Apa Penyebab Terkena Osteoporosis di Usia Muda?

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Apa Penyebab Terkena Osteoporosis di Usia Muda? – Sebagian besar orang mengenal bahwa osteoporosis adalah penyakit yang menyerang lansia atau lanjut usia. Namun ternyata tak hanya menyerang di usia senja, Osteoporosis juga bisa beresiko pada orang yang masih berusia 20 tahunan. Ini bisa saja terjadi karena berbagai macam faktor salahsatunya adalah faktor dari konsumsi 0bat-0bat tertentu atau bahkan orang yang menderita anoreksia.

Ternyata diusia 20 tahunan juga, Osteoporosis bisa beresiko. Namun bukan disebabkan oleh proses yang bersifat fisiologis. Salahsatu faktor terbesarnya mungkin karena sering mengkonsumsi obat tertentu, misalnya saja orang yang memiliki riwayat penyakit asma biasanya mengkonsumsi kortiko steroid, dan hal tersebut membuat kalsium dalam tubuh menjadi berkurang.

Apa Penyebab Terkena Osteoporosis di Usia Muda?

Penyebab Terkena Osteoporosis di Usia Muda

Gambar Ilustrasi

Usia Muda sudah terkena Osteoporosis ini bukan disebabkan oleh adanya penuaan, akan tetapi disebabkan oleh berbagai faktor lain, misalnya saja konsumsi obat tertentu, pola makan hingga tubuh yang terlalu kurus dan tidak sesuai dengan berat badan yang ideal maka resiko terkena osteoporosis semakin meningkat.

Pada usia 20 tahunan jika kekurangan kalsium maka akan terjadi osteopoedi, namun masih bisa diatasi dengan menucukupi kebutuhan kalsium harian dengan baik. Makanan yang cukup tinggi kalsium diantaranya adalah teri. Kenapa teri? Teri memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan mudah untuk dikonsumsi. Selain itu cukupi kalsium dengan mengkonsumsi susu secara teratur misalnya saja susu yang memiliki kalsium yang tinggi dan makanan yang mengadnung kalsium lainnya (baca: 11 Makanan Sehat Pencegah Osteoporosis).

Kalsium yang dibutuhkan oleh orang yang berusia 9 sampai 18 membutuhkan asupan 1.300 mg, sedangkan orang yang berusia 19 sampai 50 tahun butuh asupan 1000 mg. Dengan cara tersebut Anda bisa menghitung kebutuhan kalsium yang Anda konsumsi, misalnya saja mengkonsumsi susu yang memiliki kalsium tinggi 500 mg, konsumsi makanan lainnya juga, hingga mencapai asupan kalsium harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dan menurut penelitian yang telah dilakukan, ternyata wanita di Indonesia memiliki rata-rata kalsium yang dikonsumsi cukup rendah dari standar. Sangat jauh dari kebutuhan kalsium perharinya, maka dari itu sedini mungkin agar pria maupun wanita bisa mencukupi kebutuhan kalsium hariannya, dan membiasakan diri hidup sehat. Sehingga resiko terkena osteoporosis atau osteopedi dapat dicegah lebih awal.

Penting juga diketahui bahwa penyakit Osteoporosis merupakan penyakit yang gejalanya tidak terlihat dengan jelas namun berbahaya, maka dari itu walaupun Anda merasa sudah memiliki badan yang sehat, namun asupan kalsium jangan diabaikan dan harus tetap terpenuhi. Cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kepadatan tulang Anda bisa dengan melakukan bone scan.

Baca juga : Cara Alami Mencegah Osteoporosis

Banyak orang yang percaya diri bahwa mereka masih muda dan sehat. Padahal setiap orang mungkin belum mengetahui kepadatan tulangnya dan mungkin sudah turun. Osteoporosis merupakan salahsatu silent disease atau penyakit yang menyerang secara diam-diam, gejala kurang terlihat namun jika terkena bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Maka dari itu, mari mulai menjaga kesehatan dengan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat, dan olahraga teratur. Jika Anda membiasakan diri untuk hidup sehat, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit dan tubuh terasa sehat dan bugar untuk melakukan berbagai aktivitas. Jangan lupa juga untuk istirahat dengan cukup karena tubuh memerlukan istirahat juga. Semoga bermanfaat dan Salam Sehat!

Artikel lain tentang Osteoporosis : Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita


Lihat Juga :
Updated :