Kenali Penyebab Utama Penyakit Jantung ini

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Mengenali Penyebab Utama Penyakit Jantung, Sebagai salahsatu penyakit yang berbahaya dan mengancam jiwa penyakit jantung sering kali tidak dikenali oleh para penderitanya. Bahkan banyak kasus penyakit jantung yang muncul secara tiba-tiba, mungkin ini dikarenakan orang belum banyak mengenal ciri-ciri penyakit jantung (baca : disini). Setelah Anda mengatahui bagaimana ciri awal orang terkena penyakit jantung, Anda tentu harus mengetahui juga apa penyebab utama munculnya penyakit jantung ini.

Penyabab Penyakit Jantung

Gambar Ilustrasi

Apabila Anda mengatahui berbagai penyebab utama yang dapat memicu munculnya penyakit jantung ini, maka Anda bisa menghindari dari resiko terserangnya penyakit jantung. Penyakit jantung bisa diderita oleh siapa saja yang mengabaikan gaya hidup sehat, seperti kebiasaan merokok dan kebiasaan tak sehat lainnya. Maka dari itu mengenali penyebab penyakit jantung sangatlah penting.

Penyebab Utama Penyakit Jantung

Dibawah ini merupakan beberapa penyebab utama penyakit jantung yang perlu Anda ketahui :

1. Tekanan Darah Tinggi
Penyakit jantung sangat erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Maka dari itu Anda harus bisa mengontrol tekanan darah Anda, dengan begitu Anda bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Jika Anda terlanjur memiliki hipertensi lakukan kontrol kesehatan jantung setiap tahunnya minimal tiga kali.

2. Kadar Kolesterol Tinggi
Penyebab penyakit jantung selanjutnya adalah kadar kolesterol yang tinggi. Kolesterol tinggi merupakan salahsatu penyebab serangan jantung, dan dari kebanyakan kasus koelsterol tinggi sangat erat kaitannya dengan serangan jantung yang terjadi. Ini dikarenakan kolesterol yang tinggi dapat mmemancing munculnya plak pada bagian pembuluh darah sehingga akan mengganggu kinerja distribusi darah normal keseluruh tubuh sehingga dapat mengakibatkan gagal jantung.

3. Usia dan Jenis Kelamin
Resiko penyakit jantung bertambah tinggi seiring bertambahnya usia, apalagi jika usia seseorang sudah lebih dari 65 tahun. Seseorang yang sudah lansia bisa memiliki peluang besar tekena penyakit jantung, namun tidak menutup kemungkinan penyakit jantung juga diderita berbagai usia. Selain itu dibandingkan dengan wanita, pria lebih banyak yang menderita penyakit jantung.

4. Penyakit Kronis dan Keturunan
Penyakit jantung kebanyakan dipicu dari berbagai penyakit lainnya yang diderita oleh seseorang, misalnya obesitas dan diabetes merupakan salahsatu penyebab resiko seseorang terkena penyakit jantung. Selain itu faktor keturunan juga mempengaruhi, jika orang tua-nya memiliki riwayat penyakit jantung, peluang terserangnya penyakit jantung pada keturunannya lebih besar.

5. Gaya Hidup
Situs hariansehat.Com selalu menekankan untuk menjaga kesehatan dengan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat. Karena gaya hidup tak sehat seperti minum al+kohol, merokok, makan tidak teratur, tidur tidak teratur, dan gaya hidup tak sehat lainnya dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung.

Jika Anda telah mengetahui penyebab utama penyakit jantung diatas, segera ubah gaya hidup Anda menjadi gaya hidup yang sehat. Selalu perhatikan segala sesuatu dari segi kesehatan tubuh Anda, perhatikan setiap perubahan yang terjadi pada tubuh. Jika Ada sesuatu yang tidak biasa pada kesehatan Anda, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga : Penyebab Lain Penyakit Jantung

Selain itu, pengecekan kesehatan rutin juga bisa dilakukan untuk mengkonsumtasikan dan memeriksa keadaan kesehatan Anda. Semoga artikel penyebab utama penyakit jantung ini bisa bermanfaat, Mari peduli kesehatan! Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :