Sakit Maag? Sebaiknya Hindari Makanan ini Saat Puasa

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Sakit Maag? Sebaiknya Hindari Makanan ini Saat Puasa, Ketika penderita maag berpuasa khususnya berpuasa dibulan Ramadhan yang mana puasa lebih lama yakni satu bulan maka diharuskan untuk bisa menjaga pola makan dengan baik sehingga sakit maag tidak kambuh ketika menjalankan ibadah puasa.

Sakit Maag Sebaiknya Hindari Makanan ini Saat Puasa

Gambar Ilustrasi

Maag atau tukak lambung atau dikenal dengan radang lambung merupakan salahsatu masalah kesehatan pada pencernaan yang disebabkan oleh adanya luka atau peradangan pada bagian lambung. Ini bisa dipicu karena konsumsi makanan tertentu, pola makan kurang teratur, dan stres.

Makanan juga bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit maag maka dari itu, sebisa mungkin untuk jeli dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, karena jika salah mengkonsumsi makanan, maka bisa memicu timbulnya maag saat puasa. Penderita maag dianjurkan untuk bisa memilih makanan yang ramah untuk lambungnya dan menghindari makanan yang beresiko mengganggu kesehatan lambung penderita maag.

Makanan yang Harus Dihindari ketika Puasa Bagi Penderita Sakit Maag

Dibawah ini merupakan beberapa menu makanan yang sebaiknya dihindari di bulan puasa bagi penderita maag.

1.) Cokelat
Cokelat merkipun memiliki rasa yang cukup enak untuk dikonsumsi dan memiliki banyak penggemar, ternyata bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Hal ini dikarenakan cokelat memiliki kandungnan kafein dan stimulan seperti theobromine yang bisa menjadi penyebab kenaikan asam lambung.

2.) Soda
Di bulan puasa sebaiknya Anda menghindari konsumsi minuman bersoda. Hal ini disebabkan karena gelembung soda yang dimimnum bisa terjebak dalam perut sehingga bisa beresiko menyebabkan naiknya asam lambung. Selain daripada itu, minuman bersoda memiliki kandungan kafein yang sifatnya asam sehingga dikhawatirkan soda bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi bermasalah dan kesehatan terganggu.

3.) Gorengan / Makanan yang digoreng
Banyak orang yang menyukai makanan-makanan yang digoreng, padahal makanan tersebut memiliki banyak kandungan lemak yang bila dikonsumsi bisa meningkatkan resiko naiknya asam lambung. Maka dari itu, bagi Anda yang menyukai gorengan sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang digoreng selama melakukan puasa, dikhawatirkan asam lambung naik ketika menjalankan puasa.

4.) Susu tinggi lemak
Pada umumnya makanan-makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung. Maka dari itu, jika Anda memiliki masalah dengan pencernaan Anda khususnya lambung sebaiknya produk yang memiliki kandungan lemak tinggi dihindari dulu.

5.) Daging tinggi lemak
Jenis daging yang tinggi akan lemak juga bisa menyebabkan kenaikan asam lambung. Diantra daging tinggi lemak tersebut yakni daging sapi atau daging kambing. Hal ini disebabkan mengkonsumsi daging bisa beresiko menaikan kondisi asam lambung. Sebaiknya Anda mengkonsumsi daging dengan tempo frekuensi tertentu misal seminggu sekali dan jangan terlalu sering.

Selain makanan, dibawah ini merupakan beberapa asupan yang harus dihindari penderita maag ketika puasa :

1.) Makanan yang mengandung Gas
Penderita maag sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gas seperti kol. Selain itu, buah-buahan contoh nangka, kedondong, pisang ambon, dan buah yang dikeringkan sebaiknya dihindari. Minuman beroda juga harus dihindari karena mengandung gas. Kebiasaan kurang baik seperti merokok dan mengkonsumsi permen karet juga harus dihindari karena bisa meningkatkan resiko naiknya gas dalam lambung.

2.) Merusak dinding lambung
Beberapa makanan bisa mengakibatkan rusaknya dinding lambung, diantara makanan tersebut yakni makanan pedas, cuka, dan makanan yang memiliki kandungan merica. Jika jenis makanan ini dikonsumsi secara terus-menerus kesehatan lambung bisa terganggu. Selain penderita maag, setiap orang juga dianjurkan untuk meminimalkan konsumsi jenis makanan ini.

3.) Merangsang asam lambung
Ketika sahur ataupun malam hari sebaiknya hindari minum kopi.

4.) Melemahkan klep kerongkongan
Makanan yang mengandung lemak seperti gorengan, cokelat dan makanan tinggi lemak lainnya bisa menjadi pemicu naiknya cairan lambung pada kerongkongan. Hal ini bisa terjadi apabila mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dengan porsi yang berlebihan sehingga menyebabkan klep kerongkongan menjadi lemah.

5.) Sumber karbohidrat
Meskipun karbohidrat bagus untuk dikonsumsi sebagai cadangan energi namun beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat sebaiknya dihindari, diantaranya ketan, mie, bihun, jagung, singkong, ubi, pasta dan talas.

6.) Makanan yang sulit dicerna
Ada berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi. Tapi beberapa makanan tersebut ada yang sulit untuk dicerna oleh lambung sehingga akan menyebabkan lambung bekerja lebih berat. Diantara makanan yang agak sulit dicerna oleh lambung yaitu makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, cake dengan cream, cokelat dan juga keju.

Baca juga : Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Diatas merupakan beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat bulan puasa. Jika sakit maag atau masalah kesehatan Anda terganggu bisa menyebabkan ibadah puasa Anda juga terganggu maka dari itu Anda sebaiknya harus pintar dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi sehingga puasa bisa berjalan dengan lancar.


Lihat Juga :
Updated :