Penyebab Munculnya Jerawat di Dahi

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Penyebab Munculnya Jerawat di Dahi, Bagi Orang yang sering memperhatikan penampilan wajah, munculnya jerawat merupakan hal yang cukup ditakutkan. Selain muncul pada bagian pipi, dan dagu, jerawat juga biasanya muncul pada bagian dahi. Jerawat pada bagian dahi biasanya memiliki bentuk yang kecil. Kedua bagian wajah ini merupakan bagian yang mudah berjerawat jika dibiarkan dan tidak diobati dan tidak menjaga kebersihan kulit tentu jerawat akan bertambah banyak. Jadi tak ada salahnya sebelum Anda mencari tahu cara menghilangkan jerawat, Anda mengetahui juga penyebab munculnya jerawat pada bagian wajah itu sendiri.

Penyebab Jerawat di Dahi

Penyebab Munculnya Jerawat di dahi

Gambar Ilustrasi

Dibawah ini merupakan beberapa penyebab munculnya jerawat pada bagian dahi seperi yang dilansir dari stylecrazy.com dan berbagai sumber lainnya. Menurut pengobatan China, munculnya jerawat pada bagian dari ada hubunganya dengan gangguan pencernaan. Akan tetapi, masih ada beberapa penyebab lainnya yang dapat menjadi pemicu munculnya jerawat pada bagian dahi. Diantaranya sebagai berikut :

1. Terjadi Penyumbatan Pori-pori
Latak dahi berada pada T-Zone atau yang lebih dikenal dengan produksi minyak yang berlebihan. Oleh sebab itu, pada bagian ini pori-pori menjadi mudah tersumbat oleh minyak yang akhitnya menyebabkan munculnya jerawat pada dahi.

2. Adanya Ketombe Pada Rambut
Ketombe pada bagian rambut bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat pada bagian dahi. Maka dari itu, cobalah untuk tidak menutup bagian dahi dengan poni rambut yang tebal, hal ini karena akan menjadikan kondisi jerawat semakin memburuk. (baca juga : cara menghilangkan ketombe secara alami)

3. Kulit Kepala Berminyak
Bagian kulit kepala berminyak juga merupakan salahsatu penyebab tumbuhnya jerawat pada bagian dahi. Minyak yang berlabihan pada kulit kepala akan berpengaruh pada bagian sekitar dahi dan membuat pori-pori kulit menjadi terseumbat.

Lainnya :

4. Obat Tertentu
Pada sebagian orang, penggunaan obat-obat tertentu akan cenderung berpengaruh pada munculnya jerawat pada bagian dahi. Maka dari itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, setiap kali mendapatkan resep obat.

5. Pencernaan Bermasalah
Penyebab jerawat di dahi juga bisa dipicu dari adanya masalah pada bagian pencernaan. Permasalahan ini bisa diatasi dengan dilakukannya diet sehat seimbang, dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran berdaun hijau dan juga buah-buahan. Selain itu hindari berbagai makanan rendah gizi seperti gorengan dan makanan cepat saji. Tidak lupa juga untuk berolahraga dengan teratur setiap minggunya.

6. Stres
Stres merupakan salahsatu hal yang bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Sehingga yoga dan meditasi bisa menjadi solusi untuk membantu pikiran untuk mengurangi stres sehingga pikiran tetap relaks. Selain itu, kegiatan positif lainnya juga bisa dilakukan untuk membuat tubuh dan pikiran tetap tenang.

7. Menggunakan Helm dan Topi
Sebagian besar orang tentu sering mengendarai motor atau ada juga yang suka memakai topi. Dianjurkan untuk selelau menutupi bagian kepala dan bagian dahi dengan menggunakan kain katun yang bersih, sebelum mengenakan helm atau topi. Hal ini disebabkan karena memakai topi dan helm bisa menjadikan debu, kotoran dan minyak menjadi menumpuk pada bagian dahi yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.

8. Faktor Hormon dan Genetik
Pada wanita, jerawat bisa muncul pada bagian dahi ketika memasuki masa-masa menstruasi. Penyabab hormonal dan genetik merupakan penyebab yang sangat sulit untuk dihindari karena hal ini berhubungan dangan kondisi tubuh seseorang.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Diatas merupakan beberapa penyebab munculnya jerawat di dahi. Agar terhindar dari jerawat ini, Anda harus benar-benar memperhatikan kebersihan kulit Anda termasuk rambut dan kulit wajah agar pori-pori pada bagian kulit tidak tersumbat oleh kotoran, debu dan juga minyak.

Selain itu, disarankan juga untuk selalu menjaga konsumsi makanan setiap harinya dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan dengan gizi seimbang. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dan tidak lupa untuk selalu berolahraga dengan teratur. Dengan begitu tak hanya sehat untuk kulit tetapi kesehatan tubuh juga tetap terjaga. Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :