Kenali Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Kenali Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak, Kebanyakan orang pasti pernah mengalami gusi berdarah. Apalagi orang memiliki masalah dengan gusinya. Namun selain itu, apa yang menjadi penyebabnya? Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor salahsatunya cara menyikat gigi. Selain itu masih ada beberapa faktor lainnya yang menjadi penyebab gusi berdarah.

Gusi berdarah merupakan masalah kesehatan mulut yang patut diwaspadai karena merupakan salahsatu ciri dari adanya peradangan. Dari Riset Kesehatan Dasar yang dilakukan pada tahun 2013 memperlihatkan bahwa 1 dari 4 orang yang berada di Indonesia atau tepatnya dengan persentasi 25,9%  pernah mengalami masalah pada gigi dan juga mulut mereka. Termasuk diantaranya masalah kesehatan pada gusi yang seringkali terjadi seperti gingivitis atau peradangan pada gusi dan juga gusi berdarah.

Apa Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak?

Penyebab Gusi Berdarah Bengkak dan Cara Mencegahnya

Gambar Ilustrasi

Seringkali orang baru menyadari bahwa mereka mengalami masalah pada gusinya ketika sedang menyikat gigi. Padahal masalah gusi berdarah jangan dianggap sebagai masalah yang ringan karena gusi berdarah bisa disebabkan karena menumpuknya plak pada daerah sekitar gusi. Gusi memiliki fungsi yang penting yakni sebagai pelindung tulang dan juga akar gigi, menjaga agar posisi gigi baik dan memperindah senyum gigi putih Anda. selain itu kesehatan gusi, gigi dan mulut mempengaruhi kesehatan organ lainnya seperti jantung, paru-paru dan pankreas. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang penyebab gusi berdarah Anda bisa menyimak uraiannya dibawah ini !

1.) Karang Gigi
Apabila plak pada gigi tak kunjung dibersihkan maka lama kelamaan akan menjadi keras dan plak tersebut bisa berubah menjadi karang gigi. Apabia karang gigi telah menempel pada gigi maka karang gigi hanya bisa dibersihkan dengan bantuan dokter gigi. Jika dibiarkan bakteri yang berada pada karang gigi akan mengeluarkan racun yang bisa menginfeksi daerah gusi.

2.) Perubahan Hormon Pada Wanita Hamil
Biasanya pada wanita hamil, perubahan hormon membuat resiko terkena gusi berdarah semakin meningkat bahkan terjadi periodontitis. Nah, apabila Anda merasakan gusi berdarah disebabkan karena terjadinya perubahan hormon sebaiknya Anda mengkonsultasikan masalah tersebut dengan dokter gigi Anda agar Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

3.) Leukeumia
Terjadinya pembengkakan dan juga pendarahan pada gusi adalah salahsatu komlikasi yang terjadi pada mulut seseorang yang mengalami leukeumia. jaringan daerah gusi sering dianggap memiliki kerentanan yang lebih terhadap infitrasi sel leukeumia yang dapat menyebabkan pengeluaran komponen molekul adhesi endotthelial yang mengakibatkan inflitrasi leukosit menjadi meningkat.

4.) Obat-obatan
Ada beberapa obat-obatan tekanan darah yang bisa menjadi penyebab terjadinya peradangan pada gusi dan juga pendarahan. Selain dari pada itu obat penenang dan juga obat lainnya seperti antihistamin bisa menjadi penyebab mulut menjadi kering dan bisa menjadi pemicu lainnya dari masalah pada gusi.

5.) Kekurangan Vitamin K
Gejala umum yang terjadi pada seseorang yang kekurangan vitamin K adalah terjadinya pendarahan pada gusi ketika menyikat gigi. Maka dari itu agar tubuh tetap mendapatkan vitamin K yang dibutuhkan tubuh konsumsilah sayur-sayuran berdaun hijau sebagai pencegahan.

Diatas merupakan penyebab gusi berdarah, agar Anda terhindar dari masalah mulut khususnya gusi berdarah Anda sebaiknya memperhatikan beberapa penyebab diatas.

Anda sebaiknya selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan gusi Anda karena gusi merupakan bagian penting dari gigi. Dengan memiliki gusi yang sehat maka akan berpengaruh baik pada kesehatan gigi Anda. Gunakanlah sikat gigi yang masih dalam keadaan yang baik jika bulu sikat sudah mengembang sebaiknya segera ganti dengan yang baru dan pilihlah pasta gigi yang terpercaya bisa melindungi kesehatan gigi dan mulut Anda. Serta sikatlah gigi dengan cara yang benar.

Baca juga : Cara Mengobati Sakit Gigi secara Alami

Sekian artikel berjudul “Kenali Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak” semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi seputar gigi yang diharapkan bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :