Penyebab Jantung Berdebar dan Cara Mengatasinya

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Penyebab Jantung Berdebar dan Cara Mengatasinya, Ketika jantung berdebar tidak beraturan atau berdegup kencang secara tiba-tiba, sebagian orang mungkin tidak memperdulikannya. Namun sebagian lainnya akan muncul rasa ketakutan dan kecemasan yang sangat. Bahkan ada yang menyangka bahwa ini adalah penyakit cukup serius, sehingga Mereka bergegas untuk pergi ke dokter atau tempat kesehatan lainnya. Langkah memerikasakan diri ke dokter atau pusat kesehatan merupakan langkah yang tepat. Namun Anda juga perlu mengetahui beberapa penyebab jantung berdebar dan berdegup tidak normal yang muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang belum Anda ketahui.

Penyebab Jantung Berdebar-debar

Proses terjadinya jantung berdebar sebenarnya tidak terlalu rumit, namun tidak akan bisa dipahami tanpa belajar dengan baik. Pada dasarnya, jantung berdebar diakibatkan detak yang abnormal pada jantung. Ada beberapa gejala yang muncul ketika detak jantung mengalami kegiatan yang abnormal, diantaranya adalah munculnya pergerakan cepat (takikardia), melambat (bradikardia) dan bergetar. Selain itu, ada beberapa gejala atau masalah kesehatan lainnya yang mungkin lebih parah lagi.

Penyebab Jantung Berdebar dan Cara Mengatasinya

Gambar Ilustrasi

Ada banyak penyebab mengapa jantung bisa tiba-tiba berdebar degan cepat. Diantaranya yang paling umum adalah akibat ketidakseimbangan elektrolit, adrenalin, aritmia, gangguan yang berhubungan dengan kecemasan serta penyakit gula darah rendah atau hipoglikemia. Selain itu mengkonsumsi obat tertentu juga bisa menjadi penyebab jantung berdebar. Sedangkan akibatnya cukup banyak, selain terjadi palpitasi, tubuh juga akan mengalami beberapa gejala penyakit, seperti diare, dilatasi pupil, tubuh yang mendingin atau memanas, ketegangan otot dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Mengatasi Jantung Berdebar-debar?

Anda yang mengalaminya dapat melakukan beberapa cara mengatasi jantung berdebar di bawah ini atau langsung memeriksakan diri pada dokter ahli.

1.) Batuk
Batuk bukanlah penyakit, namun lebih kepada respon tubuh untuk mengeluarkan benda asing melalui mulut. Ketika Anda batuk, irama jantung seharusnya menjadi lebih teratur. Meskipun ini hal yang sederhana, mencobanya untuk tindakan pertama tidak ada salahnya.

2.) Mandi dengan air dingin
Ada dapat mandi ataupun sekedar mencuci muka menggunakan air dingin. Fungsinya tentu untuk mengembalikan irama jantung ke keadaan yang normal. Namun begitu, untuk sebagain orang, mandi dengan air dingin tampaknya sulit. Jadi gunakan ini jika jantung memang berdebar dengan cepat.

3.) Manuver valsalva
Ada beberapa gerakan, misalnya dengan memegang hidung dan menutup mulut, lalu mencoba bernafas dengan beberapa hembusan yang kuat, dipercaya dapat membuat detak jantung kembali normal. Sebelumnya Anda perlu tahu dahulu bahwa salah satu penyebab besar munculnya palpitasi atau jantung berdebar adalah karena saraf vagus. Jadi, dengan melakukan gerakan atau manuver valsalva tersebut, Anda telah secara alami merangsang saraf vagus, sehingga nantinya debaran akan kembali normal.

4.) Latihan pernapasan
Latihan pernapasan dapat menghilangkan kecemasan yang menjadi salah satu penyebab jantung berdebar. Selain itu, latihan pernapasan juga dapat membuat Anda lebih fokus dan stres menghilang. Untuk melakukannya, Anda dapat mempelajari tiga jenis dasar pernapasan. Jenis yang pertama adalah pernapasan perut, dimana Anda bernapas melalui hidung dengan fokus pada perut. Pernapasan yang kedua adalah diafragma, dimana hirupan udara menggunakan hidung dan dikeluarkan menggunakan mulut yang mana lidah dilipat ke atas dengan titik fokus diafragma atau antara dada dan perut. Jenis yang ketiga adalah pernapasan dada. Jenis yang terakhir ini tekniknya sama dengan diafragma, namun fokusnya pada bagian tengah dada dengan kecepatan bernapasan yang lambat.

5.) Olahraga
Olahraga dapat menjaga kesehatan jantung Anda, termasuk juga kesehatan psikis yang kadang menimbulkan efek stres dan kecemasan berlebih. Ketika Anda mengalami detak jantung yang berdebar, cobalah untuk melakukan olahraga ringan. Selain itu, lakukan langkah preventif dengan rajin berlari ataupun jogging.

6.) Magnesium
Magnesium dipercaya dapat membuat jantung yang berdebar kembali normal dan membuat tubuh Anda lebih rileks, termasuk membuat tidur menjadi lebih produktif dan nyaman. Untuk mendapatkan magnesium, Anda dapat mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung magnesium atau membelinya di toko-toko yang menjual produk suplemen.

7.) Hidrasi
Penyebab lainnya yang dapat membuat jantung berdebar cepat adalah karena kekurangan konsumsi air atau biasa disebut dehidrasi ringan. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya, Anda memerlukan air putih agar tubuh terhidrasi. Konsumsi air putih secara konsisten setiap hari sebanyak 8 gelas atau minum dengan cukup untuk mencegah serta mengatasi jantung berdebar.

8.) Bersantai
Stres, kecemasan, kaget dan tindakan-tindakan sejenisnya dapat membuat jantung berdebar semakin parah. Oleh sebab itu, ketika jantung Anda berdebar cepat, usahakan untuk tetap santai atau rileks dan mulai berbaring untuk istirahat.

Dengan mengetahui penyebab jantung berdebar dan cara mengatasinya dari informasi yang telah disampaikan di atas, setidaknya Anda bisa menolong diri atau orang lain ketika hal tersebut terjadi. Masalah jantung berdebar ini bisa dialami oleh siapa saja dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, maka dari itu Anda harus selalu waspada. Apabila jantung berdebar lebih cepat akan membuat tubuh merasakan cemas dan agak sulit untuk tidur maka dari itu Anda harus menenangkan pikiran dan tubuh Anda agar detak jantung bisa normal kembali.

Baca juga : Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung

Namun begitu, jika jantung yang berdebar sulit untuk diredakan bahkan disertai dengan nyeri, segera periksakan diri ke dokter dan berkonsultasi pada dokter atau klinik kesehatan terpercaya Anda. Karena mungkin saja hal tersebut adalah gejala dari penyakit-penyakit tertentu yang harus segera diatasi, misalnya masalah kesehatan jantung, dan masalah kesehatan organ lainnya.

 


Lihat Juga :
Updated :