Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Penyebab Sakit Gigi dan Cara Alami Mengatasinya, Masalah kesehatan pada gigi menjadi salahsatu aspek penting tentang kesehatan yang perlu diperhatikan. Karena gigi merupakan organ yang sangat berperan penting yang digunakan untuk mengunyah makanan yang kita konsumsi. Apabila gigi rusak atau terasa sakit maka proses dalam penghancuran makanan yang terjadi pada mulut menjadi kurang maksimal.

Untuk menghindari dari masalah gigi seperti sakit gigi atau untuk mengobati sakit gigi, maka pengetahuan tentang penyebab rusaknya gigi menjadi hal yang penting untuk diketahui. Sakit gigi bisa menyebabkan gigi ngilu, berdenyut-denyut bahkan orang yang sakit gigi biasanya tidak bisa tidur nyenyak dimalam hari karena merasakan sakit.

Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Gambar Ilustrasi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai faktor salahsatunya adalah rusaknya struktur gigi. Seperti yang dilansir dari mediskus, dibawah ini merupakan beberapa penyebab seseorang mengalami sakit gigi :

1.) Rusaknya Gigi
Kerusakan gigi adalah salahsatu penyebab terjadinya sakit gigi yang paling sering dialami banyak orang. Pada mulanya hanya muncul lubang kecil yang tanpa disadari lubang tersebut menjadi tambah besar dan menembus email gigi dan sampai pada lapisan dentin gigi maka gigi akan lebih sensitif dan akan mudah merasakan sakit pada gigi. Kemudian gigi akan berlubang menuju lapisan terdalam dan bisa menyebabkan rasa sakit pada gigi yang sering kambuh berkepanjangan dan merasakan sakit yang berdenyut. Apabila terjadi infeksi pada gigi berlubang maka jaringan pulpa tidak berfungsi dan akan mengakibatkan nanah pada bagian bawah akar gigi.

2.) Erosi Gusi
Menggosok gigi dengan cara yang kurang tepat bisa menyebabkan erosi pada bagian gusi yang akhirnya bisa mengakibatkan erosi pada bagian akar gigi. Hal ini akan menjadikan gigi memiliki sensitivitas yang lebih terhadap beberapa jenis makanan misalnya makanan yang terasa dingin, panas dan makanan yang memiliki rasa asam. Selain itu makanan dan minuman yang asam juga bisa memperburuk keadaan gigi.

3.) Gigi Miring
Struktur gigi yang tidak rata atau miring bisa menjadi salahsatu penyebab gigi terasa sakit. Rasa sakit ini diakibatkan karena pada saat gigi mengunyah makanan maka tekanan tidak merata sehingga gigi miring bisa terpengaruh dan menyebabkan rasa sakit.

Lainnya :

4.) Gusi Bengkak
Masalah pada gusi juga masih berhubungan dengan sakit gigi, hal ini dikarenakan jika bagian gusi pada mulut mengalami peradangan yang menyebabkan bengkak, merah dan bahkan berdarah akan menjadikan gusi mengalami infeksi dan bagian gigi yang masih berhubungan dengan gusi ini kemudian akan mengalami rasa sakit.

5.) Benturan Pada Gigi
Penyebab sakit gigi selanjutnya disebabkan karena terjadinya trauma atau gigi pernah terbentur dengan sesuatu yang akhirnya menyebabkan gigi patah dan menjadi bergoyang. Jika hal ini terjadi biasanya seseorang akan merasakan sakit gigi.

6.) Tumbuh Gigi Bungsu
Penyebab sakit gigi lainnya biasanya pada saat akan tumbuh gigi bungu atau graham. Ketika gigi ini akan tumbuh biasanya seseorang akan merasakan sakit pada bagian giginya. Biasanya hal ini disebabkan karena gigi bungsu tersebut tidak memiliki cukup ruang ketika sedang tumbuh dan mengakibatkan tekanan pada gigi yang letaknya berdekatan sehingga gigi akan terasa sakit.

7.) Perawatan Ortodontik
Pada saat setelah memasang kawat gigi atau melakukan perawatan ortodontik dalam menyelaraskan gigi menggunakan kawat gigi biasanya menyebabkan rasa sakit pada gigi meskipun hanya terjadi dalam waktu singkat.

Nah, diatas merupakan beberapa penyebab sakit gigi untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan karena sakit gigi, Anda bisa baca pada artikel sebelumnya : Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi secara Alami.

Gigi merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam proses mengolah makanan maka dari itu dengan mengetahui penyebab sakit gigi Anda bisa mengetahui perawatan gigi yang tepat untuk menjaga gigi Anda agar bisa tetap sehat dan kuat. Selain itu sebaiknya Anda pintar-pintar dalam memiliki makanan dan minuman, hindari makanan dan minuman yang dapat merusak gigi. Jangan lupa agar gigi Anda tetap sehat dan kuat untuk merawatnya dengan menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami

Sekian artikel tentang “Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya” semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda seputar kesehatan gigi. Tips lainnya juga bisa Anda lakukan yaitu berkumur menggunakan air setelah mengkonsumsi makanan agar sisa-sisa makanan bisa keluar dari sela-sela gigi sehingga gigi tidak mudah rusak karena sisa makanan yang menempel pada gigi. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :