Sakit Kepala Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Sakit kepala bisa jadi merupakan gejala penyakit serius, hal ini dikarenakan ada beberapa sakit kepala yang diakibatkan oleh adanya gangguan-gangguan tertentu yang terjadi pada bagian kepala sehingga harus lebih diwaspadai. Meskipun sakit kepala merupakan gejala yang umum terjadi, dan mungkin pernah dirasakan oleh setiap orang, tentu saja sakit kepala jangan dianggap sakit biasa, karena bisa saja sakit kepala merupakan salahsatu sinyal dan merupakan gejala penyakit serius yang ada pada tubuh.

Sakit kepala bisa merupakan salahsatu gejala dari adanya pendarahan otak, meningitis atau penyakit serius lainnya, sehingga perlu adanya perhatian lebih dari tenaga medis.

Sakit Kepala Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Sakit Kepala Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Gambar ilustrasi

Beberapa hal harus Anda perhatikan ketika sakit kepala menyerang Anda, seperti dikutip dari Mirror, simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1.) Penyebab
Ketegangan kulit kepala dan juga otot leher, merupakan penyebab tiga dari empat orang yang mengalami sakit kepala. Hal ini diakibatkan adanya stres. Sehingga apabila ketegangan pada kepala terjadi, akan mengakibatkan rasa sakit atau nyeri, yang biasanya dirasakan pada bagian belakang atau bagian depan kepala. Sehingga mungkin kepala akan terasa dibalut dengan kain yang ketat dan terasa sakit cenat-cenut.

Penyabab sakit kepala lainnya juga masih banyak, misalnya saja karena makan tidak teratur, suara bising, melakukan perjalanan panjang, udara yang sesak, cuaca yang kurang bersahabat, demam, terlalu lama tidur, sinusitis, bahkan sakit kepala bisa terjadi karena sakit gigi.

Ada juga sakit kepala akibat migrain dimana, sakit kepala yang dirasakan hanya satu sisi kepala selain itu mata juga agak terasa sakit. Gejala migrain juga bisa disertai dengan gejala mual yang terasa.

2.) Sakit Kepala Butuh Pengobatan Apabila,
Seperti yang dikutip dari Mirror, dr Miriam Stoppard menjelaskan bahwa sakit kepala berat biasanya disertai dengan adanya demam, leher yang terasa kaku, dan ruam yang bisa jadi merupakan gejala dari meningitis, yang merupakan suatu keadaan di mana selaput yang menutupi bagian otak dan sumsum tulang belakang mengalami peradangan. Selain itu sakit kepala yang muncul secara mendadak dan terasa seperti dipukul pada bagian belakang kepala bisa menyebabkan perdarahan subarachnoid, merupakan pendarahan yang terjadi diantara selaput yang menutupi otak.

Selain itu pada orang yang sudah lanjut usia, sakit pada bagian kulit kepala bisa terjadi karena arteritis temporalis, yang bisa menyebabkan pembuluh darah pada bagian kepala terjadi peradangan.

3.) Hal yang Perlu Dilakukan
Apabila setelah Anda memeriksakan diri kepada dokter dan dokter mendiagnosis ada sesuatu yang menjadi pemicu kepala Anda menjadi sakit, Anda disarakan melakukan tes seperti CT Scan atau MRI otak. Selain melakukan tes tersebut Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter ahli saraf.

4.) Pengobatan Sakit Kepala
Selain itu, dr Miriam juga menjelaskan bahwa pengobatan pada orang yang mengalami sakit kepala itu tergantung dari apa penyebabnya. Seperti, sakit kepala yang disebabkan oleh adanya ketegangan otot, biasanya jenis sakit kepala seperti ini bisa disembuhkan tanpa minumobat dengan melakukan istirahat, relaksasi dan makan dengan teratur. Anda juga perlu mengetahui tentang obat penghilang rasa sakit, terutama yang memiliki kandungan kodein bisa menyebabkan sakit kepala juga. Sebaiknya hindari penggunaan obat tanpa resep dokter.

Nah, diatas merupakan artikel tentang informasi sakit kepala yang mungkin saja merupakan salahsatu gejala adanya penyakit serius pada tubuh.

Jika Anda mendapati bahwa sakit kepala Anda terasa sakit atau terus menerus Anda rasakan, meskipun sudah istirahat, Anda sebaiknya langsung memeriksakan diri kepada dokter dan melakukan konsultasi langsung sehingga bisa diobati dengan cepat dan tepat dan rasa nyeri sakit kepala dapat hilang dan sembuh.

Baca juga :  Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca Harian Sehat. Sekecil apapun masalah kesehatan Anda sebaiknya Anda tetap waspada dan melakukan deteksi dini. Deteksi dini bisa dilakukan dengan berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis lainnya. Namun yang terpenting adalah menjaga gaya hidup sehat setiap harinya seperti melakukan olahraga rutin dan mencukupi gizi harian sehingga tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

Info :

    gejala kepala cenat cenut

Lihat Juga :
Updated :