Penyebab Sering Terkena Sariawan Pada Lidah dan Mulut

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Penyebab Sering Terkena Sariawan Pada Lidah dan Mulut, Masalah kesehatan yang muncul pada organ mulut selain sakit gigi dan bau nafas tak sedap adalah sariawan. Sariawan merupakan salahsatu dari masalah kesehatan yang menyerang rongga mulut diantaranya lidah, bibir bagian dalam, gusi, pipi bagian dalam bahkan tenggorokan dan sariawan ini seringkali muncul dan dialami oleh banyak orang. Sariawan meskipun tergolong masalah kesehatan biasa namun menimbulkan rasa perih pada mulut dan sangat menggangu berbagai aktivitas harian Anda. Terlebih lagi sariawan dapat muncul lebih dari satu pada bagian mulut yang membuat makan dan minum menjadi terasa perih dan menggangu.

Dalam bahasa medis sariawan dikenal dengan istilah stomatitis aphtous recurrent (SAR). Penyebab munculnya sariawan disebabkan karena munculnya perubahan pada struktur dan juga sel-sel yang berada pada rongga mulut seseorang. Faktor penyebab munculnya sariawan ada berbagai macam sehingga untuk dapat terhindar dari sariawan Anda harus memperhatikan faktor-faktor penyebabnya agar dapat Anda hindari namun ada juga faktor hormonal yang menyebabkan munculnya sariawan ini.

Penyebab Sering Sariawan Pada Lidah & Mulut

Penyebab Sering Sariawan Pada Mulut dan Lidah

Gambar Ilustrasi

Diantara penyebab sering munculnya sariawan dapat muncul disebabkan karena kondisi perubahan hormonal, misalnya pada remaja yang mengalami pubertas, menstruasi, stress bahkan pada saat mengalami kehamilan. Seperti contoh, apabila tubuh mengalami stres maka akan membuat asam lambung mengalami peningkatan dan akhirnya terkana tukak lambung, namun tak hanya lambung yang akan terkena dampaknya namun juga pada daerah rongga mulut akan mengalami perubahan sel-sel dan mengakibatkan terjadinya sariawan.

Penyebab Sering Sariawan

Dibawah ini beberapa daftar faktor penyebab sariawan :

1.) Mulut Terigigit, hal ini merupakan hal yang banyak orang alami. Biasanya mulut tergigit disebabkan karena terlalu cepat bahkan sering juga ketika berbicara tak sengaja tergigit.
2.) Kurangnya berbagai nutrisi diantaranya kurang zat besi, vitamin B12 dan juga vitamin C bisa menjadi penyebab munculnya sariawan.
3.) Ciri dari adanya masalah pada pencernaan.
4.) Kebersihan mulut yang kurang terjaga.
5.) Melemahnya daya tahan tubuh.
6.) Penggunaan pasta gigi yang kurang cocok dengan mulut.
7.) Mengkonsumsi makanan yang menjadi penyebab sariawan.

Selain daripada penyebab sariawan diatas, munculnya sariawan juga dapat terjadi akibat adanya faktor dari genetik dan faktor pemicunya. Untuk kasus faktor genetik biasanya diturunkan dari orangtuanya yang mengakibatkan seseorang rutin terkena sariawan dan untuk faktor pemicu munculnya sariawan bisa disebabkan oleh banyak faktor diantarnaya hormonal, stress, alergi, anemia dan pada saat menstruasi.

Selain itu sekarang ini sedang trennya penggunaan kawat gigi, apabila pemasangan kawat gigi tidak pas maka seseorang bisa mengalami sariawan dan alergi. Selain itu faktor kekebalan tubuh juga merupakan faktor yang bisa menjadi pemicu munculnya sariawan dikarenakan jamur dan kuman bisa menyerang pada tubuh yang memiliki sistem imun yang lemah. (baca juga : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh)

Pada umumnya orang lebih sering menganggap sariawan disebabkan karena kurangnya asupan vitamin C namun sebenarnya tidak hanya vitamin C saja, kekurangan vitamin lain termasuk vitamin B juga bisa menyebabkan seseorang terkena sariawan.

Kebanyakan orang dari sejak dahulu hingga sekarang menganggap bahwa penyakit yang membuat mulut menjadi tak enak disebut oleh mereka sebagai sariawan, namun nyatanya tidak. Beberapa jenis penyakit mulut dapat terjadi dikarenakan kurangnya vitamin C namun bukan sariawan. Pada umumnya masalah ini terjadi pada bagian gusi yang menjadikan gusi menjadi berdarah. Namun untuk jenis sariawan biasanya bukan karena kurang vitamin C saja namun juga kekurangan jenis vitamin lainnya seperti vitamin B dan vitamin lainnya.

Baca juga  : Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Maka dari itu, agar sariawan tidak cepat kambuh kembali maka seseorang harus bisa mencari tahu apa yang menjadi penyebab sering mengalami sariawan tersebut agar bisa diobati dan sariawan tidak sering terulang. Contoh, apabila sariawan terjadi disebabkan faktor stress maka seseorang tersebut sebisa mungkin harus menghindari stres.


Lihat Juga :
Updated :