Penyebab Penyakit Lupus adalah

ADVERTISEMENT

Penyebab Penyakit Lupus adalah masih misterius di kalangan medis kecuali penyakit lupus yang diakibatkan oleh obat, karena penyakit ini masih tidak bisa diketahui penyebabnya. Lupus bukan penyakit menular karena lupus bukalah penyakit yang dapat menular. Sampai saat ini penyakit lupus masih menjadi perdebatan dikalangan medis dikarenakan penyakit lupus ini memiliki kesamaan dengan beberapa gejala yang berhubungan dengan penyakit lain.

Dari data yang ada penyakit lupus diderita oleh perempuan dengan rentang usia produktif sampai dengan usia 50 tahun, meskipun ada juga sebagian pria yang mengalami penyakit lupus ini.  Sehingga dari data tersebut penyakit lupus ini diduga ada hubungannya dengan hormon esterogen yang terdapat dalam tubuh perempuan. Pada saat hamil atau sesetelah melahirkan juga gejala lupus sering ada, tentu saja dengan adanya hal ini kewaspadaan dalam kesehatan saat kehamilan atau setelah kehamilan perlu ditingkatkan.

Penyabab Penyakit Lupus adalah

Gambar Ilustrasi : Penyebab Penyakit Lupus

Pada penyakit lupus antibodi bukannya menyerang penyakit agar tubuh tetap dalam keadaan sehat tetapi malah sebaliknya, kekebalan tubuh justru menyerang organ yang ada dalam tubuh yang dalam keadaan sehat. Ini dikarenakan kekebalan tubuh berlebih yang ada dalam tubuh atau disebut dengan autoimunitas.

Apa saja Penyebab Penyakit Lupus?

Ada dua cara antibodi ini masuk kedalam tubuh dan merusak jaringan yang ada didalamnya :

Cara pertama, sel tubuh dalam jaringan tubuh diserang oleh antibodi yang berlebih ini, misalnya pada sel darah merah sehingga sel darah merah tersebut hancur dan menyebabkan penderita menjadi anemia atau penderita mengalami kekurangan sel darah merah.

Lainnya :

Cara kedua, yaitu adanya penggabungnya antibodi berlebih ini dengan anti gen. Anti gen adalah zat yang berfungsi sebagai perangsang pembentukan antibodi, sehingga penggabungan ini akan membentuk ikatan yang disebut juga dengan kompleks imun. Kemudian gabungan dari kedua zat ini mengalir dengan darah kebagian-bagian tubuh lain dan tersangkut pada pembuluh kailer sehingga menyebabkan peradangan. Jika dalam keadaan normal kompleks imun ini dibatasi oleh fagosit (sel-sel radang) namun dalam keadaan yang tidak normal kompleks imun ini tidak dapat dibatasi dengan baik, dan malah yang terjadi adalah sel-sel radang tersebut menjadi bertambah banyak dan mengeluarkan enzim yang merusak daerah sekitar kompleks dengan peradangan. Sehingga dalam waktu yang panjang peradangan akan merusak organ yang ada dalam tubuh sehingga fungsi-fungsi organ akan menjadi terganggu. Kemudian hal ini akan menjadi kelihatan sebagai gejala dari penyakit, sehingga jika proses ini berkelanjutan dari waktu ke waktu maka fungsi organ tubuh akan terganggu dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Ada beberapa hal menjadi penyebab penyakit lupus seperti dengan menghindari bebanpikiran (stress), menjaga agar tubuh tidak bekerja terlalu lelah, menghindari obat yang mungkin saja membuat tubuh menjadi alergi.

Terimakasih telah membaca artikel hariansehat.com tentang Penyebab Penyakit Lupus semoga bermanfaat dan tetap jaga keadaan tubuh agar tetap bugar dan sehat. Mencegah lebih baik daripada mengobati, mengobati lebih baik daripada tidak diobati. Untuk mengetahui informasi lebih jauh tentang penyakit lupus, pembaca juga bisa melihat dalam artikel sebelumnya tentang “Apa itu Penyakit Lupus?

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :