Penyebab Rambut Rontok dan Semakin Menipis

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Penyebab Rambut Rontok dan Semakin Menipis, Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, memiliki rambut yang sehat dan berkilau tentu saja di inginkan oleh setiap orang. Namun beberapa kebiasaan yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang bisa menjadi salahsatu penyebab kenapa rambut bisa mengalami masalah, misalnya masalah kerontokan sehingga rambut menjadi semakin tipis.

Masalah kerontokan rambut dan rambut menjadi semakin tipis merupakan salahsatu masalah yang umumnya dialami banyak orang, diantaranya orang dewasa dan lanjut usia. Selain melakukan langkah pencegahan, tentu saja Anda harus mengetahui kenapa rambut bisa rontok dan menjadi semakin menipis.

Apa Penyebab Rambut Rontok?

Penyebab Rambut Rontok dan Semakin Menipis

Gambar Ilustrasi

Meskipun tidak berdampak terlalu buruk bagi kesehatan tubuh, namun masalah ini akan menyebabkan Anda menjadi kurang percaya diri. Apabila telah mengetahui cara mencegah dan penyebab kerontokan rambut maka Anda bisa tahu bagaimana menjaga kesehatan dan keindahan rambut Anda.

Penyebab Rambut Rontok dan Semakin Menipis

Beberapa faktor bisa menjadi penyebab rambut rontok, bahkan tak sedikit juga disertai rambut patah. Untuk mengetahui kebiasaan sehari-hari dan faktor lain dari rambut rontok simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1.) Mandi Air Panas
Kulit dehidrasi bisa disebabkan oleh air panas, yang bisa mengakibatkan rambut menjadi kering, rapuh, rentan patah sehingga menyebabkan kerontokan. Seperti yang dituturkan oleh Ryan Welter, MD yang merupakan ahli bedah transplantasi rambut di Boston, mengatakan bahwa : “Panas menyebabkan akar rambut menjadi rusak sehingga rambut menjadi lebih mudah rontok.” Maka dari itu lebih baik menggunakan air dingin untuk ketika Anda membilas rambut.

2. Diet
Menurut Paradi Mirmirani yang merupakan dermatologis valleji, California apabila tubuh lapar maka memaksa tubuh agar mengarahkan energi yang dimiliki untuk fungsi lain, misalnya membantu dalam kinerja jantung dan otak. Sehingga, apabila Anda melakukan diet yang tidak sehat akan mengganggu kebutuhan nutrisi untuk rambut Anda. Maka dari itu agar rambut Anda tetap sehat, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein rendah lemah seperti ikan, ayam dan jenis kacang-kacangan. Menurut Paradi, dengan adanya asupan protein maka rambut akan sangat terbantu.

3. Terpapar Matahari
Sinar Ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari bisa mengikis elastisitar rambut seseorang. Menurut para ahli, lapisan kutikula akan mengalami pelemahan apabila terus terkena paparan sinar UV, yang mengakibatkan rambut menjadi mudah rapuh dan mengalami kerontokan. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menggunakan topi atau jenis pelindung rambut lainnya agar rambut Anda tidak terkena sinar ultraviolet secara langsung. Apabila memungkinkan, Anda bisa menggunakan kondisioner pada rambut Anda yang berfungsi untuk mencegah kerusakan rambut yang diakibatkan oleh sinar UV.

4. Mengeringkan Rambut Sembarangan
Kebiasaan menggunakan handuk kering secara terburu-buru untuk mengeringkan rambut yang masih basah bisa menyebabkan kutikula pelindung rambut menjadi terangkat. Sehingga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Cara yang lebih baik, Anda disarankan untuk mengeringkan rambut basah dengan lembut dan jangan terburu-buru.

5. Ikat Rambut Terlalu Kencang
Penyebab rambut rontok selanjutnya yaitu disebabkan oleh ikat rambut. Anda harus berhati-hati kerika mengikat rambut. Mengikat rambut terlalu kencang tidak disarankan karena akan mengakibatkan folikel rambut menjadi rusak. Menurut Doris Day, MD yang merupakan ahli dermatologi dari NYC emngungkapkan bahwa mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan ketegangan pada bagian folikel rambut. Apabila folikel rambut mengalami kerusakan permanen, maka tidak memungkinkan rambut tumbuh lagi. Maka dari itu Anda disarankan untuk mengendurkan ikatan pada rambut Anda, dan tarik dengan lembut pada saat akan mengikat rambut dan jangan terlalukuat mengikatnya.

6. Shampo
Menggunakan shampo sebenarnya boleh-boleh saja, akan tetapi tidak semua shampo bisa cocok dengan rambut Anda. Lebih disarankan untuk menggunakan shampo yang memiliki kandungan bahan kimia yang lebih sedikit. Penggunaan shampo yang tidak sesuai dengan rambut yang Anda miliki maka

7. Stres Fisik
Stress fisik seperti kecelakaan atau cedera fisik bisa menyebabkan timbulnya beberapa kerusakan pda pertumbuhan rambut pada tubuh. Rambut akan mengalami kerontokan sementara atau yang disebut dengan telogen effluvium. Namun ramut akan kembali tumbuh sesuai dengan proses pemulihan tubuh Anda.

8. Kehamilan
Pertumbuhan rambut seseorang pada saat kehamilan akan terpengaruh karena terjadinya perubahan hormonal dalam tubuh, beberapa tekanan fisik, mental atau stres. Namun kondisi ini hanya akan terjadi pada masa kehamilan san sementara setelah seseorang melahirkan. Dan dengan melakukan perawatan yang tepat pertumbuhan rambut bisa dipertahankan.

9. Trikotilomania
Kondisi ini biasanya mengacu pada seseorang yang memiliki kebiasaan mencabuti rambut. Padahal cara ini bisa menyebabkan bagian tertentu pada kulit kepala menjadi bitak. Namun jika kebiasaan seperti ini disertai pertumbuhan rambut yang baik tentu rambut bisa kembali tumbuh. Disarankan jangan terlalu sering mencabut rambut dikepala Anda karena bisa menyebabkan kebotakan secara permanen.

10. Genetik
Faktor keturunakn juga masih erat kaitannya dengan pertumbuhan dan perawatan rambut. Apabila orang tua atau keluarga Anda memiliki riwayat rambut yang rontok dan botak maka kemunngkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang tidak jauh berbeda.

11. Menopause
Kerontokan rambut juga terjadi pada masa menopause karena tidakseimbangan hormon dalam tubuh. Selain dari pada itu, kelelahan dan stress emosional juga menjadi penyebab rambut rontok secara tiba-tiba. Cara agar masalah ini dapat teratasi yakni dengan menjaga hormon esterogen dalam tubuh tetap seimbang.

12. Penyakit Tiroid
Penyebab rambut rontok berikutnya adalah penyakit tiroid. Hormon tiroid yang tidak seimbang bisa menyebabkan rambut rontok. Baik penurunan (hypothyroidsm) atau pun peningkatan (hipertiroidisme), bisa menyebabkan rambut rontok secara berlebihan.

Selain Penyebab Rambut Rontok dan Semakin Menipis yang telah disebutkan diatas, masih banyak faktor lainnya yang menjadi penyebab kerontokan rambut sehingga rambut mengalami penipisan, seperti masalah ketombe dan faktor lainnya.

Untuk melakukan pencegahan, Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut Anda. Selain itu, perawatan rambut dari luar juga sangat penting agar rambut dapat sehat, kuat sehingga tidak mudah rontok.

Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Semoga artikel Penyebab Rambut Rontok dan Semakin Menipis ini bisa bermanfaat untuk pembaca HarianSehat.Com. Gaya hidup sehat menjadi hal terpenting yang perlu Anda lakukan dan biasakan agar rambut Anda tetap sehat, bahkan jika gaya hidup sehat terus diterapkan tak hanya rambut saja yang sehat tetapi seluruh tubuh Anda akan sehat dan bugar. Jaga terus kesehatan Anda dan Salam Sehat!

Info :

    cara mengatasi rambut rontok karena menipis, mengapa rambut rontok pada usia lanjut, penyebab akar rambut tipis, penyebab rambut tipis dan jarang

Lihat Juga :
Updated :