerentanan tubuh terhadap infeksi.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :